Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Rekening Ponsel CIMB Niaga, Solusi Untuk Kemudahan Bertransaksi

#CIMB Niaga #rekening ponsel

Apakah Anda pernah mendengar tentang rekening ponsel? Produk perbankan yang relatif baru ini memang merupakan salah satu terobosan teknologi dalam bidang keuangan. Banyak orang yang masih belum mengenal produk ini, padahal dapat sangat berguna bagi keseharian masyarakat. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengenal lebih jauh mengenai rekening ponsel CIMB Niaga berikut cara membuat dan menggunakannya.

Apa itu Rekening Ponsel?

Sesuai dengan namanya, rekening ponsel adalah rekening yang menggunakan nomor ponsel sebagai identitas (id) dalam melakukan transaksi keuangan. Peranan rekening ponsel mirip dengan penggunaan kartu e-money dan semacamnya, dimana rekening ponsel dapat diisi sejumlah saldo dan digunakan untuk bertransaksi. Rekening ponsel dibuat bertujuan mendukung program Bank Indonesia dalam mengurangi jumlah uang fisik yang beredar di masyarakat, dengan saldo maksimal dalam rekening Rp 5.000.000.

Seperti yang telah diulas di awal, produk ini merupakan terobosan baru di bidang perbankan dan baru pertama ada di Asia yaitu dari CIMB Niaga ini. Pada dasarnya, konsep dari produk ini adalah bagaimana semua orang bahkan yang tidak memiliki rekening tabungan di bank bisa melakukan transaksi non-tunai (cashless). Produk ini juga dibuat untuk mempermudah transaksi yaitu hanya dengan menggunakan nomor ponsel yang selalu aktif, tanpa perlu menghafal nomor kartu atau nomor rekening tabungan seperti sebelumnya.

Selain itu, semua ponsel bisa didaftarkan untuk membuat rekening ponsel ini tanpa peduli apa jenis dan merknya. Untuk bertransaksi, Anda hanya tinggal memasukkan nomor ponsel yang terdaftar sebagai rekening ponsel dan pin Anda di ATM atau tempat pembayaran lain. Setelah itu Anda akan mendapatkan pesan singkat (SMS) yang berisi passcode atau kode sandi sementara yang harus dimasukkan untuk mengkonfirmasi transaksi. Anda pun bisa melakukan transaksi rekening ponsel ini menggunakan SMS atau download aplikasi GoMobile bagi pengguna smartphone.

Hal menarik lainnya adalah Anda bahkan bisa mengirimkan uang kepada orang yang tidak memiliki rekening ponsel. Caranya mudah, Anda tinggal mengirimkan uang dengan memasukkan nomor ponsel penerima dengan akun rekening ponsel Anda. Lalu pihak Bank CIMB Niaga akan mengirimkan notifikasi SMS kepada penerima bahwa ia mendapatkan kiriman uang yang bisa diambil melalui ATM CIMB Niaga.

Penerima ini lalu hanya tinggal memasukkan nomor ponselnya, kemudian ia akan mendapatkan passcode untuk mengkonfirmasi identitasnya melalui SMS juga. Kalau sesuai, maka uang pun dapat keluar sejumlah yang dikirim. Namun perlu diingat bahwa transfer ini harus diambil dalam waktu maksimal 14 hari, atau uangnya akan dikembalikan kepada pengirim.

Keunggulan Rekening Ponsel

Setelah mengetahui mengenai rekening ponsel dan cara kerjanya, selanjutnya kita akan membahas keunggulan dari produk ini satu persatu. Berikut adalah beberapa keunggulan rekening ponsel yang bisa kita dapatkan:

1. Bisa Dijadikan Pengganti Kartu ATM

Jika selama ini Anda melakukan transaksi di mesin ATM dengan memasukkan kartu ATM atau kartu debit, dengan rekening ponsel Anda hanya perlu memasukkan nomor ponsel terdaftar. Anda bisa melakukan berbagai transaksi di ATM seperti halnya saat menggunakan kartu ATM, mulai dari tarik tunai hingga transfer uang ke orang lain.

Untuk saat ini, ATM yang bisa digunakan untuk transaksi rekening ponsel baru ATM dari CIMB Niaga. Selain di mesin ATM CIMB Niaga, Anda juga bisa mengambil uang menggunakan rekening ponsel dari beberapa minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Bahkan pihak CIMB Niaga juga sudah mulai melakukan kerjasama dengan PT. Pos Indonesia sehingga rekening ponsel ini akan lebih luas menjangkau masyarakat.

