Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Review Sekilas Akseleran

Di satu sisi banyak UKM (Usaha Kecil Menengah) yang kesulitan mendapatkan modal guna memulai, mengelola, dan mengembangkan usahanya. Namun di sisi lain, tak sedikit pemilik dana lebih yang bingung untuk menyalurkan dananya. Potensi inilah yang memberikan inspirasi dan kemudian dimanfaatkan oleh seorang Ivan Nikolas Tambunan untuk membangun sebuah startup yang diberi nama Akseleran.

Apa itu startup Akseleran?

Akseleran merupakan sebuah startup yang bergerak di bidang Financial Technology (Fintech). Memadukan antara sistem peer to peer (P2P) lending dengan crowdfunding atau urun dana. Sebagai portal crowdfunding terintegrasi di Indonesia, Akseleran telah berhasil menghubungkan startup, usaha tahap awal, dan UKM yang membutuhkan modal baik untuk memulai atau mengembangkan usahanya dengan para pihak yang memiliki dana untuk diinvestasikan pada usaha-usaha tersebut dalam bentuk pinjaman maupun ekuitas atau saham.

Lahirnya Akseleran dibidani oleh Ivan Nikolas Tambunan. Berawal dari kegelisahan yang dirasakannya terhadap bisnis investasi di dunia startup dan UKM, mendorong konsultan hukum ini untuk mencari peluang dan tantangan baru. Ivan melihat adanya funding gap, di mana banyak startup dan UKM yang kesulitan dalam menemukan sumber pendanaan sebagai modal usaha. Namun di sisi lain, ada banyak orang yang sebenarnya tertarik untuk berinvestasi. Sebab itulah, Ivan mulai mewujudkan ide dari kegelisahannya tersebut dan lahirlah Akseleran sebagai portal equity crowdfunding.

Akseleran membuka pintu selebar-lebarnya bagi pelaku usaha yang kesulitan mencari pendanaan. Siapa pun bisa mengajukan pinjaman melalui Akseleran asal memiliki usaha yang telah berjalan lebih dari satu tahun dan berlokasi di wilayah Jabodetabek, Banten, dan Bandung. Tak hanya itu, usaha yang dijalankan juga telah mampu menghasilkan laba bersih di satu tahun terakhir.

Akseleran menawarkan suku bunga pinjaman yang kompetitif mulai dari 6.48 – 17 persen bunga flat atau setara dengan 11.75 – 30 persen bunga efektif. Sementara tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman bervariasi mulai dari 1 hingga 24 bulan dengan model pembayaran angsuran maupun bullet payment. Apa itu bullet payment? Suatu cara pembayaran pinjaman di mana setiap bulan peminjam hanya berkewajiban untuk membayar bunganya saja, sedangkan pokok pinjaman dan bunga yang masih berjalan dilunasi pada saat tenor berakhir atau jatuh tempo.

Apakah pengajuan pinjaman ke Akseleran harus menggunakan agunan? Bisa ya, bisa juga tidak. Akseleran memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha dalam hal agunan. Artinya Akseleran tidak mewajibkan adanya agunan setiap permohonan pinjaman yang diajukan oleh pelaku usaha. Jika pelaku usaha mampu menyediakan agunan, maka analisis kelayakan usaha untuk mendapatkan pinjaman akan lebih ditingkatkan dan suku bunga pinjaman akan diturunkan. Demikian pula berlaku sebaliknya. Jenis agunan yang bisa digunakan beragam, baik peralatan, tagihan (invoice), persediaan dagang, surat kendaraan bermotor, maupun surat tanah dan bangunan.

Segala kemudahan yang diberikan Akseleran bertujuan untuk mendorong para pelaku usaha berani dalam memulai dan melakukan ekspansi usahanya. Kemudahan dalam pendanaan diharapkan mampu melahirkan pengusaha-pengusaha baru dengan jenis usaha yang beragam dan inovatif serta menghasilkan keuntungan bagi semua pihak, baik pelaku usaha, investor, maupun platformnya.

Cara kerja startup Akseleran

Seperti cara kerja platform peer to peer lending pada umumnya, Akseleran juga melakukan penggalangan dana dari beberapa investor atas permohonan pinjaman yang diajukan oleh pelaku usaha. Akseleran bertugas sebagai mediator atau pihak yang menjembatani kepentingan pelaku usaha yang membutuhkan pendanaan dengan para investor yang bersedia memberikan pendanaan.

Peran dari platform Akseleran adalah menghubungkan pelaku usaha dengan para investor serta mengurus tertib administrasi pinjaman yang berhasil dicairkan. Platform ini tidak mengelola dana yang berhasil digalang dari para investor. Pengelolaan dana dilakukan oleh tim penggalang dana yang kredibel.

