Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Belanja Lebaran dengan Kartu Kredit

Hayo, hati siapa yang tidak tergoda belanja pakai kartu kredit saat lebaran? Yap, hari besar atau akbar satu ini memang sering dimanfaatkan untuk shopaholic dalam memburu diskon-diskon belanja menggunakan kartu kredit. Mumpung masa lebaran hanya terjadi beberapa minggu, mengapa tidak belanja sebanyak-banyaknya?

Ingat, hanya karena ini juga, banyak orang menjadi tidak bijak dalam mengelola kartu kredit mereka saat hendak berbelanja. Tidak jarang tagihan pun membengkak pasca lebaran usai. Akhirnya yang belanjanya lebih-lebih pun mangkir dari tagihan, di mana tindakan ini sangatlah tidak bijaksana.

Maka, jelas jawaban dari pertanyaan “Apakah bijaksana belanja berlebihan saat lebaran?” adalah tidak, karena ini akan membawa dampak buruk bagi diri sendiri maupun orang-orang sekitar kita. Secara lebih lanjut, berikut ini saya sajikan uraian tips-tips praktis berbelanja menggunakan kartu kredit saat lebaran dan pembayaran tagihan seusai lebaran:

  • Prioritaskan Kebutuhan Pokok Terlebih Dahulu Saat Berbelanja

Meskipun kita berbelanja menggunakan kartu kredit dalam rangka libur lebaran, sikap bijaksana dalam mengelola pengeluaran itu tetap diperlukan. Bijaksana dalam mengelola pengeluaran kartu kredit dapat dimulai dari mengurutkan kebutuhan berdasarkan prioritas.

Kita telah mengenal adanya kebutuhan pokok atau primer, sekunder, dan tersier. Tiga macam kebutuhan sesuai urutannya ini memang mudah dihafalkan di luar kepala, namun prakteknya susah dilakukan. Apalagi saat libur lebaran, yang sekunder dan tersier pun bisa jadi primer.

Bukan berarti kebutuhan yang benar-benar pokok tidak dapat dipisahkan dengan yang sesungguhnya adalah sekunder atau tersier. Kita dapat membedakan ini dari segi waktu dan bentuk barangnya. Jika saat ini kita memerlukan dan limit kartu kredit belum habis, maka kita dapat membeli barang tersebut. Selain itu, makanan dan kebutuhan rumah tangga seharusnya kita dahulukan, karena hal-hal tersebut yang menunjang kebutuhan hidup kita sehari-hari. Lagipula, ada banyak penawaran terkait belanja makanan dan kebutuhan rumah tangga menggunakan kartu kredit di hari lebaran yang dapat Anda manfaatkan.

  • Bijaksanalah Dalam Memilih Penawaran

Seringkali, bukan kualitas barang yang membuat kita lapar mata saat berbelanja. Justru, berbagai macam penawaran yang tersedia dengan nilai yang kompetitif untuk kartu kredit adalah musuh terbesar siapapun yang hendak belanja hemat dengan kartu kredit. Khususnya apabila penawaran tersebut terjadi di hari lebaran.

Penawaran tidak harus diskon, tetapi juga dapat merupakan hal lain seperti cashback atau mendapat gratisan tertentu. Ada kalanya tempat yang satu menyediakan penawaran mewah dengan harga miring dan tempat lainnya juga demikian, sehingga kita bingung sendiri. Kebingungan ini ujung-ujungnya yang menjadikan tidak bijaksana dalam berbelanja saat lebaran, karena ujung-ujungnya pasti dipilih semua.

Untuk menyiasatinya, sediakan kalkulator untuk menghitung penawaran dibandingkan harga asli ke manapun Anda pergi. Di satu sisi, pastikan juga pihak yang memberikan penawaran merupakan pihak terpercaya yang tidak akan menyalahgunakan transaksi kartu kredit kita. Niscaya kita akan lebih hemat dan bijak saat berbelanja memakai kartu kredit di hari lebaran.

  • Jangan Terlalu Banyak Belanja Di Luar Negeri

Dengan biaya hidup yang luar biasa banyaknya, belanja di luar negeri terkenal dengan harganya yang sangat mahal. Bagi sebagian di antara kita, pengalaman belanja sambil mudik lebaran di luar negeri merupakan pengalaman sekali seumur hidup.