2. Bisa Membayar Tagihan dan Belanja

Seperti fitur pada produk perbankan lainnya, Anda bisa membayar tagihan rutin seperti listrik dan air dengan menggunakan rekening ponsel. Anda pun tidak harus datang ke ATM CIMB Niaga, karena bisa dilakukan dengan SMS atau mengakses aplikasi GoMobile. Cara pembayarannya kurang lebih seperti saat Anda mengakses menu pembayaran tagihan di ATM atau internet banking.

Anda juga bisa menggunakan rekening ponsel dalam berbelanja di berbagai merchant yang bekerjasama dengan CIMB Niaga. Sama seperti transaksi lainnya, Anda hanya tinggal memberikan nomor ponsel yang terdaftar kepada kasir. Kemudian Anda akan menerima passcode atau memberikan pin untuk mengkonfirmasi transaksi. Beberapa merchat yang bekerjasama dengan CIMB Niaga adalah Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, BreadTalk, Jco, dan lain sebagainya.

3. Transaksi Tanpa Biaya dan Saldo Minimum

Satu lagi keuntungan yang bisa Anda dapat dengan menggunakan rekening ponsel adalah transaksinya tidak memerlukan biaya tambahan dan tidak diberlakukan saldo minimum. Hal ini berarti jika Anda membayar tagihan atau mengirimkan uang, Anda tidak akan dikenakan lagi biaya administrasi seperti halnya rekening bank biasa. Tidak ada biaya transfer seperti yang terjadi saat Anda melakukan transfer antar bank dengan menggunakan rekening bank.

Anda juga bisa menggunakan uang yang ada di dalam rekening ponsel tanpa harus memiliki sejumlah minimal saldo, tidak seperti rekening bank yang mengharuskan saldo minimal sebesar Rp 20.000 – Rp 100.000. Jadi, Anda bisa menggunakan saldo dalam rekening ponsel hingga mencapai saldo Rp 0. Dan meskipun saldo Anda Rp 0, rekening ponsel masih aktif dan dapat digunakan tanpa adanya pembekuan rekening.

Cara Membuat dan Menggunakan Rekening Ponsel

Bukan hanya nasabah Bank CIMB Niaga yang bisa menikmati fasilitas rekening ponsel ini, namun semua orang tanpa harus berstatus sebagai nasabah. Bagi Anda yang sudah terdaftar sebagai nasabah CIMB Niaga, Anda sudah langsung dapat memiliki dan menggunakan rekening ponsel saat mengakses GoMobile. Sedangkan jika Anda bukan nasabah CIMB Niaga, Anda hanya perlu mempersiapkan kartu identitas (KTP/SIM) dan nomor ponsel yang akan didaftarkan.

Setelah itu, Anda bisa datang langsung ke Bank CIMB Niaga terdekat untuk mendaftarkan dan membuat rekening ponsel. Anda perlu menyiapkan uang Rp 50.000 sebagai proses pendaftaran, yang mana bisa diabaikan jika Anda pernah menerima transfer uang melalui rekening ponsel. Semua jenis ponsel dan nomor bisa digunakan, baik itu GSM atau CDMA, prabayar maupun pasca bayar. Pastikan Anda selalu memiliki pulsa karena pengiriman SMS berisi passcode akan memotong pulsa Anda.

Untuk mengisi saldo rekening ponsel yang sudah aktif, Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara. Jika Anda nasabah CIMB Niaga, Anda bisa melakukan top up atau pengisian melalui rekening tabungan Anda. Selain itu bagi nasabah maupun bukan, pengisian bisa dilakukan melalui teller bank CIMB Niaga atau minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Anda juga bisa melakukan top up dengan meminta kepada teman yang memiliki rekening ponsel juga untuk mentransfer sejumlah uang pada rekening Anda.

Demikianlah pembahasan mengenai rekening ponsel dari CIMB Niaga. Produk ini memiliki berbagai keunggulan yang bisa kita manfaatkan dalam mempermudah transaksi dan kegiatan keuangan sehari-hari. Selain itu, keamanannya pun sudah terjamin karena sudah lolos uji kelayakan Bank Indonesia sebelum produk diresmikan. Jadi, selamat mencoba menggunakan rekening ponsel!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang rekening ponsel CIMB Niaga, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengenal CIMB Preferred, Program Prioritas dari CIMB Niaga
Daftar Gaji Fresh Graduate (Lulusan Baru) Tahun 2018
Investasi Bodong? Laporkan ke Satgas Waspada Investasi!
Prinsip 5C dan 7P dalam Pemberian Kredit di Lembaga Keuangan/Bank
Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2018
Review Sekilas tentang Koinworks.com
Review Sekilas tentang Amartha.com
Review Sekilas tentang Modalku.co.id
Review Sekilas tentang Investree.id
Anggaran, Kunci Sukses Perencanaan Keuangan Anda


Bagikan Ke Teman Anda

SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.