Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tidak Dapat Membayar Tagihan Kartu Kredit?

#tidak bisa bayar #tip kartu kredit

Apa yang Harus Dilakukan Bila Anda Tidak Dapat Membayar Tagihan Kartu Kredit? Ini mungkin pertama kalinya bagi Anda memiliki sebuah kartu kredit dan Anda terlena dibuatnya. Anda sering makan di luar, berfoya-foya di akhir pekan, dan pergi berlibur ke tujuan-tujuan mahal.

Anda juga tergesa-gesa membeli sebuah ponsel pintar dambaan Anda atau menraktir kekasih Anda ke restoran yang mahal. Anda merasa bahwa kekuatan kartu kredit sudah berada dalam genggaman dan Andalah orang terkaya di dunia ini.

Namun kini Anda dihadapkan pada dilema bahwa sepertinya Anda tidak sanggup membayar tagihan tersebut. Meski Anda merasa akan dapat membayar jumlah yang Anda bayarkan saat menggunakan kartu kredit, namun tingginya bunga yang dibebankan oleh kartu tersebut dapat menaikkan jumlah tagihan Anda lebih dari yang sanggup Anda bayarkan.

Ada beberapa cara untuk tetap dapat membayar tagihan tersebut. Namun bila pada akhirnya Anda tidak mampu lagi membayar tagihan kartu kredit, ada baiknya Anda melakukan kompromi sebelum berhadapan dengan kasus hukum. Bahkan, bila jumlah hutang terlanjur besar, mengaku bangkrut bisa menjadi pilihan yang lebih baik ketimbang kalah saat menjalani kasus hukum. Bila Anda tidak tahu bagaimana caranya membayar jumlah tagihan tersebut, coba simak beberapa tips berikut ini.

Penangguhan Pembayaran

Kalau Anda hanya memiliki masalah pemasukan uang jangka pendek, Anda bisa menelepon perusahaan kartu kredit Anda dan meminta tangguhan membayar (payment holiday). Ini adalah perjanjian yang disediakan oleh perusahaan kartu kredit yang bisa membebaskan Anda melakukan pembayaran tagihan minimum yang dibutuhkan selama sebulan atau lebih. Meskipun bunga hutang Anda masih akan terus bertambah, namun Anda tidak akan ditegur karena terlambat membayar atau mendapat nota di laporan kartu kredit Anda.

Transfer Hutang

Hal ini merupakan proses penransferan hutang yang ada dari kartu Anda ke kartu kredit baru untuk mendapat bunga yang lebih rendah. Hal ini berarti kreditor Anda yang baru bersedia membayar hutang Anda terhadap kreditor sebelumnya atas nama Anda. Hutang lantas ditransfer ke kartu kredit baru hanya kini dengan bunga yang lebih rendah.

Bayar dalam Jumlah Minimum

Sebelum memberikan kartu kredit pada Anda, bank telah memastikan bahwa Anda akan mampu membayar jumlah minimum tagihan Anda nantinya, yang kira-kira sebesar 1-5 persen dari jumlah tagihan. Untuk memastikan bahwa hutang Anda tidak meningkat, berhentilah sama sekali menggunakan kartu kredit selama Anda belum sanggup membayar jumlah minimum tadi.

Negosiasi

Jika masalah kartu kredit Anda lebih substansial, bertanyalah apakah Anda bisa mengubah ketentuan pembayaran, seperti mengurangi tarif bunga atau membuat perjanjian penyelesaian. Panggil bank pemberi kredit dan rencanakan sebuah pertemuan dengan perwakilan mereka. Beranilah untuk bernegosiasi tentang status Anda saat ini. Dengan memberikan bukti pada mereka bahwa Anda memang mampu membayar kembali hutang Anda, mereka bisa memberi Anda kesempatan untuk menebusnya dengan cara mengangsur dalam jangka panjang, biasanya antara 12 hingga 60 bulan.

Anda mungkin tidak memiliki banyak hal untuk ditawarkan pada saat bernegosiasi. Namun jika pemberi kredit menganggap Anda tidak akan mampu membayar tagihan Anda, mereka pasti akan mau menerima apapun dan berapapun yang Anda tawarkan. Bila Anda menunggak pembayaran hingga beberapa bulan lamanya, kreditor mungkin akan mau mengurangi sisa tagihan Anda hingga 50% atau bahkan lebih bila Anda bisa membayar sisanya secara langsung dalam waktu singkat.

Perencanaan Manajemen Hutang

Meskipun mengurangi hutang kartu kredit Anda hingga setengahnya dapat membuat Anda “berhemat” dalam jangka panjang, namun bila Anda tidak memiliki uang tunai, negosiasi untuk menyelesaikan hutang tadi tidak akan menghasilkan apa-apa. Perusahaan manajemen hutang yang memiliki nama baik dapat bertindak atas nama Anda dan membantu Anda bernegosiasi untuk rencana pembayaran jangka panjang dengan kreditor. Di bawah ketentuan perencanaan majanemen hutang ini, kreditor Anda setuju untuk melepaskan penalti dan mungkin menurunkan tarif bunga sembari Anda membayar tagihan bulanan. Selama masa ini, kesempatan Anda untuk berhutang akan diperketat dan hal ini dapat berlangsung hingga empat tahun lamanya atau bahkan lebih.

Pailit

Mengaku pailit atau bangkrut adalah pilihan terakhir bagi Anda bila tidak dapat lagi membayar hutang atau bila kreditor Anda tidak mau lagi memberi waktu untuk membayar hutang-hutang Anda. Secara umum, kepailitan dapat menghilangkan seluruh hutang kartu kredit Anda, namun Anda akan memiliki konsekuensi finansial.

Ada dua macam pengakuan pailit: (1) bila Anda masih sanggup melunasinya, Anda bisa mengajukan pernyataan ini dan menebus hutang dalam waktu hingga lima tahun lamanya, (2) bila tidak sanggup melunasi sampai kapanpun, karena seluruh aset dan properti Anda tidak akan cukup untuk melunasi hutang, Anda dapat pula mengajukan pernyataan ini dan seluruh hutang Anda akan dihapus.

Namun, pengakuan pailit ini dapat menodai laporan kartu kredit Anda. Sehingga mengurangi, atau bahkan meniadakan, kesempatan Anda untuk mendapatkan kredit di masa depan dengan tarif yang terjangkau.

Apa yang Dapat Anda Pelajari

Kartu kredit merupakan alat yang dapat membuat Anda lebih bertanggung jawab dan lebih dewasa dalam menangani uang. Hanya karena Anda memiliki sebuah kartu kredit bukan berarti Anda dapat bertindak sembrono. Gunakan kartu kredit tersebut hanya jika Anda memerlukannya dan jangan membeli sesuatu yang jelas-jelas jauh dari jangkauan Anda. Mulailah bertanggung jawab secara finansial karena hal ini akan berujung pada stabilitas keuangan Anda. Dan berharaplah bahwa Anda akan belajar untuk lebih bijak dalam menggunakan kartu kredit Anda selanjutnya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hal-hal yang harus anda lakukan apabila tidak dapat membayar tagihan kartu kredit, semoga berguna bagi semuanya.

Artikel Populer

anak, bank, bisnis, deposito, fraud, hidup, investasi, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.