Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Soft Skills yang Harus Dimiliki Kaum Millennial

Generasi millennial bisa dibilang sebagai nahkoda dalam perubahan zaman saat ini. Mereka yang berada pada usia produktif ini mendominasi dalam berbagai bidang kehidupan. Persaingan antara generasi millennial pun tidak bisa dihindarkan. Sebagai salah satunya, kamu harus mampu bersaing dan bertahan.

Apa sih yang dibutuhkan oleh generasi millennial saat ini? Selain hard skills atau ilmu yang kamu dapatkan secara formal, kamu juga harus memiliki soft skills yang tidak diajarkan di sekolah. Dalam dunia kerja, soft skills justru lebih banyak membantumu untuk berkembang. Soft skills yang kamu miliki akan menjadi pondasi kuat untuk membangun etos kerjamu nanti.

Inilah deretan soft skills yang wajib dimiliki oleh kaum millennials.

1. Komunikasi

Mampu berkomunikasi dengan baik akan membantumu menyampaikan maksud dan tujuanmu kepada orang lain. Selain itu, kamu juga bisa meyakinkan orang lain jika kamu mampu mengkomunikasikan gagasanmu dengan mereka. Lebih jauh lagi, kemampuan berkomunikasi tidak hanya tentang berbicara saja, tetapi juga mendengarkan.

Saat orang lain sedang berbicara, simak dengan baik setiap kata yang mereka ucapkan. Dengan demikian kamu akan paham tentang apa yang mereka inginkan dan motivasi mereka melakukan hal-hal tertentu. Dengan demikian kamu akan bisa menemukan celah untuk menyesuaikan diri dengan mereka dan bagaimana kamu bisa bekerjasama dengan mereka. Skill ini sangat penting untuk diterapkan pada klien atau atasanmu nanti.

2. Berpikir Kritis

Dalam hidup kamu akan selalu menemui masalah dan tantangan. Jika kamu adalah seorang yang mampu berpikir kritis, maka kamu akan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan baik. Inilah yang kamu butuhkan untuk menghadapi dunia kerja.

Inti dari berpikir kritis adalah menemukan solusi yang paling mudah dan cepat untuk menyelesaikan masalah. Kamu bisa melatih kemampaun berpikir kritis melalui banyak hal. Misalnya, dengan banyak menonton film-film atau buku detektif seperti Sherlock Holmes.

Biasakan dirimu untuk menganalisa situasi dan membuat keputusan berdasarkan data-data yang ada. Tiga aspek yang sangat dibutuhkan dalam hal ini adalah rasa ingin tahu, fleksibilitas, dan kreativitas.

3. Melek Teknologi

Karena kamu hidup di era teknologi canggih, jangan sampai kamu jadi orang yang gaptek (gagap teknologi). Cari tahu tren IT terbaru yang ada, meski itu tidak berhubungan dengan minat atau pekerjaanmu. Jika kamu adalah pengguna media sosial yang aktif, pelajari dan maksimalkan social media marketing yang sedang digandrungi saat ini. Atau kembangkan juga pengetahuan dalam bidang lain seperti penggunaan Word atau Excel yang lebih efektif.

4. Bekerjasama dalam Tim

Kecanggihan teknologi di era digital membawa satu dampak buruk bagi kaum millennial: mereka cenderung menjadi pribadi yang egois dan suka bekerja sendiri. Padahal di dunia nyata, kamu harus bertemu dengan banyak orang dan bekerjasama dengan mereka. Apalagi jika kalian memiliki tujuan yang sama. Rasanya mustahil kamu bisa melakukan segalanya sendirian.

Apapun posisi yang kamu miliki di masyarakat atau perusahaan, kamu harus bisa bekerjasama dengan orang lain. Bekerja di dalam tim akan melatih kemampuan komunikasi, adaptasi, hingga daya saingmu.  Kamu harus melatih soft skill ini sedini mungkin.

Cara dimulai dengan bergabung di organisasi kampus atau sekolah. Dengan pengalaman sebagai anggota organisasi, kamu akan mendapatkan gambaran kasar tentang bagaimana dunia nyata yang sesungguhnya. Jadi saat kamu sudah masuk dunia kerja, kamu tidak asing dengan berbagai dinamika dalam tim yang mungkin terjadi.

5. Optimisme

Hidup tidak akan berjalan lurus sesuai dengan keinginanmu. Kamu akan terus menemui masalah, bahkan sebelum satu masalah selesai akan datang lagi yang lainnya. Yang dimaksud dengan optimisme adalah sikap pantang menyerah dan bangkit dari kegagalan. Hal ini tidak hanya berlaku untuk kehidupan profesional saja, tetapi juga dalam kehidupan sehari-harimu.

Kamu harus percaya dengan kemampuan dirimu dan memulai kembali meski sudah gagal berulang kali. Tidak ada yang tahu berapa kali kamu harus gagal sebelum akhirnya berhasil, namun sikap pantang menyerah akan membentukmu menjadi pribadi yang tahan banting. Hal ini akan sangat berguna buatmu dalam menghadapi persaingan di dunia nyata.

6. Menerima Diri Sendiri

Terdengar sepele, namun sulit untuk diwujudkan. Setiap orang tentu punya bayangan ideal tentang hidup yang mereka inginkan. Tetapi tidak semuanya bisa jadi kenyataan, bahkan realita bisa berbanding terbalik dengan imajinasimu. Kalau kamu ingin “live your life to the full”, kamu harus bisa menerima dirimu sendiri terlebih dahulu.

Akui semua kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki. Bila perlu, tuliskan di selembar kertas atau di layar ponselmu sebagai pengingat. Manfaatkan kelebihanmu sambil memperbaiki kekuranganmu secara perlahan. Tidak perlu melihat orang lain yang menurutmu adalah “goals” yang kamu inginkan. Terima dirimu apa adanya, mulailah bekerjasama dengan dirimu, dan kamu akan menemui keberhasilan dalam hidup.

7. Berpikiran Terbuka

Jiwa muda sangat identik dengan idealisme. Kaum millennials kadang sulit menerima masukan dari orang lain dan menganggap bahwa pemikiran mereka adalah yang paling benar. Berpikiran terbuka sangat erat kaitannya dengan kemampuan berkomunikasi. Jika kamu mau mendengarkan orang lain, maka pikiranmu akan terbiasa menerima hal-hal yang baru.

Tidak sekedar menerima perubahan saja, tetapi juga menghargai perspektif orang lain, cepat beradaptasi dengan lingkungan yang baru, dan menerima perbedaan. Jika kamu gagal dalam beradaptasi, maka akan sulit untukmu masuk ke kelompok mana saja.

Itu dia beberapa soft skills penting yang harus dimiliki oleh kaum millennials. Dalam bermasyarakat, kamu tidak hanya membutuhkan hard skills saja, tetapi kualitas pribadi yang baik akan membantumu untuk bertahan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang soft skills yang harus dimiliki kaum millennial, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Generasi Milenial Tidak Disukai Generasi Sebelumnya? Ini Alasannya
6 Skill Wajib Dimiliki Agar Sukses
4 Keterampilan Berharga yang Bisa Dimiliki Sepanjang Hidup
KPR untuk Kaum Milenial
Bagaimana Meningkatkan Leadership Skill?
Skill Keuangan yang Harus Diajarkan Ke Anak
Skill Berharga dalam Kehidupan, Pastikan Anda Memilikinya
Anak Mau Punya Skill Bisnis? Ini Tip Buat Orangtua!
Softskill yang Penting Dimiliki agar Sukses
9 Soft Skill yang Harus Dimiliki Agar Sukses


Bagikan Ke Teman Anda