Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Situs-Situs untuk Belajar Online dari Rumah

Menanggapi semakin meluasnya wabah virus Corona, Indonesia yang kini telah menduduki negara peringkat kedua dunia paling tinggi resiko kematian akibat pandemik ini pun akhirnya mulai memberlakukan kebijakan ketat.

Presiden Joko Widodo sendiri secara langsung meminta masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan di rumah dan menjauh dari keramaian. Begitu pula dengan proses belajar mengajar. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengatakan untuk tetap menjalankan proses belajar mengajar secara online.

Situs Belajar Online

Di Indonesia sendiri, situs belajar online yang sangat dikenal adalah Ruang Guru. Namun sebenarnya ada banyak situs belajar online lain yang bahkan beberapa diantaranya memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan Ruang Guru. Berikut ini adalah beberapa situs belajar online yang dapat membantu kamu semakin semangat belajar di rumah:

  1. Khan Academy

Aktor Bollywood Salman Khan tak hanya memiliki paras yang tampan, tapi juga perhatian yang begitu besar pada dunia pendidikan. Pada tahun 2008, Khan Academy didirikan sebagai organisasi non profit yang bergerak di bidang pendidikan.

Melalui situsnya, Khan Academy memberikan berbagai macam pelajaran secara gratis. Mata pelajaran yang tersedia di situs ini terbilang cukup lengkap, mulai dari pelajaran eksata maupun non eksata dapat kamu temukan.

  1. Brainly

Selain Ruang Guru, situs belajar online yang memiliki jumlah pengunjung tinggi adalah Brainly. Namun Brainly memiliki konsep yang berbeda dibandingkan Ruang Guru. Jika Ruang Guru memiliki beberapa guru atau tentor, maka tidak dengan Brainly.

Di Brainly, setiap pertanyaan atau pembahasan diberikan dan dijawab oleh murid-murid dari berbagai tingkat pendidikan. Hal ini sesuai dengan motonya yang menjadi kalimat pembuka bagi pengunjung situs, For Students by Students, Question Everything Answer Everything.

  1. Kelas Pintar

Kelas Pintar merupakan salah satu situs belajar online buatan anak Indonesia yang sangat mendukung gerakan belajar online. Pendiri Kelas Pintar, Fernando Uffie mengatakan bahwa langkah pemerintah dalam menangani Covid-19 dengan menggaungkan belajar online sangat didukung oleh Kelas Pintar. Bahkan Kelas Pintar saat ini semakin melengkapi berbagai fitur yang tersedia untuk menambah kenyamanan para murid ketika belajar.

  1. Sekolahmu

Lengkap dan gratis, mungkin inilah yang membuat Sekolahmu menjadi situs belajar online yang ramai saat ini. Pendiri Sekolahmu, Radinka Qiera telah mempersiapkan berbagai fitur yang dibutuhkan oleh pihak sekolah dan murid dalam melaksanakan belajar online.

Ratusan sekolah dan organisasi telah melakukan kerjasama dengan Sekolahmu untuk kelancaran proses belajar mengajar selama pemerintah memberlakukan pelarangan keluar rumah. Uniknya, Sekolahmu tidak hanya memberikan wadah pembelajaran bagi murid dan guru, partisipasi orang tua dan wali murid juga sangat diperhatikan oleh platform ini.

  1. Zenius

Platform yang satu ini juga dapat membantu kamu belajar online dengan lebih mudah. Jika sebelumnya banyak murid yang tidak dapat belajar online mandiri dengan terarah, maka Zenius memberikan banyak fitur baru yang membuat murid memiliki jadwal pelajaran sendiri sehingga tidak ada lagu murid yang ‘nyasar’.

Kamu tidak perlu lagi repot mencari topik pelajaran selanjutnya karena Zenius akan langsung mengarahkan setiap murid ke topik yang telah dipersiapkan agar pelajaran tetap berjalan sesuai dengan jadwal.

  1. Quipper

Platform Quipper juga telah siap sedia menampung guru dan murid yang akan melakukan proses pembelajaran secara online. Quipper juga menyediakan seluruh fitur tersebut secara gratis. Tak hanya belajar, Quipper juga memberikan fitur yang memudahkan guru untuk memberikan dan mengawasi tugas dan ujian para murid.

Bagi kamu yang berada di tingkat akhir, Quipper juga menyediakan modul UN, UTBK, dan SBMPTN yang akan membuat kamu lebih terbiasa menghadapi ujian yang sesungguhnya.

  1. Google

Google selalu menjadi yang terdepan dalam teknologi. Begitu pula ketika pemerintah menyarankan belajar online pada seluruh jenjang pendidikan di Indonesia. Google telah mempersiapkan G Suite for Education yang memfasilitasi guru dan murid dalam belajar.

Google juga memiliki Hangouts Meet yang dapat digunakan untuk melakukan pertemuan secara live dengan daya tampung hingga 100.000 lebih penonton per sesinya.

Ada juga fitur tambahan untuk kelas besar yang menampung hingga 250 peserta dan dapat disimpan dalam Google Drive sehingga murid yang masih ingin melihat penjelasan sang guru dapat mengunduhnya kembali. Namun fitur tambahan ini hanya tersedia sampai tanggal 1 Juli 2020.

  1. Microsoft

Selain Google, perusahaan besar lainnya yang ikut mendukung program belajar online adalah Microsoft. Pihak Microsoft Indonesia menyatakan telah siap untuk memberikan fasilitas Office 365 pada beberapa sekolah dan institusi. Sekolah hanya perlu mempersiapkan domain yang akan digunakan sebagai pengenal guru dan murid dalam media pembelajaran.

Dalam Office 365, terdapat fasilitas Teams yang memberikan kemudahan bagi guru dan murid dalam melakukan proses belajar secara online melalui video conference. Dalam Teams, guru dapat memberikan arahan atau materi dalam berbagai bentuk, seperti gambar, teks, suara, maupun video. Tak hanya komunikasi antara guru dan murid saja, sesama murid juga dapat saling berdiskusi melalui Teams.

Itulah 8 situs belajar online yang dapat kamu gunakan sebagai alternatif belajar saat ini selain Ruangguru. Tak hanya lengkap dan mudah digunakan, seluruh situs belajar online ini dapat kamu gunakan secara gratis sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk merasakan manfaatnya. Jadi, tidak ada kata malas belajar lagi, kan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang situs-situs untuk belajar online dari rumah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Filosofi
Tip Menghindari Ketergantungan Memesan Makanan Secara Online
Alasan Mengapa Penting Belajar Sejarah
Mengapa Pinjaman Online (Pinjol) Adalah Utang yang Buruk?
Mengapa Harus Belajar Bahasa Lokal Saat Travelling?
Kesalahan dalam Jualan Online
Cara Membeli Rumah Lelang Melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)
Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Keuangan
Perhatikan Lampu Kuning ini Ketika Membeli Rumah
Alasan Mengapa Kita Perlu Belajar ke Luar Negeri?


Bagikan Ke Teman Anda