Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Saran Profesional untuk Anak-anak Muda di Usia di Bawah 30 Tahun

Umur 20 tahunan merupakan umur emas. Benarkah? Bukankah umur emas itu julukan untuk masa kanak-kanak? Ya, benar sekali. Namun usia 20 an tetap dikatakan usia emas karena merupakan puncak masa muda. Bersinarnya masa muda. Jadi tidak boleh disia-siakan.

Bagi anda yang berada di usia bawah 30 tahun, ada baiknya mendengar saran dari orang-orang terdekat yang sudah sukses agar bisa memaksimalkan masa muda anda. Saran profesional untuk anak-anak muda usia di bawah 30 tahun ini mungkin bisa membantu anda mewujudkan masa depan yang cerah. Langsung saja, simak beberapa saran berikut.

1. Jangan Panik

Saran pertama adalah jangan panik. Anda harus bersikap tenang. Kejadian apapun yang anda alami sekarang seperti stress, memikirkan masa depan, bingung mencari pasangan, bingung karir, dan lainnya bukanlah hal baru. Orang-orang yang lahir sebelum anda sudah pernah mengalaminya dan banyak yang bisa melewatinya dengan baik.

Tak apa memikirkannya karena anda memang manusia biasa yang tak lepas dari berbagai masalah. Hal terpentingnya adalah anda tidak boleh cemas, panik, atau putus asa. Semua orang menginginkan yang terbaik untuk hidup mereka dan memang ada saat dimana mereka menemui jalan buntu.

Jadi jika anda sekarang sedang menemui jalan buntu atau kesusahan lainnya, yang perlu dilakukan adalah mengambil napas dan merenung, memikirkan langkah terbaik selanjutnya. Kita tidak bisa menebak apa yang akan terjadi pada hidup kita nanti jadi yang perlu dilakukan saat ini adalah melakukan yang terbaik agar tidak terjadi penyesalan di masa yang akan datang.

2. Memprioritaskan Kesehatan

Saran selanjutnya adalah anda harus memprioritaskan kesehatan. Gaya hidup sehat di masa muda sangat mempengaruhi kesehatan saat lanjut usia. Banyak anak muda yang mengkonsumsi minuman beralkohol, merokok, melakukan seks di luar nikah, dan hal buruk lainnya. Anak muda yang seperti itu jika diperingatkan, jawabannya adalah ‘harus bersenang-senang mumpung masih muda’.

Kalimat tersebut benar, penerapannya saja yang sering disalah artikan. Maksudnya adalah bersenang-senang di hal yang positif, bukan hal negatif seperti itu. Jika anda melakukan hal negatif seperti yang disebutkan di atas, berhentilah sekarang juga. Mengapa? Karena efeknya saat anda sudah dewasa dan lanjut usia.

Banyak lansia yang saat ini menyesal karena pola hidup waktu muda yang tidak sehat. Anda jangan sampai menyesal di akhir seperti itu. Selagi masih muda, jaga kesehatan anda. Peringatan ini tidak hanya untuk pelaku hal buruk di atas, tapi berlaku juga bagi mereka yang jarang memperhatikan waktu makan, sering mengkonsumsi makanan instan, minuman instan, makanan tinggi lemak, dan lain sebagainya.

Meskipun masih tergolong hal positif yang tidak menjurus ke penggunaan alkohol atau obat terlarang, kebiasaan tersebut tetap merugikan anda saat sudah tua. Coba lihatlah, kini banyak orang yang menderita diabetes, obesitas, stroke, gagal ginjal, jantung, dan masih banyak lainnya karena kebiasaan buruknya waktu muda.

3. Tidak Terpuruk Karena Kegagalan

Di usia 20-an, anda pasti akan mengalami yang namanya kegagalan. Nah hal ini sangat wajar. Banyak orang yang mengalaminya. Banyak orang sukses yang mengalami kegagalan dalam hidupnya. Hal yang membedakannya dengan orang biasa adalah mereka tetap berusaha meskipun pernah berkali-kali gagal.

Cacian orang lain tidak dijadikan masalah dan malah dijadikan motivasi untuk sukses. Kegagalan yang dialami juga bisa dijadikan pelajaran agar kedepannya tidak melakukan hal yang sama. Jadi bagi anda yang pernah gagal, jangan putus asa. Ambil pelajarannya dan berusahalah lebih keras. Dengan begitu kesuksesan bisa anda raih.

