Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Siapa Saja Perusahaan Decacorn Itu?

Dalam dunia usaha, istilah unicorn tentu sudah tidak asing lagi. Unicorn adalah sebutan untuk perusahaan startup atau rintisan swasta yang memiliki nilai permodalan lebih dari USD 1 miliar. Istilah unicorn kali pertama dicetuskan oleh pemodal usaha bernama Aileen Lee pada tahun 2013. Bagaimana jika perusahaan terus berkembang hingga modalnya mencapai USD 10 miliar atau bahkan USD 100 miliar?

Ada sebutan tersendiri untuk perusahaan startup yang berhasil berkembang hingga menjadi perusaahn besar: decacorn adalah perusahaan startup dengan nilai modal lebih dari USD 10 miliar, sementara hectocorn adalah sebutan bagi perusahaan yang nilai modalnya  di atas USD 100 miliar.

Perkembangan usaha startup yang menguasai dunia digital di seluruh dunia telah memunculkan banyak decacorn baru. Ada 7 perusahaan dunia yang berhasil mengukuhkan diri mereka sebagai decacorn.

1. Uber

Uber adalah perusahaan jaringan transportasi yang bermarkas di San Fransisco, California, didirikan pada Maret 2009 oleh Travis Kalanick dan Garrett Camp. Uber memperkenalkan sistem transportasi yang menghubungkan penumpang dengan sopir kendaraan sewa secara langsung melalui aplikasi. Awalnya Uber adalah transportasi high end karena menyediakan mobil seperti Lincoln Town Car, BMW 7 Series, Cadillac Escalade, dan Mercedes-Benz S550. Baru pada 2012 Uber meluncurkan layanan yang lebih terjangkau, yaitu UberX.

Di tahun ke-10, nilai modal Uber mencapai USD 68 miliar, menjadikannya sebagai decacorn terbesar di dunia.

2. Airbnb

Perusahaan yang satu ini menyediakan jaringan pasar daring dan penginapan rumah dalam jangka pendek. Pengguna bisa mencari tempat singgah atau menyewakan properti mereka untuk ditempati. Properti yang disewakan bisa berupa rumah atau kamar. Airbnb didirikan pada Agustus 2008 oleh Brian Chesky, Nathan Blecharczyk, dan Joe Gebbia. Markasnya berada di San Fransisco, California. Memiliki nilai modal senilai USD 31 miliar, perusahaan ini beroperasi secara tertutup.

Hingga kini Airbnb telah tersedia di lebih dari 191 negara, 34.000 kota, dan menyediakan lebih dari 2.000.000 properti di seluruh dunia. Uniknya, tidak ada satu pun property tersebut yang dimiliki oleh Airbnb. Perusahaan hanya berperan sebagai broker yang menghubungkan penyewa dan pemilik. Keuntungan perusahaan didapatkan dari komisi setiap booking properti yang dilakukan pengguna.

3. Palantir

Palantir Technologies perusahaan perangkat lunak asal Amerika Serikat yang menangani analisis mahadata. Perusahaan yang bermarkas di Palo Alto, California ini didirikan pada tahun 2003. Pendirinya adalah Peter Thiel, Nathan Gettings, Joe Lonsdale, Stephen Cohen, dan Alex Karp.

Dalam era digital, keberadaan data sangatlah penting dan inilah peluang yang berhasil dibaca oleh Palantir. Dua proyek utama Palantir yang paling tersohor adalah Palantir Gotham yang digunakan oleh analis kontraterorisme USIC (United States Intelligence Community) dan Departemen Pertahanan Amerika Serikat; dan Palantir Metropolis yang digunakan oleh perusahaan jasa keuangan dan bank. Palantir kini memiliki nilai modal USD 20 miliar dan melayani analisis data untuk pemerintahan Amerika Serikat.

4. WeWork

WeWork didirikan pada 2010 oleh Adam Neumann dan Miguel Mckelvey. Merupakan sebuah layanan yang menyediakan tempat untuk bekerja bagi para penggunanya. Pengguna bisa menemukan berbagai fasilitas seperti meja kerja, loker untuk menyimpan barang, ruang rapat, sarana rekreasi, hingga camilan. Coworking space dibuat menjadi sebuah tempat yang menyenangkan dengan desain yang modern. Pengguna cukup membayar sejumlah uang sebagai sewanya. Kini nilai modal WeWork mencapai USD 18 miliar.

5. SpaceX

Perusahaan swasta yang bergerak di bidang trasnportasi luar angkasa ini didirikan oleh Elon Musk pada 6 Mei 2002. SpaceX telah mengembangkan berbagai macam jenis roket yang dapat dipakai ulang, yaitu Falcon 1 dan Falcon 9. Nilai modal perusahaan ini kini mencapai USD 12 miliar.

6. Pinterest

Pinterest adalah media sosial berbasis web dan aplikasi yang didirikan pada bulan Maret 2010 oleh Paul Sciarra, Evan Sharp, dan Ben Silbermann. Pinterest dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan dengan tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Mulai dari memasarkan barang, memasang portofolio diri, hingga mengunggah atau menyimpan gambar-gambar dan informasi yang bisa didapatkan dari pengguna lain di seluruh dunia.

Pinterest memiliki 175 juta pengguna aktif setiap bulannya di seluruh dunia. Nilai modal Pinterest sebesar USD 11 miliar didapatkan dari investor yang menanam modal di perusahaan mereka seperti Andreessen Horowitz, First Mark, dan Goldman Sachs.

7. Dropbox

Sebagai perusahaan teranyar yang tergabung dalam jajaran decacorn, Dropbox diisukan telah go public pada tahun 2017. Perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan data berbasis web ini didirikan pada September 2008 oleh Drew Houston. Dropbox dapat digunakan lintas platform yaitu Windows, Windows Phone 7, iOS, Android, Linux, Blackberry OS, dan Mac. Nilai modal Dropbox pada 2019 adalah USD 10 miliar.

Go-Jek dan Tokopedia, Calon Decacorn Indonesia

Untuk sebuah perusahaan startup berkembang hingga menjadi perusahaan besar bukanlah perkara mudah. Banyak startup yang gagal di tengah jalan karena tidak berhasil mengembangkan produknya. Di Indonesia muncul berbagai perusahaan startup yang mampu mengukuhkan diri mereka sebagau unicorn seperti Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka.

Di antara keempat perusaahan tersebut, Go-Jek dan Tokopedia digadang-gadang menjadi decacorn pertama asal Indonesia. Kedua perusahaan ini masih terus berekspansi dan berkembang sehingga nilai modal merek terus meningkat. Go-Jek kini bahkan telah beroperasi di Thailand dengan nama GET dan di Vietnam dengan nama Go-Viet. Sementara itu, Tokopedia merupakan e-commerce nomor satu di Indonesia di tengah maraknya pertumbuhan e-commerce dalam negeri.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang perusahaan decacorn, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



4 Kesalahan yang Banyak Dilakukan Para Pendiri Startup
Bagaimana Mengubah Ide Menjadi Startup?
Perbedaan antara Badan Usaha dan Perusahaan
9 Hal yang Harus Dimiliki Founder Startup Berbasis Teknologi
Apa itu AirBnb? AirBnb Adalah? Pengen tahu?
Sisi Buruk Kerja di Perusahaan Startup
Perusahaan yang Mati Karena Disruption Teknologi Baru
Startup Seharusnya Jangan Menghabiskan Waktu untuk Hal-hal Berikut
Ide-ide Startup yang Sering Gagal
Apa Itu Perusahaan Pergadaian dengan Prinsip Syariah?


Bagikan Ke Teman Anda