Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Memanage Keuangan untuk Pasangan LDR (Long Distance Relationship)

#manage keuangan #pasangan LDR

Menjalani kehidupan berumah tangga di tempat yang berbeda satu sama lain tentulah bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Dan pastinya akan ada begitu banyak kendala yang menyertainya termasuk salah satunya dalam mengelola keuangan.

Pasangan yang tinggal serumah saja belum tentu bisa memanage keuangannya dengan baik apalagi pasangan LDR. Mungkin anggapan tersebut memang benar adanya namun bukan berarti hal tersebut mustahil dilakukan.

Sama halnya seperti ketika pasangan masih bekera dan tinggal serumah, memanage keuangan untuk pasangan LDR atau jarak jauh pun sebenarnya tak jauh berbeda.Namun memang ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi salah paham. Simak tips selengkapnya berikut ini.

1. Buat Rencana Keuangan Bersama dengan Jelas

Baik hidup bersama maupun tinggal berjauhan membuat rencana keangan dengan jelas merupakan sesuatu yang amat penting. Terlebih lagi bagi pasangan LDR, hal ini menjadi penting karena tujuan harus menjalani LDR sendiri tentu karena ingin mendapatkan penghasilan yang lebih layak untuk keluarga.

Jangan sampai kondisi LDR membuat fokus dan tujuan keuangan menjadi kabur karena hal yang tidak mendasar. Hal ini mencakup setiap pengeluaran dan biaya seluruh kebutuhan hidup untuk kedua pasangan.

Jika hanya salah satu yang bekerja maka buat rencana keuangan yang jelas, termasuk berapa nominal yang harus dikirimkan untuk biaya hidup pasangan, berapa biaya hidup per bulan untuk diri sendiri dan berapa besar tagihan hutang yang harus dibayarkan setiap bulan (bila ada).

Mengaturnya dengan jelas dan terperinci akan membantu anda mengatur keuangan dengan lebih baik saat menjalani LDR.

2. Kompromi dan Diskusi

Pasangan menikah memang harus memiliki sikap kompromi yang baik dan bukannya mengedepankan ego pribadi. Karena dalam kehidupan pernikahan tidak seharusnya ada ego pribadi termasuk dalam mengelola keuangan.
Kompromikan dan diskusikan dengan jelas dan baik siapakah yang harus memegang dan mengatur keuangan. Diskusikan pula seberapa porsi dan peranan masing-masing dalam mengelola keuangan keluarga tersebut.

Putuskan bagaimana dalam mengatur keuangan bersama, perlukah membuat tabungan bersama atau harus dipisah. Jangan sampai ada sesuatu yang masih disembunyikan, sampaikan apabila ada keinginan yang belum tersampaikan.

Dengan kompromomi dan diskusi yang intens, mengatur keuangan untuk pasangan LDR bukan lagi persoalan yang besar.

3. Sikap Saling Percaya dan Terbuka dalam Mengelola Keuangan

Tak hanya penting untuk menjaga hubungan dengan pasangan, sikap saling terbuka dan percaya pun juga penting dalam mengatur keuangan bersama. Saat tinggal berjauhan, tentu ada hal-hal yang tidak bisa diputuskan bersama secara langsung.

Dan hal ini yang terkadang menimbulkan perselisihan yang kemudian memicu pertengkaran. Bila tidak ada sikap dan rasa saling terbuka dalam hal apapun keinginan untuk mengelola keuangan dengan lebih baik tidak akan bisa terlaksana. Dan untuk membangun rasa saling percaya, diperlukan komunikasi yang lancar dan terbuka.

4. Berhemat dan Buatlah Anggaran Belanja dengan Tepat

Menjalani kehidupan rumah tangga LDR membuat semua pengeluaran bulanan untuk kebutuhan hidup secara mendasar menjadi lebih besar. Dan hal ini akan memakan biaya yang juga lebih besar, untuk itu batasi diri agar tidak boros.

Ada baiknya buatlah anggaran belanja secara terpisah, dan sesuaikan dengan kebutuhan hidup masing-masing. Pilah dan pilih biaya-biaya dan pengeluaran serta hindari yang tidak perlu. Misalnya seperti gunakan operator selular yang sama untuk meminimalisir tagihan telepon.

5. Pertimbangkan Kapan Waktu Bertemu

Menjalani hubungan LDR saat sudah berumah tangga memang memiliki tantangan tersendiri. Jarak yang jauh terkadang membuat keinginan untuk bertemu menjadi besar. Bila jarak antara kota tempat tinggal anda dan pasangan tidak terlalu jauh, pulang sesekali bukan menjadi masalah.

Tapi lain halnya jika jaraknya cukup jauh dan memerlukan biaya yang tidak sedikit, tentu ini akan menimbulkan persoalan baru. Akan lebih baik bila mengatur rencana kunjungan atau pulang ke rumah dengan melihat situasi dan kondisi keuangan yang ada.

Jangan sampai mengorbankan kepentingan yang lebih besar hanya untuk memenuhi ego ingin bertemu. Kembali ke sikap saling kompromi dan utamakn diskusi bersama, dan pilih waktu dan kondisi yang tepat agar keinginan bisa terpenuhi tanpa harus menyiksa diri.

6. Manfaatkan Peluang

Jadilah seseorang yang tanggap akan sebuah peluang, apapun itu ketika bisa melihat peluang dengan baik maka semua akan terasa lebih mudah. Misalnya seperti gunakan diskon atau potongan harga ketika ada promo.

Gunakan member card, untuk hal-hal mendasar seperti belanja kebutuhan rumah. Pertimbangkan untuk mencari tempat tinggal dengan biaya yang murah.

Intinya pintar-pintarlah dalam memilih dan memanfaatkan peluang, dan jangan biarkan diri berpangku tangan dan diam dengan keadaan. Selalu berpikirlah secara kreatif, sebab hidup bukan perkara yang mudah.
Kesimpulan

Memiliki hubungan LDR dan mengelola keuangan nyamemang bukan perkara yang mudah tetapi bukan juga sulit untuk dijalani. Hal yang penting dalam menjalaninya ialah rasa saling percaya dan sikap terbuka. Tanpa adanya kedua pondasi tersebut akan sangat mustahil bisa mengelola keuangan dengan baik. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip memanage keuangan untuk pasangan LDR , semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Daftar Gaji Fresh Graduate (Lulusan Baru) Tahun 2018
Investasi Bodong? Laporkan ke Satgas Waspada Investasi!
Prinsip 5C dan 7P dalam Pemberian Kredit di Lembaga Keuangan/Bank
Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2018
Review Sekilas tentang Koinworks.com
Review Sekilas tentang Amartha.com
Review Sekilas tentang Modalku.co.id
Review Sekilas tentang Investree.id
Anggaran, Kunci Sukses Perencanaan Keuangan Anda
Evaluasi Kesehatan Keuangan Anda? Ini Dia Caranya!


Bagikan Ke Teman Anda

SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.