Jalan sukses setiap orang itu berbeda. Saat anda gagal dan teman anda berhasil, anda tidak boleh iri karena mungkin jalan untuk anda lebih panjang dan lebih indah. Nikmatilah proses kesuksesan anda agar saat sudah sukses banyak hal yang bisa dijadikan pelajaran untuk membantu orang lain.

4. Mengasah Keterampilan yang Berguna untuk Masa Depan

Sebagian orang hanya memikirkan saat ini, yang penting sekarang dapat uang dan bisa membeli barang-barang bagus. Apa anda termasuk orang yang seperti itu? Jika iya, cobalah rubah pemikiran anda. Hal tersebut memang tergolong pemikiran yang bagus. Dengan pemikiran itu, orang tidak akan stress menghadapi masa depan yang belum diketahui seperti apa.

Namun ada baiknya anda sedikit memikirkan hal yang berhubungan dengan masa depan seperti mengasah keterampilan yang kemungkinan besar dibutuhkan nanti. Contohnya begini, dahulu internet belum banyak digunakan jadi orang yang mengasah keterampilan di dunia internet hanya mendapat penghasilan yang dibilang pas-pasan.

Bagusnya orang tersebut tetap mengasah keterampilannya sehingga saat internet mulai berkembang, banyak job yang datang padanya. Kini saat internet sudah merata, orang tersebut tentu sudah menjadi ahlinya. Dia akan mudah mendapatkan penghasilan dari sesuatu yang sejak lama ditekuni.

5. Lakukan Hal Positif yang Anda Inginkan

Saran penting selanjutnya adalah lakukan hal yang ingin anda lakukan, tapi hal positif, bukan negatif. Banyak orang yang melakukan pekerjaan, pernikahan, atau apapun karena perkataan orang lain. Anda tidak boleh seperti itu, lakukan semua yang ingin anda lakukan. Biarlah orang lain berkata apa karena kenyataannya orang tersebut sama sekali tidak menghidupi anda.

Jika orang tua yang berkata, kita tetap harus mempertimbangkannya. Namun jika tidak setuju dengan orang tua, jangan langsung membantah. Katakan apa yang sebenarnya anda inginkan dan cari solusi baik-baik dengan kedua orang tua. Bagaimanapun anda ada karena mereka jadi jangan mengabaikan mereka.

Berbeda jika orang lain yang berkata. Agar mudah kita buat permisalan. Misal ada orang yang berkata anda tidak keren karena tidak memiliki pekerjaan yang mapan dan mobil yang mewah. Anda tidak boleh marah pada orang tersebut. Biarkan saja mereka berkata demikian, jangan dipikirkan karena semisal anda ingin mobil pun, mereka tidak akan membantu membelikannya.

Cara menghadapi orang yang seperti itu adalah dengan kesuksesan. Biarkan mereka berkata apa, yang penting anda sekarang melakukan pekerjaan yang anda sukai dan memang ada usaha besar untuk sukses. Saat anda sukses mereka pasti akan diam dengan sendirinya, mungkin malah ada yang berbalik memuji anda.

Demikian tadi sedikit ulasan tentang saran profesional untuk anak-anak muda agar mandiri usia di bawah 30 tahun. Setiap orang memiliki prinsip hidup yang berbeda jadi wajar jika ulasan di atas ada yang tidak sesuai dengan pemikiran anda.

Hal terpentingnya adalah anda tidak boleh malas, tidak boleh menyerah, dan selalu berusaha agar tidak ada penyesalan di masa dewasa dan masa tua. Sekian, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang saran profesional untuk anak-anak muda di usia di bawah 30 tahun, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Sebelum Usia 30
Saran-saran dalam Berbisnis
Tip dan Saran untuk Bootstrapped Entrepreneur
Ingin Sukses? Kesalahan Ini Harus Dihindari Sebelum Usia 30
Tips Mendapatkan Kebebasan Finansial Umur 30
Mau Jadi Penjual Profesional? Berikut Ini Caranya!
7 Hal Penting untuk Diketahui oleh Penjual yang Profesional
Bagaimana Anak Muda Harusnya Menginvestasikan Uangnya?
10 Hal yang Harus Dilakukan Saat Umur 20-an Agar Umur 30-an Lebih Baik
Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Usia 30


Bagikan Ke Teman Anda