Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tertarik dengan Kartu Kredit BCA? Lihat Dulu Biaya dan Limit Kartu Kredit BCA!

#kartu kredit bca

Sepengamatan saya, BCA merupakan salah satu bank lokal yang paling banyak nasabahnya. Banyak dari kawan dan keluarga saya yang lebih memercayakan penyimpanan uang mereka di BCA. Bahkan kartu kredit BCA sendiri sebagai salah satu produk perbankan BCA memiliki berbagai macam manfaat yang hanya dapat dinikmati oleh pemakai kartu kreditnya.

Ada banyak jenis kartu kredit BCA, namun dua jenis kartu kredit BCA yang umum digunakan adalah kartu kredit VISA dan Mastercard. Kendati kedua jenis kartu kredit ini cukup sering beredar di bank-bank lain, kartu kredit BCA VISA maupun Mastercard memiliki keistimewaan dalam hal pembagian levelnya. Kartu kredit BCA VISA terdiri dari tingkatan Regular, Batman/Gold, dan Platinum. Sementara itu, untuk Mastercard BCA terdiri atas tingkatan Regular, MC2/Gold, Platinum, dan Matahari.

Kendati demikian, kartu kredit BCA dengan berbagai manfaatnya ini juga memiliki berbagai macam hal yang harus dipertimbangkan saat hendak meng-apply di samping juga memperhitungkan pendapatan bulanan atau tahunan. Misalnya adalah berbagai macam biaya dan persentase limit penarikan yang harus diperhatikan sebagaimana dijelaskan pada bagian selanjutnya dalam artikel ini, sebagai berikut:

Biaya-Biaya Kartu Kredit BCA

1. Biaya Tahunan

Biaya atau iuran tahunan merupakan jumlah uang yang harus kita masukkan ke kartu kredit sebagai bukti keanggotaan agar tidak mendapatkan penagihan. Biaya tahunan terdiri atas biaya kartu utama, yakni kartu kredit utama yang kita gunakan, dan biaya kartu tambahan yang menyertai biaya kartu utama yang lebih bersifat opsional. Sebagaimana kartu kredit pada umumnya, kartu kredit BCA juga memiliki biaya tahunan yang melekat di dalamnya.

Secara normal, biaya tahunan kartu kredit BCA VISA maupun Mastercard apapun sama, yakni Rp125.000,00 untuk biaya kartu utama dan Rp100.000,00 untuk biaya kartu tambahan. Khusus kartu jenis Regular VISA atau Mastercard, biaya atau iuran tahunan ini berlaku efektif 15 Juli 2015. Pengecualian adalah untuk jenis kartu Platinum baik VISA maupun Mastercard, di mana biaya tahunannya adalah Rp450.000,00 untuk kartu utama dan Rp250.000,00 untuk biaya kartu tambahan.

2. Denda Keterlambatan

Memiliki kartu kredit adalah tanda pertanggungjawaban atas hal yang menjadi milik kita. Tanggung jawab kita sebagai pemegang kartu kredit tidak hanya berhenti pada membayar iuran tahunan saja, namun juga membayar denda kalau seandainya pembayaran kita telat.

Untuk kartu kredit BCA, denda keterlambatan yang berlaku sama untuk semua jenis kartu kredit, yakni 3% atau maksimal Rp150.000,00. Hati-hati juga karena semakin terlambat bayar, maka denda keterlambatan ini akan terus membengkak bersamaan dengan persentase bunga yang menyertainya.

3. Ganti Kartu Karena Hilang Atau Rusak

Inilah pentingnya kita untuk tidak tergiur dengan kartu kredit yang persyaratannya ringan sekaligus menjaga kartu kredit dengan baik. Bahkan bank seperti BCA pun dapat saja membebankan biaya ekstra untuk penggantian kartu kredit yang hilang atau rusak. Lihat saja contohnya kartu kredit Regular VISA maupun Mastercard dan Matahari Mastercard yang membebankan Rp50.000,00 per kali ganti kartu dengan alasan rusak atau hilang.

Meskipun ada kartu kredit BCA yang membebaskan biaya ganti kartu semacam ini, seperti pada kartu kredit Platinum VISA maupun Mastercard, tetap saja persyaratan aplikasinya juga tidak semudah kartu kredit yang membebankan biaya ganti kartu. Sekedar informasi, untuk prosedur penanganan kartu kredit hilang secara lebih spesifik akan dijelaskan pada artikel selanjutnya.

4. Biaya Overlimit

Biaya yang melekat pada kartu kredit satu ini dibebankan ketika kita menggunakan kartu kredit melebihi batas atau limit yang telah ditetapkan. Beberapa sumber menyebutkan kalau biaya overlimit ini adalah biaya siluman. Jika dipikir-pikir lagi, mungkin ini karena biaya overlimit dinyatakan dalam “Saldo tidak cukup” saat bertransaksi perbankan, sehingga bagi orang yang awam akan mengira kalau itu mirip dengan transaksi perbankan pada umumnya yang tidak menggunakan kartu kredit.

