Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Mengelola Keuangan untuk yang Punya Anak Kembar

#anak kembar #tip keuangan

Memiliki anak memang memberikan sejumlah kebahagian yang begitu besar hingga tak ternilai harganya. Namun memiliki anak juga membawa tanggung jawab yang tidaklah kecil karena banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa menjaganya dengan layak.

Jika memiliki satu anak saja sudah bikin repot dan pusing soal budgetnya, bagaimana jika anda memiliki anak kembar? Bukankah ini akan menimbulkan beragam masalah yang cukup pelik?

Yuk simak tips mengelola keuangan untuk yang punya anak kembar berikut, dan buat semunya tampak lebih mudah.

1. Buat anggaran bulanan secara khusus

Meskipun menurut pepatah bahwa banyak anak banyak rejeki dan setiap anak membawa rejekinya masing-masing. Tetapi jika anda tidak mampu mengelolanya dengan baik tentu sama saja bohong, kan? Karenanya anda perlu membuat anggaran belanja bulanan khusus untuk kedua anak kembar tersebut.

Anggaran ini mencakup seluruh kebutuhan hidup anak, mulai dari makanan, susu, sabun mandi, serta peralatan pendukung lainnya. Semuanya harus benar-benar anda pikirkan terlebih jika didalam keluarga hanya seorang saja yang bekerja.

Pertimbangkan untuk memanfaatkan promo yang ditawarkan oleh sejumlah pusat perbelanjaan jika anda berbelanja dalam jumlah tertentu. Hal ini tentunya akan mampu mengurangi pengeluaran belanja secara signifikan. Karena setiap rupiah sangatlah berharga, maka jangan sampai disia-siakan, ya.

2. Manfaatkan barang-barang terpakai

Memiliki anak kembar memang memberikan pengalaman dan kebahagiaan yang berlipat begitu pun dengan biaya yang dikeluarkan untuk merawat keduanya. Untuk itu tak perlu gengsi untuk memnfaatkan kembali barang-barang yang sudah terpakai atau bekas.

Misalnya keranjang tidur, kereta bayi hingga baju dan perlengkapan bayi lainnya, biasanya banyak saudara yang akan menawarkan untuk meminjamkannya atau bahkan dihibahkan untuk anda. Jika anda tidak yakin dengan higienitasnya, cuci kembali semua barang terpakai tersebut.

Menggunakan peralatan bayi yang sudah terpakai bisa menghemat pengeluaran, karena penggunaan peralatan bayi ini yang bersifat sementara. Karena tidak sampai setahun bayi tentu sudah tak memerlukannya lagi, terutama baju dan tempat tidur bayi.

Memanfaatkan barang terpakai setidaknya bisa mengurangi biaya pengeluaran untuk membeli barang-barang yang keperluannya hanya bersifat sementara.

3. Ikut sertakan keluarga

Merawat anak kembar bukan hanya memerlukan biaya ekstra namun juga tentunya tenaga yang ekstra. Bila anda tinggal bersama keluarga atau tinggal berdekatan, manfaatkan untuk meminta bantuan mereka.

Terlebih jika pasangan sedang bekerja, tentu anda tidak bisa merawat anak kembar sendirian terutama jika masih bayi. Jika anda harus menyewa baby sitter tentu anda harus mengalokasikan dana lagi untuk bisa membayar tenaga tersebut.

Bila anda termasuk berpenghasilan cukup tentu hal ini tidak akan menimbulkan masalah finansial yang berarti. Namun lain ceritanya jika penghasilan bulanan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja.

Karenanya manfaatkan bantuan orang terdekat untuk membantu mengurus anak kembar anda ketika anda tinggal. Tetapi juga perlu dibatasi, karena mereka pun tentu punya kesibukan lainnya.

Namun ketika anda tinggal jauh dari kerabat, maka baby sitter bisa jadi alternatif pilihan yang tepat. Pilih yang benar-benar bisa dipercaya untuk merawat bayi anda. Karena asisten rumah tangga sudah menjadi keutuhan yang penting, anda pun perlu berfikir untuk mendapatkan dana tambahan.

4 Pertimbangkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan

Semakin hari anak kembar anda tentu akan tumbuh besar, begitu pun dengan kebutuhan mereka juga akan meningkat sesuai usianya. Meskipun dirasa penghasilan yang anda dapatkan dari pekerjaan yang sekarang sudah mencukupi, namun pertimbangkan untuk mencari tambahan penghasilan.

Banyak jenis pekerjaan yang bisa diambil seperti menjadi pekerja lepas misalnya yang tidak harus terikat dengan jam kerja. Sehingga anda bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam waktu yang sama.

Atau bisa juga pertimbangkan untuk membuka bisnis, misalnya dengan online shop yang mampu menghasilkan keuntungan yang lumayan besar tanpa perlu repot menyewa lapak atau toko yang tentunya membutuhkan biaya tambahan yang tidak sedikit.

Dengan mendapatkan penghasilan tambahan, setidaknya akan membantu anda dan keluarga dimasa depan. Karena uang yang dihasilkan bisa ditabung atau diinvestasikan agar bisa menghasilkan keuntungan.

5. Tidak semua hal harus sama

Mengasuh anak kembar memang menyenangkan, karenanya anda mungkin akan membelikan mainan atau baju yang sama. Meskipun wajah mereka sama, tetapi tidak semua hal harus diberikan dalam bentuk yang sama pula.

Untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu lebih baik pergunakan secara cermat, pilah dan pilih mana benda yang bisa digunakan bersama dan mana yang tidak. Dengan begitu uang anda tidak akan terbuang sia-sia dan tentunya bisa dimanfaatkan untuk hal lain yang lebih bermanfaat.

Memiliki anak memang menjadi keinginan banyak pasangan menikah, sehingga tak heran apapun cara dilakukan demi memiliki seorang keturunan. Namun sebelum memikirkan tentang seorang anak, ada baiknya bila anda membuat rencana yang tepat misalnya mulai menabung untuk si anak bahkan sebelum ia lahir.

Agar ketika anak telah lahir ke dunia, anda tidak akan terlalu khawatir dengan pemenuhan kebutuhan hidupnya. Meskipun demikian, memiliki anak memang sebuah kebahagiaan yang luar biasa, karenanya aga dan rawatlah anak anda dengan baik agar kelak ia mampu tumbuh dan menjadi seoang yang berguna. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip mengelola keuangan untuk yang punya anak kembar, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

bank, dana darurat, deposito, fraud, fungsi, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, tugas,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.