Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Siapa itu John Maynard Keynes? Biografi John Maynard Keynes

Bagi mereka yang mempelajari ilmu ekonomi tentu sudah tidak asing lagi dengan nama John Maynard Keynes. Dia adalah seorang ekonom Inggris, dimana pemikirannya mampu mengubah teori serta praktik kebijakan ekonomi pemerintah dan makroekonomi. Keynes merupakan salah satu ekonom paling berpengaruh pada abad ke-20 dan pendiri teori makroekonomi modern. Adapun teori-teorinya dikenal sebagai ekonomi Keynesian dan berbagai cabangnya.

Pada perang dunia pertama pemerintah Inggris meminta keahlian Keynes. Akhirnya dia pergi ke London atas permintaan pemerintah beberapa hari sebelum permusuhan dimulai, para bankir telah mendorong penangguhan pembayaran specie konvertibilitas uang kertas menjadi emas tetapi dengan bantuan Keynes, Kanselir Exchequer dan kemudian Lloyd George diyakinkan bahwa ini akan menjadi ide yang buruk, karena akan merusak reputasi masa depan kota jika pembayaran dihentikan sebelum benar-benar diperlukan. Kemudian pada bulan Januari 1915, Keynes mengambil posisi resmi pemerintah di Departemen Keuangan. Di antara tanggung jawabnya adalah desain istilah kredit antara Inggris dan sekutu kontinental selama perang, dan akuisisi mata uang yang langka.

Keynes ditunjuk sebagai perwakilan keuangan untuk Departemen Keuangan pada konferensi perdamaian Versailles 1919. Meski begitu, minat utama Keynes adalah mencegah pembayaran kompensasi Jerman yang ditetapkan begitu tinggi sehingga akan merusak kemampuan negara untuk membeli barang ekspor dari negara-negara lain. Hal itu tidak hanya akan melukai ekonomi Jerman sendiri tetapi juga dapat merusak stabilitas perekonomian dunia.

Ketika menjelang akhir konferensi, Keynes mengajukan kembali gagasannya berupa rencana yang tidak hanya akan membantu Jerman dan negara-negara Eropa tengah lainnya tetapi juga dapat berdampak baik bagi perekonomian dunia secara menyeluruh. Hal tersebut akan memberikan suatu dampak yang bisa meningkatkan perdagangan internasional, tetapi pada saat yang sama dapat melemparkan seluruh biaya rekonstruksi Eropa kepada Amerika Serikat. Gagasan Keynes mengenai efek perusahaan yang telah diprediksi pada perjanjian itu muncul dalam buku The Economic Consequences of the Peace. Buku tersebut diterbitkan pada tahun 1919 dan telah dinobatkan sebagai buku terbaik Keynes.

Sekitar tahun 1930, Keynes kembali menerbitkan karyanya dalam dua jilid yang diberi judul Treatise on Money. Buku Treatise of Money menyatakan bahwa apabila jumlah uang yang dihemat melebihi jumlah yang diinvestasikan, maka pengangguran akan meningkat jika suku bunga terlalu tinggi. Disisi lain, buku ini juga berisi mengenai indeks keuangan yang tidak dapat diandalkan untuk mewakili indikasi yang akurat. Secara khusus Keynes mengkritik kembalinya konsep perekonomian Inggris ke standar emas pada tahun 1925 dengan mengacu pada indeks harga grosir. Dia berpendapat bahwa indeks dapat meminimalisir pengaruh perubahan dalam biaya layanan dan tenaga kerja.

Keynes berhasil mempelopori revolusi dalam pemikiran ekonomi. Dia menentang berbagai pemikiran ekonomi neoklasik bahwa pasar bebas, dalam jangka pendek hingga menengah, akan mengisi seluruh lapangan pekerjaan asalkan tuntutan upah pekerja terpenuhi. Keynes berpendapat bahwa permintaan agregat akan menentukan tingkat keseluruhan kegiatan ekonomi. Sedangkan permintaan agregat yang tidak memadai dapat menyebabkan periode pengangguran tinggi yang berkepanjangan. Keynes mengadvokasi penggunaan kebijakan moneter serta fiskal untuk mengurangi berbagai dampak buruk dari depresi dan resesi ekonomi.

Terjadinya Great Depression mengakibatkan kesulitan ekonomi di seluruh dunia. Kejadian itulah yang melatarbelakangi munculnya Revolusi Keynesian. Pada tahun 1933 dimana saat itu merupakan puncak dari Great Depression, Keynes kembali menerbitkan bukunya yang berjudul The Means to Prosperity. Buku tersebut berisi rekomendasi kebijakan khusus untuk mengatasi pengangguran dalam resesi global. Selain itu, buku The Means to Prosperity juga berisi berbagai saran yang ditujukan kepada ditujukan kepada Pemerintah Inggris dan negara lainnya yang terkena dampak krisis global.

Selanjutnya pada tahun 1936, Keynes menerbitkan sebuah buku yang berjudul  Magnus opus Keynes, The General Theory of Employment, Interest and Money. Dimana buku itu berisi pembenaran teoritis untuk kebijakan intervensionis dalam mengatasi resesi. The General Theory menantang paradigma ekonomi neoklasik sebelumnya yang telah berlaku dan memungkinkannya terbebas dari campur tangan pemerintah karena secara alami pasar akan membentuk keseimbangan kerja penuh.

Sebelum pecahnya Perang Dunia II, ekonomi barat mengadopsi kebijakan Keynes. Namun pengaruhnya berkurang pada tahun 1970-an akibat dari stagflasi yang melanda ekonomi Anglo-Amerika selama dekade tersebut. Selain itu, muncul beberapa kritik terhadap kebijakan Keynesian oleh Milton Friedman dan monetaris lainnya.

Pemikiran ekonomi Keynes baru mulai mencapai penerimaan universal dalam beberapa tahun terakhir hidupnya. Jika melihat kepribadian Keynes, dia memiliki pesonanya sendiri sehingga secara umum dapat diterima dengan baik ke mana pun dia pergi. Bahkan mereka yang merasa terluka akibat perkataannya yang kadang-kadang tajam, jarang sekali menaruh dendam padanya.

Kemudian pada tahun pada tahun 2007-2008, timbullah krisis keuangan global yang menyebabkan kebangkitan dalam pemikiran Keynesian. Hal itu karena ekonomi Keynesian memberikan dukungan teoritis untuk kebijakan ekonomi yang dilakukan oleh para kepala pemerintahan sebagai tanggapan atas krisis.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang biografi John Maynard Keynes, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Siapa Itu Adam Smith? Biografi Adam Smith
Siapa itu Elon Musk? Ini Biografi Singkat Elon Musk
Memahami Teori High Risk High Return
Tips Ibu Rumah Tangga Jepang dalam Menyimpan Uang
Pentingnya Disiplin dalam Hidup
Mengapa Kita Harus Membawa Uang Tunai?
Untung Rugi Meminjamkan Uang ke Saudara
Apa Itu Sextortion Scam (Scam E-mail Sex)?
Mengapa Perempuan Mudah Terjebak Utang Kartu Kredit?
Financial Planning Before Disaster (Persiapan Finansial Sebelum Bencana)


Bagikan Ke Teman Anda