Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Ketika Menunggak Kartu Kredit

#hutang kartu kredit #menunggak kartu kredit #tip kartu kredit

Berdasarkan  data  Asosiasi  Kartu  Kredit  Indonesia  (AKKI), hingga  April  2016 tercatat  telah beredar  sejumlah 16.896.126 kartu kredit. Jumlah tersebut  mengalami kenaikan sebesar 37,8 % dari  tahun  2009  dengan  jumlah  kartu  kredit  yang  beredar  sejumlah  12.259.295.  Meski  sering disebut  sebut  sebagai ‘kartu  setan’lantaran  sering  menggoda  pemiliknya  untuk  menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi, nyatanya kenaikannya cukup signifikan bukan?

Hal  tersebut  tentu  saja  bukan  tanpa  sebab,  kebutuhan financial yang  semakin  tinggi  seiring waktu  berjalan,  serta  promo – promo  yang  ditawarkan  juga  ikut  mempengaruhi  orang  untuk mengajukan  kartu  kredit.  Meski  terbilang  cukup  mempermudah  dalam  bertransaksi  nyatanya perilaku konsumtif acap kali  jadi  momok  yang tak bisa dihindari hingga suatu saat Anda terlilit hutang kartu kredit dan tak mampu membayarnya.

Dalam  artikel  kali  ini,  Kita  akan  sedikit  banyak  membahas  tips yang  bisa  Anda  lakukan  jika terbelit  hutang  kartu  kredit.  Dengan  catatan, tunggakan  yang  belum  Anda  bayar  hanya  berkisar satu  atau  dua  bulan.  Biasanya  pihak  bank  akan  melakukan  cara apapun  agar  dana  yang dipinjamkan  pada  nasabahnya  dapat  dikembalikan  ke  pihak  bank.  Disinilah  waktunya  Anda bernegosiasi dengan bank untuk mencari solusi., langsung saja, simak tips berikut ini bagi Anda yang ingin negosiasi perihal tunggakan tagihan:

Tentukan Solusi yang Tepat untuk Permasalahan Financial Anda

Sekedar   informasi,   setiap   bank   memiliki   kebijakan   masing   masing terkait nasabah   yang menunggak  tagihan  kartu  kredit.  Memang  untuk  mencapai  kata  sepakat  terbilang  cukup  sulit lantaran  pihak  bank  pasti  akan  meminta  Anda  untuk  selalu  melunasi  seluruh  tagihan  berikut bunga  yang  besar. Namun,  setidaknya  ada  tiga  solusi  untuk  mengatasi  permasalahan  yang  saat ini sedang Anda derita. yakni :

  • Discount pelunasan hutang

Pihak bank biasanya akan mengusahakan berbagai cara agar nasabah kartu kreditnya bisa mengembalikan  dana  yang  dipinjamkan. Jika Anda berniat untuk negosiasi tunggakan tagihan  kartu  kredit, salah satu solusinya adalah meminta discount pelunasan hutang. Discount tersebut dapat berupa penghilangan biaya penalty atau pemotongan bunga hingga 50%.

  • Menurunkan suku bunga

Suku bunga kartu kredit yang terbilang cukup besar terkadang membuat Kita kewalahan ketika membayar kartu kredit hanya minimum payment nya saja. Sementara bunga setiap bulan semakin berkembang. Salah satu solusinya, Anda bisa negosiasi dengan menurunkan suku bunga. Biasanya dari pihak bank akan menawarkan keringanan suku bunga mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.

  • Debt Structuring & Debt Rescheduling

Jika solusi pertama dan kedua ditolak oleh pihak bank, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah meminta pengurangan tagihan atau yang biasa disebut dengan Debt Structuring. Selain debt structuring Anda juga bisa meminta penundaan tagihan atau yang biasa disebut dengan debt rescheduling, biasanya permintaan ini hanya akan dipenuhi oleh pihak bank jika Anda dengan keadaan jobless atau tanpa pemasukan untuk jangka waktu tertentu. Debt rescheduling memungkinkan Anda untuk mebayar sejumlah tagihan dengan lama periode tertentu sesuai kesepakatan dengan pihak bank. Namun yang harus Anda perhatikan adalah kartu kredit Anda akan dalam keadaan non-aktif. Secara logika hal tersebut dilakukan oleh pihak bank agar Anda tidak menggunakan kartu kredit kembali sementara tagihan Anda belum terbayar lunas.

Namun kembali lagi, pihak bank hanya akan membantu jika Anda mengutarakan permasalahan yang sedang menimpa Anda secara jelas. Jadi jangan heran jika pihak bank justru akan menolak permintaan Anda lantaran informasi yang Anda berikan tidak benar, alih-alih hanya meminta keringanan tunggakan sementara Anda seharusnya masih mampu membayar.

Buatlah Financial Planning Anda Secara Sederhana untuk Jangka Panjang

Sebelum Anda mulai menghubungi pihak penagihan bank penerbit kartu kredit, ada baiknya Anda melakukan financial planning secara sederhana untuk jangka panjang. Terutama bagi Anda yang sedang dalam keadaan jobless atau tidak memiliki pemasukan sama sekali. Hal ini akan mempengaruhi keputusan yang Anda ambil saat bernegosiasi dengan pihak bank penerbit kartu kredit.

Katakanlah Anda tidak dalam keadaan jobless atau dalam artian Anda masih bekerja di sebuah perusahaan. Yang harus Anda pikirkan adalah berapa jumlah dana yang bisa Anda sisihkan untuk membayar kartu kredit. Selain menyisihkan dana untuk membayar kartu kredit yang harus selalu Anda perhitungkan adalah terkait kebutuhan darurat yang bisa sewaktu-waktu menghampiri Anda. Hal tersebut untuk mengantisipasi dana yang seharusnya untuk membayar kartu kredit justru Anda pakai untuk kebutuhan darurat.

Jika hal tersebut terjadi, negosiasi yang Anda lakukan dengan pihak bank akan berujung sia-sia lantaran bunga bank yang diberikan dari pihak bank akan berlipat lipat karena inkonsistensi Anda sendiri.

Mulailah Proses Negosiasi

Langkah terakhir yang harus Anda lalui adalah menelpon bagian penagihan bank penerbit kartu kredit Anda, bukan pada customer service. Hal tersebut dikarenakan otoritas pengaturan penagihan di sejumlah bank rata-rata hanya ditangani oleh pihak penagihan, bukan customer service yang biasa Anda telepon untuk menanyakan mutasi rekening tabungan dan lain sebagainya.

Perhatikan nomor telepon ekstensi, nama petugas penagihan, dan jangan lupa pula catat poin-poin yang sedang Anda negosiasikan dengan pihak bank. Utarakan semua yang menjadi masalah Anda, kesampingkanlah rasa gengsi untuk sementara waktu jika Anda memang masih memiliki itikad baik untuk membayar kartu kredit. Bank yang baik tidak akan menekan nasabah untuk membayar seluruh tagihan tanpa terkecuali jika memang Anda menyampaikan niatan yang positif.

Nah, demikianlah beberapa poin yang harus Anda lakukan sebelum dan ketika Anda bernegosiasi terkait tunggakan tagihan kartu kredit yang Anda miliki. Cukup sulit memang untuk menemui jalan tengah permasalahan, namun jika Anda mengutarakan niat dengan baik, pihak bank pun akan menyambutnya dengan tangan terbuka. Semoga beruntung!

Artikel terkait

Demikianlah beberapa tip yang bisa dilakukan ketika menunggak kartu kredit, semoga bermanfaat.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.