Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Mengelola Keuangan untuk Single Parent

#single parent #tip keuangan

Menjadi seorang single parent memang bukanlah perkara yang mudah, bukan hanya semata persoalan psikis namun juga finansial. Karena seorang single parent harus memenuhi kewajiban dalam rumah tangga seorang diri tanpa ada dukungan dari pasangan.

Seorang diri dalam memenuhi segala kebutuhan hidup, tentu mengharuskan anda sebagai single parent untuk pandai-pandai dalam mengatur dan mengelola keuangan. Hal ini mungkin memang bukan hal yang gampang namun juga bukan hal sulit dilakukan.

Yuk simak tip mengelola keuangan untuk single parent berikut, agar tak lagi pusing karena keuangan yang amburadul.

1. Buat Perencanaan yang Matang

Keuangan tanpa rencana sama saja berjalan tanpa tujuan, dan hal ini tentu bukan hal yang baik terutama bagi anda yang seorang single parent. Hal ini karena pendapatan hanya didapat dari anda seorang, padahal pengeluaran bulanan keluarga tentu tidaklah sedikit. Terlebih bila anda seorang single parent dengan anak lebih dari satu.

Buat rencana soal pengeluaran bulanan secara detail dan cermat yang mencakup biaya-biaya harian rumah tangga, sebagai berikut contohnya.

  • Biaya sekolah anak, mencakup uang saku dan pengeluaran tidak terduga untuk sekolah.
  • Tagihan pinjaman kredit, meliputi kartu kredit, cicilan pinjaman KPR, pinjaman untuk usaha dan lain sebagainya.

Keuangan yang terencana akan mampu menyelamatkan anda dari kemungkinan defisit, sebab setiap rupiah yang dikeluarkan sudah ada dalam buget anggaran. Ketika sudah memiliki rencana yang sudah jelas dan terarah maka waktunya untuk menjalankannya dengan disiplin.

2. Hidup Sesuai Batas Kemampuan

Ketika membuat rencana keuangan, perlu diperhatikan untuk membuatnya sesuai dengan pendapatan yang anda terima baik bila anda bekerja maupun memiliki usaha mandiri. Siapapun bisa membuat rencana keuangan.

Namun rencana keuangan yang baik, seharusnya tidak boleh membuat hidup menjadi lebih sulit karena rencana dan keinginan yang tidak disesuaikan dengan kemampuan finansial yang dimiliki. Batasi rencana keuangan maupun keinginan yang mengarah pada kegiatan konsumtif karena bisa membuat keuangan kacau.

Akan lebih baik bila anda mulai untuk belajar hidup secara efisien agar pengeluran tidak lebih besar dari pendapatan yang diperoleh, sebagai berikut misalnya.

  • Belanja sesuai kebutuhan dan kemampuan bukannya atas dasar dorongan keinginan semata.
  • Gunakan barang-barang yang masih bisa digunakan, atau lakukan recycle agar barang lama bisa dipergunakan kembali.
  • Bila memungkinkan jangan ambil kredit yang tidak sesuai kebutuhan, misalnya menggunakan kartu kredit untuk belanja atau kegiatan konsumtif lainnya.
  • Jalankan budget yang sesuai dengan pendapatan, tidak memaksakan diri untuk mendapatkan sesuatu diluar batas kemampuan.
  • Bila sudah punya tagihan pinaman kredit usahakan untuk selalu tepat waktu dalam memenuhi kewajiban tersebut. Selain bisa mengurangi biaya lain-lain jika terjadi keterlambatan anda pun tidak akan kesulitan mendapatkan pembiayaan dana dilain waktu jika pinjaman telah lunas.

Selain belajar untuk hidup sesuai kemampuan, jangan lupa untuk mengajari anak untuk bertindak hemat dan menghargai uang. Meskipun terkadang anak belum begitu paham, namun tetap berikan pengertian sesuai dengan usia dan kemampuan daya tangkapnya.

Berikan pengertian pada apa yang boleh dan yang tidak saat membelanjakan uang, juga berikan pemahaman yang simpel dan jujur. Karena salah satu tips paling penting dalam mengelola keuangan bagi single parent ialah hidup sesuai batas kemampuan, agar hidup tenang dan terbebas dari masalah karena terlalu boros.

3. Rencanakan Investasi Masa Depan

Bila kebutuhan di masa sekarang sudah cukup terencana dan terkelola dengan baik, cobalah untuk merencanakan keuangan untuk msa depan. Karena masa depan belum dapat dipastikan, merencanakannya sejak awal dapat membantu anda untuk lebih siap menghadapi segala kemungkinan terkait finansial anda.

Merencanakan masa depan bisa dengan beberapa hal berikut diantaranya,

  • Melunasi sebagian hutang agar beban terasa lebih ringan,
  • Sisihkan sebagian penghasilan dalam tabungan, bisa dalam bentuk tabungan darurat, deposito atau tabungan untuk pendidikan anak.
  • Mulailah untuk berinvestasi, termasuk membuka usaha atau membeli properti tergantung mana yang pling sesuai dengan keadaan diri anda.
  • Jaga diri dan keluarga juga properti dengan ikut serta dalam asuransi, seperti asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi rumah dan kendaraan misalnya.

Berinvestasi terhadap masa depan tentu memliki peran yang sangat penting demi kelangsungan kehidupan finansial yang lebih terarah secara pasti. Bukan hanya untuk diri anda namun juga bagi seluruh keluarga. Jadi jangan tunggu lebih lama untuk mulai menyisihkan sebagian penghasilan anda untuk berinvestasi.

Menjadi seorang single parent memang bukan tugas yang mudah karena tanggung jawab dua figur ditanggung sendirian. Karenanya menjadi seseorang yang kuat secara fisik dan mental sangatlah penting untuk bisa mengatur dan mengelola keuangan dengan cermat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip mengelola keuangan untuk single parent, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, bank, bisnis, deposito, fraud, hidup, investasi, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.