Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Melunasi Kartu Kredit dengan Cepat

#tip kartu kredit

Kartu kredit yang digunakan secara sembrono dapat menimbulkan jeratan hutang. Tapi kartu yang sama, bila digunakan secara bijak, sebenarnya dapat menopang kebutuhan finansial Anda dan memberi kesempatan bagi Anda untuk mengatur keuangan.

Berikut 10 cara cerdas untuk menghindari menumpuknya hutang kartu kredit dan bagaimana mengatur jumlah kartu yang Anda miliki:

1. Pertimbangkan fasilitas transfer hutang

Bila Anda terlanjur terjebak dalam lingkaran hutang, pilihan untuk menransfer hutang atau tagihan Anda dari satu kartu ke kartu lainnya adalah pilihan terbaik bagi Anda. Transfer hutang mengizinkan Anda untuk memindahkan hutang dari satu atau beberapa kartu ke kartu lainnya. Hal ini akan memberikan Anda keringanan dari hutang selama sementara waktu. Bank kedua dapat memberikan Anda periode bebas hutang hingga 90 hari lamanya agar lebih leluasa menebus hutang. Saat periode tersebut habis, bunga normal akan diterapkan pada pemegang kartu.

2. Ubah bentuk pembayaran menjadi EMI

Bila Anda tidak sanggup membayar hutang kartu kredit Anda yang jumlahnya telah menggunung, bicaralah pada bank Anda dan minta mereka untuk mengubah jumlah tagihan Anda menjadi EMI (Equated Montly Installment). EMI adalah jumlah pembayaran tetap yang dilakukan debitur pada kreditor setiap bulannya pada tanggal tertentu. EMI digunakan untuk membayar tagihan dan bunga setiap bulannya, bisa jadi selama beberapa tahun yang telah ditentukan, hingga tagihan lunas.

Pihak bank tentunya akan memberikan bunga bulanan sebesar 2-3 persen untuk memfasilitasi EMI Anda ini. Belum lagi biaya pemrosesannya yang berkisar antara 1-2 persen jumlah hutang Anda.

3. Bayar hutang-hutang yang memiliki bunga tertinggi lebih dulu

Hal ini yang biasanya dilupakan oleh kebanyakan orang. Kalau Anda memiliki hutang pada lebih dari satu kartu, Anda akan cenderung memilih membayar yang tanggal jatuh temponya paling dekat. Hal ini merupakan taktik yang salah. Selesaikan dulu hutang pada kartu yang memiliki bunga tertinggi. Dengan begini, Anda akan mengurangi bunga total sejak kartu tidak dibayar karena tarif bunga yang tinggi akan mempercepat akumulasi bunga Anda secara keseluruhan.

4. Hubungi perusahaan kartu kredit Anda

Bila Anda tidak sanggup membayar hutang-hutang Anda karena masalah finansial, akibat kehilangan pekerjaan atau masalah pribadi lainnnya misalnya, bunga hutang Anda akan terus menumpuk. Hal ini justru akan mempersulit Anda untuk menebus hutang di kemudian hari. Jadi ada baiknya Anda bicara pada bank yang mengeluarkan kartu kredit dan jelaskan situasi Anda saat ini. Bila Anda jujur, bank mungkin akan memberi kelonggaran atau bahkan memberikan bantuan sementara pada Anda.

5. Manfaatkan periode bebas bunga

Cara terbaik untuk mengatur kartu Anda adalah dengan mengambil manfaat semaksimal mungkin dari “periode libur” ini. Bergantung pada siklus tagihan dan tanggal saat Anda melakukan pembelanjaan, Anda dapat menikmati periode bebas bunga dari kartu Anda hingga 50 hari lamanya. Jadi bila Anda mengalami masalah finansial temporer, buatlah pembelian terencana di kartu Anda sehingga Anda dapat menikmati “periode libur” ini secara maksimal dan menghindari pembayaran bunga.