Karena merupakan pengalaman yang jarang terjadi, maka tidak jarang beberapa di antara kita “mengabadikannya”. Seringkali, upaya “mengabadikan” ini menjadi tidak bijaksana, terutama di kalangan pengguna kartu kredit.

Ingat, semakin banyak menggesek kartu kredit, semakin banyak tagihan yang dibebankan kepada kita. Apalagi kalau kita sedang berbelanja di luar negeri. Bisa-bisa, seusai lebaran, angka tagihan kita makin melonjak.

Bukan berarti tidak boleh belanja di luar negeri sama sekali, hanya saja akan lebih bijak apabila kita membatasi belanja pada barang-barang yang lebih murah di luar negeri atau barang eksklusif dalam jumlah yang sangat minim. Dengan demikian, kita dapat berlibur lebaran secara hemat di luar negeri, dengan ataupun tanpa harus terlalu banyak belanja menggunakan kartu kredit.

  • Tetap Perhatikan Deadline Pembayaran Kartu Kredit

Urusan tagihan kartu kredit memang merupakan tanggungjawab yang tidak terelakkan. Dengan kata lain, siapapun pengguna kartu kredit wajib membayar iuran kartu kreditnya secara tepat waktu sebelum tenggat waktu pembayaran.

Cara paling mudah untuk menyiasati persoalan kebijaksanaan terkait deadline pembayaran ini adalah berkomitmen untuk selalu membayar tagihan beserta bunga-bunga dan dendanya tepat waktu, kalau bisa sebelum deadline. Kalaupun harus menunggu sesudah lebaran usai, pastikan juga saat selesainya lebaran itu tidak bertepatan atau lewat dari tanggal deadline.

Jika tidak, maka kita yang harus bersiap-siap dengan skenario terburuk, yakni banyaknya surat penagihan dan orang bank yang terus meneror rumah demi membuat kita melunasi pembayaran. Kalau sudah demikian, panjanglah urusannya. Tentu kita tidak mau hal ini terjadi, maka bijaksana bagi kita untuk tetap memerhatikan deadline pembayaran kartu kredit di manapun belanja yang kita lakukan selama ataupun sesudah lebaran.

  • Jangan Sewenang-Wenang Terhadap Grace Period

Memang, grace period itu ada sebagai salah satu perlindungan atas ketidakmampuan nasabah dalam melunasi hutang-hutang kartu kredit secara lengkap. Namun hal yang perlu diingat adalah tidak semua bank memberlakukannya dan natur penggunaan grace period yang punya batas.

Jangan mentang-mentang masih berada dalam suasana lebaran lantas ingin melarikan diri dengan menggunakan grace period. Selama masih dapat membayar tagihan kartu kredit, bayarlah sebisanya.

Grace period hanya dapat digunakan saat benar-benar tidak mampu membayar, seperti cacat parah karena kecelakaan saat belanja di hari lebaran. Mudah-mudahan ini tidak terjadi pada Anda, para pembaca. Oleh karena itu, kita juga tidak boleh seenaknya sendiri dalam memperlakukan grace period dari kartu kredit, karena itu bukan tindakan yang bijaksana.

Lima poin di atas masing-masing telah menjawab pertanyaan tentang tips belanja menggunakan kartu kredit, apakah tidak bijaksana belanja berlebihan saat lebaran, dan apakah bijaksana membayar tagihan belanja setelah lebaran. Dengan memerhatikan kelima poin ini dan mempraktekkannya, kita selangkah lagi berhasil menjadi orang bijaksana dalam berbelanja menggunakan kartu kredit di hari lebaran.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip-tip belanja lebaran dengan kartu kredit, semoga bermanfaat.

 



Bolehkah Transaksi Menggunakan Kartu Kredit Orang Lain?
Tip Penggunaan Kartu Kredit Saat Travelling Ke Luar Negeri
Cara Pasang Iklan di Facebook tanpa Kartu Kredit
Orang Kaya Memakai Kartu Kredit? Kenapa Tidak Bayar Tunai?
Yang Harus Dilakukan Ketika Terlambat Bayar Kartu Kredit
Cara Aman Memakai Kartu Kredit Di Pusat Perbelanjaan
Transaksi dengan VCC (Virtual Credit Card) dan VCN (Virtual Credit Number)
Waspadai Kejahatan terhadap Pengguna Kartu Kredit!
Kartu Kredit dari BCA
Cara Membuat Kartu Kredit Tanpa Slip Gaji


Bagikan Ke Teman Anda