Adapun biaya overlimit yang dibebankan dalam kartu kredit BCA VISA maupun Mastercard adalah Rp40.000,00, kecuali BCA Platinum VISA atau Mastercard yang membebaskan biaya overlimit ini.

5. Penarikan Tunai

Satu lagi biaya yang melekat pada limit kartu kredit yang harus kita pikirkan adalah penarikan tunai yang dilakukan. Menurut tren pengguna kartu kredit yang saya amati, penarikan tunai ini biasanya terjadi saat seseorang hendak berbelanja. Beberapa kartu kredit juga berlaku untuk mesin EDC di luar negeri, maka penarikan tunai juga dapat dilakukan pada mesin-mesin EDC pembaca kartu kredit di luar negeri.

Kalau penarikan tunai itu tidak disertai dengan biaya, keuntungannya hanya akan dirasakan oleh pihak pembeli atau pemegang kartu saja. Padahal, bank sebagai penyedia jasa keuangan juga memerlukan manfaat finansial dari kartu kredit ini.

Untuk BCA dengan kartu kredit VISA maupun Mastercard apapun, biaya untuk tiap penarikan tunai adalah sebesar 4% atau maksimum Rp40.000,00 dengan pertimbangan pada limit kartu, di mana hal ini akan dijelaskan lebih lanjut pada bagian selanjutnya pada artikel ini.

6. Permintaan Copy Faktur Dan Biaya Cetak Dan Pengiriman Tagihan

Saya jadikan kedua hal ini menjadi satu karena sama-sama berfungsi sebagai tagihan dan sama-sama bersifat pengiriman yang melibatkan dokumen kertas. Ada saat di mana seseorang membutuhkan copy faktur untuk melihat sejarah tagihan dan merencanakan anggaran keuangan di bulan atau tahun berikutnya, dan ada pula saat di mana tagihan itu memiliki surat untuk dilayangkan ke alamat pemilik dengan alasan atau tujuan apapun. Untuk kedua hal ini, ada kartu kredit bank yang membebankan biaya, termasuk kartu kredit BCA.

Apapun jenis kartu kredit BCA yang dimiliki, biaya permintaan copy faktur adalah Rp30.000,00. Sementara itu, untuk mencetak dan mengirimkan tagihan kartu kredit, biaya yang dibebankan oleh pihak BCA sebagai penerbit kartu kredit adalah Rp10.000,00.

Limit Kartu Kredit BCA

1. Limit Penarikan

Sebagaimana saya telah janjikan pada poin sebelumnya, limit penarikan akan saya bahas pada bagian tersendiri, dan pada bagian ini saya akan membahas mengenai limit penarikan di dalam maupun di luar negeri yang dibebankan oleh BCA, salah satu bank penerbit kartu kredit di Indonesia.

Limit penarikan tunai kartu kredit BCA VISA maupun Mastercard adalah 40% dari limit, di mana limit yang dimaksud pada perhitungan limit penarikan tunai ini adalah limit kartu kredit per bulan.

2. Limit Kartu Kredit

Limit satu ini merupakan batas atas nominal transaksi kartu kredit yang diperbolehkan, biasanya dalam bulan. Seringkali, limit kartu kredit disebut juga sebagai pagu atas kartu kredit, di mana ketika batas ini dilanggar, para pemegang akan dikenakan biaya overlimit sebagaimana dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Untuk limit kartu kredit BCA, limitnya bervariasi antara Rp5.000.000,00 hingga Rp450.000.000,00 per bulan. Khusus kartu kredit BCA VISA Gold dan Batman, limit kartu kreditnya sekitar Rp14.000.000,00 hingga Rp19.000.000,00 per bulan. Sementara itu, kartu kredit Mastercard Silver memiliki limit Rp5.000.000,00 per bulan dan Mastercard Gold adalah Rp19.000.000,00 per bulan. Limit kartu kredit paling tinggi, yakni Rp450.000.000,00 per bulan, adalah untuk kartu kredit BCA VISA Platinum.

Itulah 8 hal yang perlu kita pertimbangkan saat mengajukan permohonan kartu kredit BCA, di mana 8 hal itu termasuk 6 macam biaya dan 2 macam limit yang berbeda-beda untuk tiap kartu kredit yang kita ajukan. Saya pikir, sudah saatnya kita memilih kartu kredit dengan bijak sesuai dengan pendapatan tahunan maupun anggaran belanja yang kita patok tiap bulan atau tahunnya. Selamat memilih kartu kredit BCA yang paling cocok untuk masing-masing diri kita.

Artikel Terkait:

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Artikel Populer

bank, dana darurat, deposito, fraud, investasi, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak KTA, modus penipuan, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.