Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Mengelola Keuangan dengan Baik

Kalau dipikir-pikir lagi mana ada sih orang yang tak ingin sukses dan mampu menghasilkan kekayaan yang berlimpah? Sayangnya, hal tersebut hanyalah keinginan belaka tanpa ada maksud untuk melakukannya.
Bila bekerja dengan sungguh-sungguh bisa menghasilkan uang lebih banyak, bukankah semua orang juga bekerja? Lalu mengapa masih saja ada yang kesulitan ekonomi?

Pada dasarnya setiap orang yang bekerja pastilah mendapatkan uang sebagai hasil jerih payahnya. Namun yang membedakannya ada pada bagaimana anda mengelola uang yang dihasilkan. Sehingga jerih payah setelah bekerja keras bisa terbayar dengan hasil yang nyata. Mengelola penghasilan seharusnya bukan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, simak ulasan berikut agar anda memahaminya.

1. Mapan Bukan Berarti Berlebih-lebihan

Memiliki kehidupan finansial yang mapan bukan berarti anda harus bersikap berlebihan dengan uang yang anda hasilkan. Tapi terkadang hal ini sangat mudah diucapkan ketimbang dilakukan. Setidaknya anda harus memiliki sumber penghasilan tetap yang akan menjaga kestabilan keuangan anda nantinya. Misalnya agar bisa menghidupi diri sendiri, menghindarkan dari hutang, dan memiliki hidup yang layak.

Penghasilan banyak namun jika hanya sesekali tidak akan dapat membuat finansial anda aman, namun akan jauh lebih baik bila memiliki penghasilan yang sedikit tapi rutin dan tetap. Tapi akan jauh lebih baik bila anda memiliki penghasilan yang tidak berasal dari satu sumber saja. Ini supaya ketika sumber yang lain sedang goyah atau bermasalah, masih ada sumber penghasilan lain yang bisa menyokong. Sehingga finansial akan selalu dalam keadaan aman.

2. Lihat Kemampuan Diri

Menjalani hidup yang sederhana dan tidak berlebihan sangat disarankan, apa lagi bila dilakukan secara konsisten hasilnya pasti akan luar biasa.
Dan untuk melakukannya, anda bisa memulainya dari hal kecil terlebih dahulu. Seperti mencatat setiap pengeluaran yang terjadi setiap bulannya.
Ini supaya anda bisa mengetahui uang anda habis untuk apa saja?
Setelah anda mulai bisa mengatur pola pengeluaran dengan memisahkan antara kebutuhan, kewajiban dan juga keinginan.

Dengan begitu anda akan lebih bisa menilai kemampuan anda agar tidak membelanjakan uang melebihi penghasilan bulanan. Dan bisa memulai memangkas pengeluaran yang kurang begitu penting sehingga finansial menjadi lebih terkontrol.

Mungkin akan sedikit merepotkan saat anda baru memulainya, namun anda akan lihat hasil yang mencengangkan ketika anda konsisten melakukan hal ini. Karena perubahan tak didapat hanya dengan sekali melakukan perubahan besar namun juga harus berkali-kali melakukan perubahan kecil.

3. Mulailah Menabung Sejak Dini

Setelah anda bisa lebih mengontrol arus keuangan anda maka selanjutnya anda bisa mulai menyisihkan uang yang lebih dari uang belanja anda. Bisa dengan ditabung atau juga bisa di investasikan. Dengan membiasakan diri menabung sejak dini, anda akan selalu memiliki rasa aman. Karena memang dengan menabung hidup bisa lebih terencana dengan lebih matang. Dan berikut beberapa jenis tabungan yang bisa menyelamatkan hidup anda.

Tabungan darurat, namanya saja darurat tentu saja penggunaannya harusnya di saat-saat keadaan sedang darurat saja. Dan bukan untuk shopping lho, ini beda. Tabungan hari tua, biasanya sih kalau anda seorang pegawai atau termasuk karyawan pemegang JAMSOSTEK anda sudah pasti mendapatkan pensiun. Tapi jika tidak, anda bisa membuatnya untuk diri sendiri dengan menyisihkan sedikit penghasilan anda untuk hari tua nanti.

Tabungan pendidikan, kalau tabungan ini biasanya dipergunakan ntuk menjamin pendidikan anak-anak anda nanti. Kapan pun anda bisa memulai untuk menabung dengan program ini, agar nanti setelah anak anda dewasa kesulitan ekonomi tak akan menghalanginya mengenyam pendidikan yang tinggi.

Investasi, ini bisa anda lakukan jika penghasilan sudah lebih dari cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidup sehingga masih ada banyak dana lebih. Investasi juga bisa dimulai dengan membeli rumah sederhana atau dengan KPR.

Jangan tunggu punya uang atau penghasilan lebih untuk mulai menabung, meski yang anda tabung nilainya tak seberapa namun jika dilakukan terus menerus maka nilai kecil pun lama-lama juga bisa jadi banyak bahkan sebelum anda mulai menyadarinya.

4. Pertimbangkan Asuransi

Sesungguhnya asuransi juga termasuk sejenis tabungan namun dengan sistem sedikit berbeda, sebab anda tak bisa leluasa mencairkannya sebagaimana tabungan pada umumnya. Namun ini akan menyelamatkan anda di saat – saat terburuk.

Bisa dibilang asuransi merupakan langkah perlindungan secara menyeluruh, karena segala segi kehidupan anda bisa di asuransikan (baca: dilindungi). Misalnya jiwa, kecelakaan, kesehatan, rumah dab beberapa hal lainnya dari hal-hal yang tidak terduga.

Jenis asuransi dan nilai pertanggungan yang anda pilih akan mempengaruhi besaran premi yang harus anda bayar dan juga nilai klaim dari asuransi tersebut. Dengan asuransi berarti anda menyayangi diri anda dan juga keluarga anda serta membuat anda selangkah lebih maju dengan menatap masa depan.

5. Saling Berbagi

Tak selalu mengenai uang, anda bisa saling berbagi dengan orang-orang yang ada disekitar anda. Hal ini juga bisa membantu meningkatkan semangat dan juga gairah hidup. Karena manusia diciptakan untuk hidup bersosial bukannya hidup menyendiri ditengah hutan. Karenanya tak ada salahnya saling berbagi dengan lingkungan tempat anda tinggal, dan lihatlah makna mendalam yang bisa anda temukan.

Akhirnya, menjadi seorang yang mampu dengan bijak mengelola finansialnya memang memerlukan effort yang lebih. Dan bila tidak dimulai dari sekarang, maka kapan lagi? Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip mengelola keuangan dengan baik, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



7 Cara Mudah Memotong Pengeluaran
7 Cara Cerdas Mengelola Keuangan
Tip Mengelola Uang Agar Cepat Kaya
Tip Finansial Mengatur Keuangan Terbaik yang Harus Kamu Ketahui
Mau Bebas Finansial? 6 Tip Keuangan Ini Membuat Kamu Bebas Finansial
Kesalahan Mengatur Keuangan yang Umum Terjadi
Tips dari Orang Kaya untuk Kalian yang Ingin Bebas Finansial
Keuntungan Orang Hidup “Living Below Your Means”
Tipe Orang yang Akan Gagal Mengelola Uang
Tips Mengatur Keuangan untuk Generasi Milenial


Bagikan Ke Teman Anda