Lantas, bagaimana cara kerja Akseleran sebagai platform peer to peer lending sekaligus crowdfunding? Pada prinsipnya cara kerja yang diterapkan Akseleran tak jauh berbeda dengan platform P2P lending lainnya, yaitu:

  • Pelaku usaha startup maupun UKM mengajukan pinjaman secara online di situs resmi Akseleran yang beralamat di akseleran.com. Namun, sebelumnya pelaku usaha harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu pada situs tersebut.
  • Setelah terdaftar barulah pelaku usaha tercatat sebagai pengguna platform Akseleran dapat mengajukan pinjaman dengan mengisi formulir yang telah disediakan termasuk presentasi tentang jenis usaha dan prospek ke dapannya serta nilai pendanaan yang dibutuhkan.
  • Tim analisis dari Akseleran kemudian menganalisis kelayakan usaha dari pengusaha yang mengajukan pinjaman. Apabila dinilai layak, kemudian Akseleran memposting penggalangan dana untuk usaha tersebut yang menampilkan informasi jumlah pinjaman, tenor, bunga efektif per tahun, agunan, cara dan frekuensi pembayaran. Tak hanya itu, di setiap penggalangan dana dicantumkan pula peringkat atau grade Grade usaha ini didasarkan pada hasil analisis kelayakan usaha yang telah dilakukan tim Akseleran.
  • Proses penggalangan dana berlangsung 30 hari. Jika pada hari terakhir telah mencapai setidaknya 80 persen, maka penggalangan dana dinyatakan berhasil dan siap dicairkan kepada peminjam. Namun, apabila dalam jangka waktu yang ditentukan tidak tercapai minimum 80 persen, maka penggalangan dana gagal. Dana yang terlanjur masuk akan dikembalikan kepada para investor.

Keuntungan menjadi investor di Akseleran

Mengapa harus berinvestasi di Akseleran? Apa keunggulan Akseleran dibandingkan dengan platform P2P lending lainnya? Lantas, apa pula keuntungan menjadi investor di Akseleran? Beberapa pertanyaan tersebut mungkin muncul dalam benak Anda yang memiliki dana lebih tetapi bingung akan diinvestasikan kemana.

Perlu dipahami bahwa setiap investasi memiliki risiko, demikian pula di Akseleran. Adapun risiko yang mungkin dihadapi oleh para investor yaitu:

  • Risiko kredit atau gagal bayar yang bisa disebabkan oleh kegagalan usaha bisa juga sebab lainnya.
  • Risiko likuiditas agunan, di mana agunan dari peminjam sulit dijual untuk melunasi pinjaman yang gagal bayar saat jatuh tempo atau turunnya nilai agunan.
  • Risiko proses hukum, jika di kemudian hari terjadi perselisihan antara peminjam dengan investor.

Beragam risiko tersebut dapat diminimalisir dengan melakukan diversifikasi investasi. Artinya, investor tidak hanya menempatkan dana atau memberikan pinjaman pada satu jenis usaha saja, tetapi pada beberapa jenis usaha yang ditawarkan dan tentunya menarik minat investor.

Akseleran menawarkan beragam keuntungan bagi para investor yang ingin memberikan pinjaman melalui platform ini. Berikut keuntungan yang bisa diperoleh investor di Akseleran.

  • Memperoleh tingkat bunga yang kompetitif berkisar antara 11.75 – 30 persen per tahun (bunga efektif), yang tentunya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bunga tabungan dan deposito bank.
  • Proses pemberian pinjaman atau berinvestasi begitu mudah dan sederhana, karena mulai dari proses administrasi, analisis kredit, dokumentasi hukum, pembayaran, dan penyelesaian transaksi dilakukan oleh tim Akseleran, sehingga investor tidak perlu repot untuk mengurus hal-hal tersebut.
  • Berinvestasi di Akseleran dijamin keamanannya. Akseleran telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga operasional dan segala transaksi di platform ini diawasi oleh OJK. Selain itu, Akseleran didukung oleh tim yang terdiri dari orang-orang yang telah berpengalaman secara profesional di bidang investasi dan pembiayaan, sehingga paham betul dengan perlindungan yang dibutuhkan para investor.
  • Biaya investasi yang dibebankan tergolong murah yakni antara 0 – 1 persen dari setiap pembayaran yang diterima baik dari pokok, bunga, maupun denda.
  • Dapat berinvestasi pada beragam jenis investasi mulai dari pemberian pinjaman tanpa agunan, dengan agunan, hingga penyertaan modal (saham). Dalam hal penyertaan modal, Akseleran bertindak sebagai kustodian yakni pihak yang akan mengelola saham investor pada usaha yang didanai.
  • Batas minimum investasi yang terjangkau, di mana investor dapat memberikan pinjaman mulai dari Rp 100.000,-.

Tak bisa dipungkiri bahwa modal menjadi masalah krusial dalam upaya merintis dan mengembangkan usaha. Dengan adanya platform P2P lending seperti Akseleran tentu akan memudahkan para pelaku usaha untuk mendapatkan pendanaan dan investor dalam memberikan pendanaan. Beragam fitur yang ditawarkan Akseleran menjadikannya tak kalah menarik dibandingkan dengan platform P2P lainnya. Namun, adanya sistem crowdfunding pada Akseleran memberikan nilai plus dalam menarik minat peminjam dan investor pada platform yang satu ini.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang review sekilas akseleran, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ezubao: Kasus Penipuan P2P Lending dengan Skema Ponzi
Tips untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) agar Semakin Maju
Pengertian Financial Technology Menurut Bank Indonesia Beserta Aturannya
Apa itu Peer to Peer Lending?
Mengapa UKM Sulit Berkembang?
10 Perusahaan Fintech yang Terdaftar di OJK Lebih dari Setahun
Apa Beda Startup dan UKM?
Apakah Financial Technology (Fintech) itu dan Apa saja Produknya?
Mengapa Banyak UMKM yang Gagal?
Apa itu Finarya? Apa Produknya?


Bagikan Ke Teman Anda