Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Finansial Mengatur Keuangan Terbaik yang Harus Kamu Ketahui

Memiliki kehidupan finansial yang sehat tentu merupakan idaman bagi semua orang. Tapi bagaimana cara meraihnya? Kami hadir dengan jawaban-jawaban terbaik untuk Anda.

1. Fokus pada strategi hidup Anda, lalu pilih taktik untuk mendukungnya

Ilustrasinya adalah seperti saat Anda ingin mencapai suatu titik dalam perjalanan wisata Anda. Ketika Anda sudah menetapkan tujuan, maka akan semakin mudah untuk pergi ke sana.

Demikian pula dalam hal finansial, sangat penting untuk memahami apa yang menjadi prioritas hidup Anda selama ini. Setelah itu, Anda dapat mencari langkah-langkah taktis untuk menuju ke sana.

2. Berpikirlah jangka panjang

Menciptakan suatu nilai akan membutuhkan waktu, usaha, dan juga perancanaan. Merencanakan dan melakukan sejumlah penelitian di awal akan memberi banyak keuntungan di sisi finasial dibanding memulainya di detik-detik akhir.

3. Jangan hanya menghemat, tapi hasilkan lebih banyak

Anda tidak perlu banyak menghemat untuk keperluan yang sifatnya mendasar. Tapi yang perlu Anda pertimbangkan adalah bagaimana Anda bisa mendapatkan lebih banyak uang untuk mencukupi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Bahkan akan menjadi lebih baik jika Anda meningkatkan kebutuhan, dengan demikian, Anda pun akan berusaha mendapatkan lebih.

4. Simpan sebelum Anda menghabiskannya

Sekali lagi ini bukan tentang berhemat atau “diet finansial”, namun yang perlu diakui bersama adalah kecenderungan manusia menghabiskan uang untuk berbelanja. Padahal, ada banyak barang yang bisa dibeli, namun tidak bisa ditampung seluruhnya di rumah kita.

Maka yang terbaik adalah sisihkan beberapa persen dari pendapatan Anda untuk disimpan sebelum Anda pergi membelanjakannya.

5. Kenali dana darurat

Banyak orang mengabaikannya dan menganggap menabung untuk dana darurat adalah sebuah “pemborosan” yang sia-sia. Alih-alih mengandalkannya sebagai pertolongan pertama, mereka malah beralih ke kartu kredit untuk hal-hal bersifat mendesak.

Kami tidak mengharamkan kartu kredit, namun Anda tahu sendiri konsekuensi dari penggunaannya dalam jangka waktu panjang.

6. Gunakan kartu kredit dengan bijak

Yup, seperti yang kami sampaikan di atas, Anda tidak perlu meninggalkan kartu kredit sepenuhnya, bagaimanapun kartu kredit adalah teknologi keuangan yang harus Anda kuasai. Ingat, menguasai bukan berarti Anda bisa menggunakannya dengan ceroboh, namun menguasainya juga berati mengontrol diri sendiri untuk menggunakannya secara tepat dan bijaksana.

7. Pelajari cara tepat berinvestasi

Jangan pernah berinvestasi saat Anda belum siap. Ketika Anda memiliki kekayaan yang cukup untuk berinvestasi, jangan pernah pula berinvestasi lebih dari 2 % dari kekayaan Anda pada satu titik saja.

Seiring berjalannya waktu, Anda bisa melihat investasi mana yang berhasil dan mana yang harus ditinggalkan. Tingkatkan nilai investasi pada bagian yang mendatangkan keuntungan lebih.

8. Tempatkan diri Anda pada lingkungan yang suportif

Tempat paling nyaman untuk berkembang adalah tempat yang dekat dengan orang-orang yang menyayangi dan perduli pada kehidupan Anda. Hindari pergaulan yang merusak, tinggalkan orang-orang yang suka menjatuhkan diri dan impian Anda.

Percayalah pada diri serta kemampuan Anda. Dengan berbekal dukungan dari orang-orang sekitar, tidak mustahil Anda akan menjadi orang yang berhasil.

