Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Syarat Umum untuk Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

#kredit tanpa agunan

Apa itu Kredit tanpa Agunan?

Saat Anda ingin mendapatkan uang pinjaman dalam jumlah banyak dan waktu yang singkat, Anda dapat mempertimbangkan kredit tanpa agunan. Jenis kredit ini merupakan pinjaman perseorangan (personal loan) atau pinjaman tanpa perlindungan (unsecured loan).

Dengan pinjaman aman (secured loan), Anda mengizinkan pemberi hutang untuk menggunakan salah satu aset Anda—misalnya mobil atau rumah—untuk menutup kerugian mereka bila Anda lalai dalam membayarkan pinjaman Anda. Dengan kredit tanpa agunan, pemberi hutang tidak memiliki “penolong” bila Anda tidak membayarkan hutang Anda.

Kredit tanpa agunan adalah yang paling mudah didapatkan karena Anda tidak perlu menunjukkan aset yang bernilai saat mengajukan permohonan kredit. Pemberi kredit percaya bahwa Anda dapat membayarkan kembali uangnya secara tepat waktu dan sekaligus dengan bunganya.

Meski suku bunganya bergantung pada ketentuan pemberi kredit dan banyaknya jumlah uang yang dicairkan, kredit seperti ini memiliki suku bunga yang lebih tinggi ketimbang kredit tradisional yang menggunakan properti sebagai jaminan, serta batasan kredit yang lebih rendah karena pemberi kredit menanggung risiko lebih tanpa adanya jaminan dari Anda.

Manfaat Kredit tanpa Agunan (KTA)

KTA umum diajukan oleh pemilik usaha kecil untuk biaya operasional, namun Anda juga bisa mengajukan KTA untuk kebutuhan pribadi. Ingin merenovasi rumah? Atau menambah perabotan di rumah baru? Anda bisa mengajukan KTA untuk memenuhinya. Pengeluaran tak terduga yang berhubungan dengan kesehatan atau perbaikan kendaraan yang memakan biaya banyak juga bisa ditutup oleh pinjaman melalui KTA.

Anda yang memiliki hutang terhadap beberapa kartu kredit juga dapat menggunakan KTA sebagai solusi sementara. KTA dapat mengonsolidasi hutang beberapa kartu kredit sehingga pada akhirnya Anda hanya perlu membayar satu tagihan setiap bulannya.

Keperluan non-produktif lainnya seperti yang berhubungan dengan masalah pendidikan, biaya pernikahan, liburan ke luar negeri, misalnya, dapat memanfaatkan KTA. Dalam keperluan produktif, KTA pun dapat berperan besar, yaitu berhubungan dengan usaha/bisnis Anda, memenuhi inventori kantor atau biaya operasional berupa gaji karyawan atau biaya rekruitmen karyawan baru. Anda juga bisa mengajukan KTA untuk keperluan modal usaha.

Syarat Umum untuk Mendapatkan KTA

Syarat pengajuan KTA bisa berbeda-beda tergantung kebijakan setiap bank atau pemberi hutang. Namun yang umum adalah sebagai berikut:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)

  • Berdomisili di Indonesia

  • Berusia minimum 21 tahun dan maksimum 55 tahun (saat pinjaman lunas)

  • Memiliki penghasilan Rp2.500.000/bulan bagi nasabah payroll bank yang dimintai pinjaman

  • Memiliki penghasilan Rp3.000.000/bulan bagi nasabah non-payroll bank yang dimintai pinjaman

  • Batasan kredit sebesar lima (5) kali penghasilan (Rp5.000.000-Rp250.000.000)

Dokumen-dokumen yang Dibutuhkan

  • Formulir aplkasi yang telah diisi lengkap

  • Fotokopi Kartu Tanda Pengenal

  • Fotokopi slip gaji (bila merupakan karyawan, tidak perlu bila merupakan wiraswasta)

  • Fokotopi surat izin praktik/profesi bagi profesional atau wiraswasta

  • Fotokopi buku tabungan

  • Fotokopi kartu kredit (bila memiliki kartu kredit)

  • Lembar tagihan kartu kredit sebulan terakhir (bila memiliki kartu kredit)

  • Fotokopi Nilai Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT)

Apa yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan KTA

  1. Cek Penilaian Kredit Anda

Tingkatkan penilaian kredit Anda dengan membayar tagihan kartu kredit secara tepat waktu dan pinjaman lainnya yang sedang berjalan saat ini. Riwayat pembayaran dan jumlah hutang sekitar 65% dari nilai kredit Anda. Hal ini akan meningkatkan faktor Anda untuk mendapatkan KTA bila Anda dianggap reliabel dan tidak pernah lalai dalam membayar hutang.

  1. Buat Daftar Seluruh Pinjaman Anda Saat Ini

Kumpulkan semua bukti tentang rekening bank Anda, terutama saldo dan aset lainnya, seperti mobil yang sudah dibayar lunas. Kumpulkan tagihan-tagihan Anda dalam beberapa bulan terakhir dan bila Anda meminjam dalam jumlah besar siapkan pula bukti bahwa Anda berpenghasilan tetap (bila Anda adalah karyawan).

  1. Ajukan KTA ke Bank Tempat Anda Menabung

Berikan semua informasi yang mereka butuhkan dan tetapkan berapa banyak uang yang Anda butuhkan, akan digunakan untuk apa nantinya, dan berapa lama Anda dapat membayarnya. Berikan semua bukti tentang potensi pemasukan bila Anda hanya akan meminjam dalam jangka pendek hingga Anda dapat membayarkan kembali hutang tersebut.

  1. Jelaskan Berapa Nonimal yang Mampu Anda Bayarkan tiap Bulannya Nanti

Periksa opsi pembayaran karena beberapa personal loan mengharuskan pembayaran bulanan dan ada pula yang hanya perlu membayarkan bunganya saja tiap bulan dan pembayaran penuh hutang Anda pada waktu tertentu.

  1. Cari Pilihan Pemberi KTA Lainnya

Hindari tempat-tempat pemberi KTA yang tidak/belum bernama dan menjanjikan kecepatan dalam pencairan uang, biasanya mereka bersedia memberikan KTA dengan tenor pendek tapi memberikan suku bunga yang sangat tinggi. Ada pula yang cepat bertindak melalui jalur hukum bila pembayaran Anda tidak tepat waktu.

Jangan batasi pencarian Anda saat mencari provider KTA yang dirasa tepat dan memberi penawaran paling menarik. Pemberi hutang yang Anda temukan secara online memang mempermudah transaksi, tapi bank dan penyedia KTA lainnya mungkin menawarkan tarif bunga tahunan yang kompetitif dan jasa yang lebih baik bila kredit Anda juga baik.

Namun Anda juga bisa menemukan secara online penyedia KTA yang menawarkan tarif lebih baik bila Anda memenuhi ketentuan mereka. Ingatlah untuk selalu menimbang persyaratan dan biaya lainnya sebelum Anda mengajukan aplikasi KTA.

Artikel Terkait

Demikianlah syarat-syarat umum pengajuan KTA, semoga berguna bagi kita semua.

Artikel Populer

bank, Financial Technology (Fintech), fraud, hutang kartu kredit, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit untuk anak, keuntungan kartu kredit, kpr ditolak, kredit handphone, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, KTA ditolak, KTA untuk modal usaha, menunggak kartu kredit, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tagihan kartu kredit, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 

 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.