Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Serba-Serbi Kartu Kredit Citibank

Sebagaimana janji saya pada artikel sebelumnya, kali ini saya akan membahas salah satu kartu kredit yang manfaatnya boleh jadi adalah terbanyak dibandingkan dengan kartu kredit serupa. Kartu kredit ini adalah kartu kredit Citibank.

Dengan berbagai macam keistimewaan dan jenisnya, kartu kredit dari bank yang berpusat di Amerika Serikat ini boleh jadi terlihat sebagai kartu “jual mahal” dibandingkan kartu kredit bank lokal. Untuk lebih jelasnya, berikut ini saya jabarkan jenis-jenis atau ragam dari kartu Citibank, persyaratannya untuk mengajukan, dan kisaran nominal biayanya yang unik:

1. Jenis-Jenis Kartu Kredit Citibank Dan Manfaatnya

Sebagaimana telah saya lansir sebelumnya, kartu kredit Citibank memiliki banyak macam variasi. Tidak hanya sekadar klasifikasi VISA dan Mastercard atau pembagian “kelas” seperti Gold, Silver, Platinum, dan Reguler saja, namun juga ada beberapa klasifikasi jenis kartu kredit yang menarik dan hanya dimiliki oleh Citibank.

Menurut situs resmi Citibank, Citibank menerbitkan kartu kredit travel bagi yang suka atau pekerjaannya membutuhkan banyak bepergian, kartu kredit belanja yang memiliki banyak manfaat diskon belanja yang kompetitif, dan kartu kredit “lainnya” yakni yang menawarkan “miscellaneous rewards” seperti cash back setiap kali transaksi atau potongan bunga sekian persen setiap kali tepat waktu pembayaran.

Untuk kartu kredit travel, Citibank istimewa karena merupakan bank penerbit kartu kredit yang paling dekat hubungannya dengan Garuda Indonesia, maskapai terbaik negara. Kartu kredit Citi PremierMiles dan Garuda Indonesia Citi dapat digunakan untuk menambah poin membership Garuda maupun akses ruang tunggu premium Garuda Indonesia.

Sementara itu, untuk kartu kredit belanja, keistimewaan Citibank adalah pada kartu kredit Citi Rewards yang terintegrasi dengan Citi Rewards Points dan menawarkan diskon 15% dengan menukarkan Citi Rewards Points saat berbelanja. Ada juga kartu kredit Citi Cash Back yang menawarkan manfaat cashback untuk pengeluaran rutin kebutuhan hidup dan potongan langsung tagihan bulanan sepanjang tahun.

2. Syarat Pengajuan

Dengan segudang jenis dan manfaat menggiurkan yang ditawarkan oleh kartu kredit Citibank, kita dapat mengetahui kalau syarat pengajuannya tidak dapat dibilang mudah. Syarat yang terbagi adalah syarat umum yang meliputi umur dan satu syarat unik yang saya jabarkan pada paragraf berikutnya.

Secara umum, syarat usia saat mengajukan kartu kredit Citibank adalah antara 21-65 tahun. Rentang usia yang panjang, namun mari kita lihat syarat berikutnya, yakni pendapatan. Pendapatan minimum adalah Rp60.000.000,00 atau enam puluh juta rupiah per tahun, yang berarti per bulan perlu mendapat penghasilan setidaknya Rp5.000.000,00 atau lebih.

Tidak cukup sampai di sana, untuk lebih amannya, sebisa mungkin kita hanya melakukan aplikasi pada 1 jenis kartu kredit Citibank. Syarat ini memang ketat, namun akan memudahkan kita untuk tidak cepat kepikiran mengenai pembayaran hutang ketika (mungkin) sedang terlilit tagihan oleh kartu kredit lainnya.

3. Kisaran Biaya Yang Harus Ditanggung

Melalui yang saya amati, biaya yang harus ditanggung pemegang kartu kredit Citibank tgardens. Unlike normal gardens, they can be built in rocky areas, on shallow, arid land. Their structure ensures soil fertility for five to seven years and they can support the production of at least five varieties of vegetables at a time, providing dietary diversity at a lower cost.

Families can use everyday kitchen and garden waste to nourish their keyhole gardens, eliminating the need for costly fertilizers and pesticides. The nutrients and water in the compost increases the gardens’ resistance to drought

Tidaklah sedikit. Kedua macam biaya utama, yakni iuran tahunan dan iuran tambahan, masing-masing sekitar Rp300.000,00 hingga Rp3.500.000,00 dan Rp150.000,00 hingga Rp1.500.000,00. Kedua jumlah ini lebih banyak 2-3 kali lipat dari kartu kredit BCA yang telah saya bahas pada kesempatan artikel yang lampau, sehingga dapat dikatakan biaya kartu kredit Citibank tinggi.

Belum cukup hanya pada biaya utamanya saja, biaya-biaya lain seperti minimum pembayaran per bulan dan denda keterlambatan pembayaran juga tinggi. Kebanyakan kartu kredit Citibank mensyaratkan minimum pembayaran per bulan adalah dengan menandingkan yang lebih besar antara Rp50.000,00 atau 10% dari jumlah tagihan keseluruhan.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan kartu kredit BCA yang saya bahas sebelumnya, denda keterlambatan kartu kredit Citibank 3 kali lipat lebih besar, yakni Rp150.000,00. Tidak lupa juga denda ini disandingkan dengan 3% dari jumlah tagihan, di mana angka yang terbesar itulah yang diambil.

Biaya-biaya yang harus ditanggung pemegang kartu kredit Citibank ini adalah pengingat kalau kartu kredit Citibank dengan segala manfaatnya yang fantastis bukan hanya untuk gaya-gayaan. Pemegang juga harus tetap disiplin memasukkan uang setiap bulannya ke dalam kartu kredit, karena kisaran biayanya yang sangat mahal, yakni berkali-kali lipat dibandingkan dengan bank nasional atau lokal.

Tiga hal di atas, yakni jenis-jenis dan manfaat kartu kredit Citibank, syarat pengajuan, dan rincian kisaran biayanya adalah gambaran menyeluruh mengenai serba-serbi kartu kredit Citibank. Dari ketiga gambaran tersebut, kita dapat menyimpulkan kalau kartu kredit Citibank ini adalah kartu kredit yang mahal dan tidak sembarangan, namun di sisi yang lainnya juga menawarkan berbagai manfaat yang membuat kita tidak menyesal memilikinya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel ini dibuat, untuk sebesar-besarnya manfaat untuk anda.



Apa itu Bank Gagal Berdampak Non-Sistemik?
Kartu Kredit dari BCA
Keunggulan Menarik Kartu Kredit CIMB Niaga
Langkah-langkah Untuk Membuka Tabungan di Bank
Cara Menyewa Deposit Box di Bank? Ini dia Langkahnya!
Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit Bank Permata
Mengenal Kartu Kredit AEON
Anda Menabung di Bank? Ini Dia Ragam Biaya dan Potongan di Bank!
Kartu Kredit Bank BNI
Kartu Kredit BRI


Bagikan Ke Teman Anda