6. Bayarkan lebih dari jumlah minimum

Membayar dalam jumlah minimum adalah cara praktis yang sering dilakukan oleh banyak pemegang kartu kredit. Jumlah hutang yang terus menumpuk adalah masalah yang membuat para debitur terjebak dalam lingkaran hutang. Ingat, kartu kredit memiliki suku bunga tertentu dan membayarkan tagihan dengan jumlah minimum hanya akan mengakumulasikan jumlah hutang Anda secara signifikan.

7. Pertimbangkan fasilitas pembayaran otomatis

Karena kartu kredit memiliki suku bunga dan akan memberi denda bila Anda terlambat membayar, memilih fasilitas pembayaran otomatis sangat dianjurkan untuk menghindari keterlambatan pembayaran. Dengan cara ini, jumlah tagihan akan memotong saldo tabungan Anda secara otomatis tiap bulannya dan Anda tidak perlu khawatir akan melewati jatuh tempo pembayaran, apalagi bila Anda sering bepergian dan kesulitan mendapatkan akses pada bank Anda.

8. Perhatikan siklus tagihan Anda

Untuk memanfaatkan periode bebas tagihan secara maksimal tadi, pastikan bahwa Anda tahu siklus tagihan Anda (billing cycle). Contohnya, bila kartu kredit Anda menawarkan periode bebas hutang selama 30 hari, hal ini tidak dimulai pada hari di mana Anda melakukan pembelanjaan, tapi dari hari pertama siklus tagihan bulanan.

Jadi misalnya, bila periode tagihan dimulai pada tanggal 10 setiap bulannya, segala pembelanjaan yang Anda lakukan pada tanggal 9 membuat Anda memiliki celah satu hari bebas bunga. Sedangkan segala pembelanjaan pada tanggal 11 memberi Anda periode bebas bunga selama 29 hari. Mengetahui siklus tagihan ini dapat membantu Anda merencanakan pembelian dan mengatur pembayaran kartu Anda.

9. Batasi jumlah kartu kredit Anda

Anda mungkin akan mendapatkan tawaran pembuatan kartu kredit baru dari para sales yang mengunjungi kantor Anda, atau dari berbagai bank yang mengirimi penawaran pada Anda melalui surat. Hal ini memang nampak menggiurkan dan Anda tidak bisa memungkiri bahwa kartu kredit kini merupakan aksesoris finansial yang menarik. Tapi memiliki beberapa kartu kredit akan meningkatkan risiko Anda untuk jatuh pada jebakan hutang karena terlewatnya jatuh tempo pembayaran. Terlebih lagi, kebijakan “beli kini bayar nanti” dapat mengiming-imingi Anda yang bijak sekalipun dalam mengatur keuangan untuk berbelanja berlebihan dan membuang-buang uang pada hal yang tidak penting.

10. Periksa tagihan Anda

Bila Anda adalah salah satu dari sekian banyak pengguna kartu kredit yang tidak pernah memeriksa lembar tagihan bulanannya, bisa jadi Anda akan terkejut. Mungkin ada beberapa macam tagihan yang dipungut oleh bank atau terkadang transaksi yang keliru yang dapat meningkatkan jumlah tagihan Anda. Bahkan mungkin ada transaksi curang yang dilakukan oleh oknum tertentu yang memiliki nomor PIN atau akses pada kartu kredit Anda. Hal-hal ini dapat mendorong Anda masuk dalam lingkaran setan hutang.

Kartu kredit adalah alat finansial yang amat baik bila digunakan secara bijak dan cerdas. Dan dengan mengikuti tips yang dituliskan di atas, Anda dapat memastikan bahwa pembayaran kartu kredit dilakukan dengan sesegera mungkin, sehingga menurunkan kemungkinan Anda untuk menghadapi malapetaka finansial.

Artikel Terkait

Demikianlah beberapa tip melakukan pelunasan tagihan kartu kredit dengan cepat, semoga berguna bagi kita semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, Indonesia, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kesalahan, kredit konsumsi, kredit tanpa agunan, menabung, menghitung, orang kaya, Redenominasi, rugi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.