Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Softskill yang Penting Dimiliki agar Sukses

#softskill #sukses

Didalam mencapai sebuah kesuksesan dalam kehidupan terutama di dunia kerja, kenyataannya anda tak hanya harus punya hard skill yang mumpuni dalam bidang tertentu saja. Tetapi anda pun juga perlu memiliki soft skill demi mendukung pekerjaan dan usaha anda menuju sebuah kesuksesan.

Soft skill sesungguhnya merupakan kemampuan seseorang yang tidak bisa diukur dengan sertifikat sebagaimana hard skill, sebab soft skill lebih ke arah kemampuan interpersonal. Sehingga setiap orang pasti memiliki soft skil yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Lantas seperti apa soft skill yang penting untuk dimiliki? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Etos Kerja yang Kuat

Soft skill ini menjadi salah satu yang terpenting untuk dimiliki oleh siapapun yang menginginkan sebuah kesuksesan di dalam hidupnya, khususnya secara finansial. Tentunya tak ada perusahaan atau bahkan bos yang mau memperkerjakan karyawan yang bekerja setengah hati dan terlihat malas-malasan.

Sebab itu penting untuk memiliki etos kerja yang kuat dan penuh dedikasi. Kemampuan ini datang dari diri dan juga pengaruh dari lingkungan disekitar kita. Maka bila anda ingin memiliki etos kerja yang kuat bergaul dan berkawanlah dengan mereka yang beretos kerja tinggi, bukannya pemalas yang kerjanya belum jelas dan hanya suka mengeluh sepenjang hari.

2. Perilaku Positif

Perilaku seseorang sangat berpengaruh pada kehidupan orang tersebut, dan setiap orang memiliki perilaku yang mencerminkan karakternya. Tentu tak ada yang suka berhubungan dengan orang yang berkarakter buruk dan merugikan. Meskipun tanpa disadari karakter dan perilaku kadang tanpa kontrol, namun menerapkan perilaku positif demi memperbaiki karakter diri sangatlah penting dalam kehidupan.

Perilaku positif akan menarik energi positif juga dari sekitar kita sehingga secara tidak langsung soft skill ini bisa memberikan timbal balik tanpa anda sadari. Perilaku ini seperti murah senyum, tidak arogan, atau gampang marah misalnya.

Siapapun pasti pernah berperilaku buruk, terutama jika sedang dalam tekanan emosional. Nah, seseorang yang mampu beperilaku positif dalam berbagai situasi termasuk orang yang memiliki soft skill yang sangat baik. Dan ini penting demi menunjang kehidupan sosial baik dalam pekerjaan maupun lingkungan tempat tinggal.

3. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Pada dasarnya setiap orang diberikan anugerah untuk berkomunikasi sejak ia dilahirkan. Seperti ketika kita melihat ada seseorang yang sangat suka berbicara dan ada juga orang pendiam misalnya. Namun kemampuan berkomunikasi ini tak hanya sekedar “bisa” berbicara saja, tetapi juga berkomunikasi dengan orang lain penuh makna.

Soft skill ini penting tak cuma untuk dunia kerja saja tetapi juga lingkungan sekitar. Bagaimana tidak, jika anda hanya diam saja pasti akan ada banyak kesempatan yang terbuang percuma. Komunikasi yang baik sesungguhnya sangatlah simpel karena siapapun bisa melakukannya, seperti suka menyapa orang lain, bertutur kata santun, tidak menyakiti hati orang lain dengan kata-kata dan banyak lagi.

4. Mampu Mengelola Waktu

Siapapun pasti tak akan suka dengan orang yang suka mengulur-ulur waktu atau telat. Sebab, ketika waktu terbuang sia-sia akan sangat mungkin ada kesempatan besar yang gagal diraih. Karenanya soft skill dalam mengelola waktu sangat penting dalam hal apapun.

Konsekuensi buruk jika anda bekerja dan suka telat atau mengulur waktu deadline misalnya, ialah anda akan diberhentikan secara tidak hormat. Tentunya anda tak ingin mengalaminya bukan? Untuk itu mulai sekarang belajarlah mengelola waktu dengan baik, soft skill ini sangat bisa dimiliki asal ada niatan untuk memperbaiki diri.

5. Kepercayaan Diri

Untuk soft skill yang satu ini sangat sulit untuk memilikinya, terutama jika anda tidak pernah bersyukur dengan diri dan kemampuan anda sendiri. Kepercayaan diri timbul dari sikap menghargai diri sendiri dan tahu seberapa besar kapasitas dan kemampuannya, namun bukan perilaku sombong atau congkak.

Percaya diri adalah sikap positif yang sangat penting dalam kehidupan, sebab tanpanya anda bahkan tak akan mampu berbuat apapun. Bagaimana tidak? Anda hanya akan merasa minder dan takut ketika menghadapi sesuatu, apapun itu.

Soft skill ini tentunya tak akan muncul jika tidak diasah sedikit demi sedikit, oleh karenanya jangan pernah takut untuk belajar percaya pada diri sendiri dan memberikan diri kesempatan untuk berkembang.

6. Mudah Beradaptasi

Ketika dihadapkan dengan situasi dan lingkungan baru yang mungkin penuh tekanan, seseorang terkadang bisa saja mengalami frustasi atau tertekan secara batin. Nah, untuk itulah diperlukan soft skill untuk bisa mengatasinya.

Kemampuan tersebut ialah kemampuan untuk mudah beradaptasi. Meski terlihat sepele, tapi kemampuan ini sangat berguna ketika anda dihadapkan dengan situasi baru yang kurang menyenangkan.

Ketika anda mampu beradaptasi, anda tak akan mendapatkan kesuitan berarti baik dengan diri sendiri maupun dengan orang lain di lingkungan yang baru tersebut. Dan seperti rumput liar yang tumbuh dimana-mana, anda pun bisa bertahan dalam kondisi apapun.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang softskill yang penting dimiliki agar sukses, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, Indonesia, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kesalahan, kredit konsumsi, kredit tanpa agunan, menabung, menghitung, orang kaya, Redenominasi, rugi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.