Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Kredit Mobil Agar Cepat Disetujui

#kredit mobil #tip kredit

Memiliki mobil pastinya menjadi salah satu daftar keinginan yang ingin dipenuhi oleh setiap keluarga. Mobil dapat meningkatkan status sosial seseorang dan memudahkan seluruh anggota keluarga untuk bepergian bersama-sama. Selain itu, Anda dapat terhindar debu, panas dan hujan yang mengganggu kesehatan.

Harga mobil yang terbilang mahal berkisar Rp80 hingga Rp100 jutaan, bahkan ada mobil mewah yang harganya di atas angka Rp200 juta hingga miliaran rupiah, bisa mengurungkan niat untuk membelinya. Untungnya, sekarang ini fasilitas kredit mobil yang disediakan oleh lembaga pembiayaan seperti leasing dan bank dapat membantu Anda.

Tentunya sejumlah syarat harus dipenuhi agar aplikasi kredit mobil disetujui. Tip-tip berikut ini bisa membantu mewujudkan keinginan Anda untuk segera memiliki mobil secara kredit:

1. Penghasilan

Faktor penghasilan bisa dibilang menjadi kunci pertama kredit mobil disetujui. Pihak leasing menyukai penghasilan tetap yang berasal dari pekerjaan tetap atau penghasilan yang besar meskipun datang dari pekerjaan freelance ataupun wirausaha. Penghasilan tetap menggambarkan Anda akan menjadi debitur yang mampu membayar cicilan secara konsisten setiap bulan, sedangkan penghasilan yang besar memperlihatkan kemampuan Anda dalam menabung atau mengambil tenor yang pendek.

2. Mobil pilihan yang sesuai dengan penghasilan bulanan

Salah satu cara mempercepat permohonan aplikasi kredit mobil disetujui adalah jika Anda pandai memilih mobil. Dalam memilih, sesuaikan dengan jangkauan penghasilan bulanan Anda. Jangan memilih mobil mahal jika penghasilan bulanan Anda hanya berjumlah standar. Bersikaplah realistis agar potensi kredit macet bisa diminimalkan. Leasing suka dengan debitur yang berpotensi melunasi cicilan. Berpikirlah seolah Anda berada di pihak leasing.

Selain penghasilan, tentu pemilihan mobil juga disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika anggota keluarga berjumlah lebih dari 5 orang, pilihlah mobil keluarga yang berkapasitas hingga 8 orang. Dengan begitu, Anda dapat mengangkut seluruh anggota keluarga saat bepergian.

3. Rekening pribadi yang sehat

Rekening bank yang sehat bukan berarti berpenghasilan besar, tetapi meninggalkan surplus aktif atau berimbang setiap bulannya. Besarnya surplus aktif bisa terbaca pada rekening pribadi yang Anda serahkan ke pihak leasing. Dengan memiliki surplus aktif meskipun hanya dalam jumlah sedikit, diasumsikan Anda memiliki sedikit simpanan untuk menutupi pengeluaran tambahan. Pemasukan juga diasumsikan masih dapat berkembang dari sumber-sumber lain, misalnya lemburan dan usaha sampingan.

4. Persyaratan administrasi yang lengkap dan sinkron

Melengkapi dokumen administrasi seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), surat keterangan bekerja dan dokumen lainnya yang diminta merupakan persyaratan standar yang wajib dipenuhi. Leasing akan melakukan pengecekan data-data Anda dan melakukan survei ke rumah Anda. Pastikan seluruh dokumen cocok, terverifikasi dan sesuai dengan domisili Anda.

5. DP

Uang muka atau down payment (DP) ikut menentukan persetujuan lembaga leasing. DP yang harus dibayar berkisar 20-30 persen. Semakin besar DP yang sanggup Anda bayar, maka kemungkinan kredit mobil disetujui juga semakin besar.

Penjelasannya karena membayar DP besar berarti mengurangi risiko kredit macet yang dapat merugikan leasing di kemudian hari. Bagi Anda, besarnya DP juga menguntungkan karena Anda bisa lebih fleksibel dalam menentukan nilai tenor dan bunga.

6. Bunga dan tenor

Profil menjadi orientasi leasing dalam menyediakan jasa pembiayaan kredit mobil. Tidak heran jika pada umumnya bunga yang ditawarkan pun menjadi sangat besar. Seringkali tenor yang pendek tidak menjadi terlalu berpengaruh dalam menekan jumlah bunga yang harus dibayar. Pihak leasing telah menghitung besaran bunga tertentu yang harus diperoleh yang disesuaikan dengan inflasi.

Sebagai contoh, mobil dengan harga Rp100 juta memiliki rincian sebagai berikut:

Uang muka : Rp20.000.000 atau 20% (belum termasuk biaya asuransi, provisi dan administrasi)

Cicilan tenor 1 tahun : Rp7.134.000
Perhitungan total cicilan : Rp7.134.000 x 12 bulan = Rp85.608.000

Cicilan tenor 5 tahun: Rp1.800.000
Perhitungan total cicilan: Rp 1.800.000 x 60 bulan = Rp108.000.000

Dari perhitungan di atas, kita bisa menganalisa jika utang pokok yang harus dibayar adalah Rp80 juta dengan perbedaan sekitar Rp23 juta antara tenor 1 tahun dan 5 tahun.

Perhitungan bunga di atas adalah perhitungan yang pada umumnya berlaku. Namun, Anda mungkin menemukan penawaran yang lebih kompetitif di leasing tertentu atau pada situasi tertentu. Lakukanlah simulasi agar menjadi jelas berapa bunga yang harus Anda bayar.

Dengan kondisi perhitungan di atas, pihak leasing tentunya sangat mempertimbangkan calon debitur yang memilih tenor yang lebih pendek karena risiko kredit macet lebih kecil. Namun, jika Anda memiliki penghasilan tetap dan kondisi finansial yang meyakinkan, memilih tenor lebih panjang lebih menguntungkan Anda. Bagi Anda yang berstatus sebagai pekerja freelance dengan penghasilan yang besar, pilihlah tenor yang lebih pendek.

Nah, itulah cara yang dapat Anda lakukan agar permohonan cicilan mobil lebih cepat disetujui. Sebagai tip terakhir, cobalah melakukan survei ke leasing-leasing terdekat dan terpecaya. Tinggalkan kontak Anda sehingga mereka lebih mudah menghubungi Anda ketika ada penawaran baru. Seringkali, kesempatan memiliki mobil justru datang saat pihak leasing yang memberikan penawaran. Oleh karena itu, dibutuhkan sikap yang tidak terburu-buru.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang beberapa tip kredit mobil agar cepat disetujui, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, bank, bisnis, deposito, fraud, hidup, investasi, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.