Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Serba-serbi tentang Asuransi Unit Link

#asuransi unit link #serba-serbi

Asuransi yang menjamin hidup seseorang atau risiko suatu benda mungkin sudah biasa. Demikian juga dengan asuransi yang melekat pada produk saham, di mana produk keuangan gabungan semacam ini mulai sering bertebaran di pasar keuangan Indonesia.

Lebih dari sekadar asuransi penjamin hidup maupun gabungan dengan saham, asuransi unit link sudah termasuk aneka macam produk asuransi bersamaan dengan semua produk investasi yang ada, sehingga mungkin bagi asuransi jiwa dengan asuransi kesehatan atau asuransi rumah bergabung menjadi satu dengan saham, reksa dana, dan lain-lain dalam asuransi unit link.

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat membantu kita mengerti lebih banyak soal apa itu asuransi unit link, yang meliputi cara kerjanya, keuntungan, dan kerugiannya apabila bergabung di dalamnya:

1. Cara Kerja Asuransi Unit Link

Proses kerja asuransi unit link dimulai dengan premi yang dikurangkan terlebih dahulu dengan biaya pemeliharaan atau biaya akuisisi, di mana biaya-biaya ini adalah biaya yang timbul karena disetujuinya permohonan pertanggungan dan penerbitan polis.

Hasil premi yang sudah dikurangkan dengan biaya administrasi ini untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam nilai polis, di mana dalam nilai polis ini sudah terkandung nilai investasi sesuai dengan persentase biaya akuisisi yang dibayarkan.

Selanjutnya dari nilai polis yang ada, kita perlu membayar sejumlah biaya tambahan, misalnya biaya administrasi, biaya pertanggungan tambahan, dan biaya agar manajer investasi dapat mengelola dana investasi yang juga terkandung dalam nilai polis. Biaya-biaya ini dipotongkan dari nilai polis tiap bulannya. Apabila suatu saat kita berubah pikiran mengenai komposisi investasi kita, kita akan dikenakan biaya penggantian yang akan dipotongkan setelah nilai polis dipotong dengan biaya-biaya yang ada.

Barulah setelahnya, kita menerima nilai polis bulanan dalam jumlah bersih. Karena sifat nilai polis asuransi unit link merupakan gabungan antara polis asuransi dengan pendapatan investasi, kita dapat menggunakan nilai polis ini untuk menanggung kejadian yang diasuransikan sebagaimana disepakati dengan perusahaan penyedia atau dicairkan ke rekening sebagai bentuk pendapatan investasi kita.

2. Keuntungan Bergabung dengan Asuransi Unit Link

Sifat asuransi unit link yang cenderung “aji mumpung” juga menjadikannya produk keuangan yang cocok dipasarkan di kalangan masyarakat yang literasi keuangannya masih rendah atau sudah skeptis dengan asuransi konvensional yang terlalu mengobral janji.

Masyarakat yang literasi keuangannya masih rendah akan diuntungkan dengan manfaat ganda investasi-proteksi yang diperoleh saat bergabung dalam asuransi unit link, sementara itu mereka yang sudah lelah dengan produk asuransi konvensional yang hampir selalu merugikan dan mengobral janji akan diuntungkan dengan manfaat “all-in-one” yang diberikan oleh asuransi unit link.

Sebagai produk keuangan “all-in-one”, asuransi unit link memiliki kelebihan menonjol, yakni menawarkan investasi sekaligus proteksi dalam waktu bersamaan. Proteksi yang ditawarkan asuransi unit link dapat berjumlah lebih dari 2 dalam satu waktu, yang akan menolong kita untuk memiliki jaminan hidup diri sendiri maupun benda-benda yang kita asuransikan di dalamnya.

Dalam hal investasinya, saat bergabung, kita hanya perlu mengisi risk profile atau profil kepribadian pengambilan risiko dan selanjutnya manajer investasi dari perusahaan penyedia asuransi unit link akan mengelola komposisi investasi yang sesuai dengan profil kepribadian kita. Demikian pula return yang diberikan sepadan dengan komposisi investasi yang sesuai dengan kapasitas kekayaan kita. Karena dapat membuat kaya inilah, seseorang dapat memperoleh keuntungan saat bergabung dengan asuransi unit link.

3. Kerugian Bergabung dengan Asuransi Unit Link

Kita sudah mengetahui pengertian dan cara kerja asuransi unit link yang langsung bergabung dengan investasi, di mana dalam segala produk investasi, kita mengenal adanya untung-rugi. Sebagaimana untung atau return yang dijanjikan produk asuransi unit link, jangan lupa kalau produk asuransi “all-in-one” ini juga bisa merugi.

Nah, kalau sudah merugi, asuransi unit link bisa jadi salah satu produk keuangan yang membuat ilfeel. Bayangkan saja, kita sudah membayar bermacam-macam biaya di awal, bahkan saat pertama kali kita menyetor premi. Kalau investasi yang terkandung dalam nilai polis asuransi unit link sudah merugi dan tidak dapat menanggung kita lagi, risiko yang harus kita ambil adalah top-up dana asuransi atau nama kita akan dihapus selamanya dari daftar peserta asuransi unit link. Alhasil, kita tidak dapat manfaat ganda dalam asuransi unit link.

Kerugian bergabung dengan asuransi unit link tidak berhenti sampai di top-up sebagai akibat kerugian investasi. Setelah nilai polis terbentuk dan kita dapat menggunakannya untuk berbagai hal yang kita mau, jangan salah, karena nilai polis ini juga bisa ikut dipotongkan ke pembayaran premi asuransi selanjutnya.

Ingat pembayaran premi yang sudah dipungut bermacam-macam biaya? Nah, apabila kita bergabung dengan asuransi unit link dan kita salah menganggarkan pengeluaran untuk biaya terkait asuransi unit link, bisa-bisa total nilai yang kita bayarkan jauh melebihi manfaat premi asuransi yang dapat langsung kita rasakan. Hitungannya bila dibandingkan dengan perawatan ngamar di rumah sakit, bisa-bisa asuransi unit link ini mubazir kalau kita tidak mengetahui dengan pasti biaya-biaya yang dibutuhkan.

Demikianlah serba-serbi mengenai asuransi unit link. Singkat kata, pengertian kita soal asuransi unit link tidak seharusnya hanya berhenti pada definisinya secara umum, namun juga cara kerjanya dan pertimbangan untung-rugi saat bergabung di dalamnya. Dengan demikian, kita akan lebih cermat dalam mengelola keuangan saat hendak memutuskan bergabung dengan asuransi unit link.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang serba-serbi tentang asuransi unit link, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, Indonesia, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kesalahan, kredit konsumsi, kredit tanpa agunan, menabung, menghitung, orang kaya, Redenominasi, rugi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.