9. Status karyawan atau pengusaha bukanlah hal utama

Banyak orang menyarankan untuk keluar dari pekerjaan utama Anda dan merintis usaha milik Anda sendiri. Namun yang perlu diketahui adalah, membangun sebuah usaha bukanlah hal yang mudah, sekalipun Anda mendapat banyak pengalaman di perusahaan lama Anda.

Adalah lebih baik menjadi karyawan yang berprestasi dan berpenghasilan tinggi dari pada menjadi pengusaha yang gagal.

10. Jangan pernah lewatkan fasilitas gratis

Ada banyak fasilitas gratis yang bisa Anda dapatkan baik itu dari kantor atau dari pemerintah, semisal jasa pengobatan atau beasiswa pendidikan. Manfaatkan itu dengan baik, sekalipun prosedur yang dibutuhkan akan jauh lebih rumit jika dibandingkan dengan membayar secara pribadi. Namun Anda akan melihat berapa banyak uang yang bisa Anda kumpulkan untuk mewujudkan impian lainnya.

11. Kejar diskon untuk barang-barang yang Anda incar

Ketika ingin membeli sesuatu, sebaiknya Anda menunggu beberapa saat untuk mendapatkan sejumlah diskon. Bila perlu, dapatkan kupon atau voucher pembelian sebelum Anda melangkah ke toko atau mall favorit.

12. Sederhanakan bunga pinjaman Anda

Jika Anda memiliki banyak pinjaman dan Anda sudah muak dengan bunga-bunga yang mencekik tersebut, maka ini saatnya Anda menyederhanakannya. Ambil pinjaman lebih besar dengan bunga yang jauh lebih ringan. Tutup hutang-hutang yang lebih kecil lainnya, Anda pun bisa fokus membayar satu cicilan saja.

13. Pelajari cara mengelola “rejeki nomplok”

Siapa tahu Anda tiba-tiba saja menang lotre, perusahaan Anda memberi bonus akhir tahun 2 kali lipat karena keuntungan yang besar, atau Anda menerima warisan dari orang tua.

Sebelum Anda pergi dan membelanjakan “uang gratis” tersebut, pertimbangkanlah untuk menyimpan setidaknya 1-2 % darinya. Kebanyakan yang terjadi, 50 % uang yang berasal dari rejeki  nomplok akan hilang dalam sekejap saja.

Aturan ini akan mencegah Anda mengambil keputusan impulsif seperti membeli mobil baru atau keperluan lainnya dan kehilangan seluruh uang Anda.

14. Selalu mengucap syukur dan berbagi

Praktikkan ucapan syukur di setiap hari. Baik untuk pencapaian yang telah Anda terima, maupun untuk pencapaian di masa depan. Sesekali ajak keluarga atau teman makan bersama, atau undang mereka datang ke rumah dengan pesta kecil-kecilan sebagai bentuk penghargaan Anda pada mereka.

Jika ada uang lebih, Anda bisa mengunjungi panti asuhan atau panti jompo terdekat dan membagikan apa yang bisa Anda berikan. Mendatangi orang-orang yang kurang beruntung hidupnya akan merubah banyak perspektif Anda tentang hidup.

Mengucap syukur dan beramal akan membantu kita selalu bersikap positif.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip finansial mengatur keuangan terbaik, semoga beranfaat bagi Anda semua.



Agar Bisa Menabung, Hindari Beli Barang Berikut
Jangan Beli Jenis Barang Ini dalam Kondisi Baru
Mengapa Kita Harus Membawa Uang Tunai?
Redenominasi Rupiah, Bagaimana Seharusnya Masyarakat Menyikapinya?
Trik Menghemat Uang Saat Traveling
Tempat untuk Topup E-money
5 Kebiasaan Soal Uang Ini Akan Membuat Anda Jadi Kaya
Apa Itu Wealth Management?
Kebutuhan yang Seharusnya Harganya Tidak Sampai 1 Juta
Apakah Keuangan Anda Sudah Siap saat Keadaan Darurat?


Bagikan Ke Teman Anda