Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Menghemat Biaya Perkawinan/Pernikahan

Umumnya setiap pasangan yang menjalin hubungan cukup lama, pasti memiliki tujuan untuk melangsungkan hubungan tersebut ke jenjang pernikahan yang hakiki. Tidak jarang setelah acara lamaran, kedua pasangan memutuskan untuk mulai belajar menabung selama beberapa bulan kedepan. Hal ini bertujuan agar semua biaya yang akan dikeluarkan bisa terkonsep dengan baik. Tentunya setiap pasangan berharap pesta pernikahan akan digelar secara mewah dan sukses.

Namun tidak mudah untuk mengajak pasangan untuk menabung bersama, dengan anggapan kalau sudah menjadi kewajiban calon pria yang memberikan sejumlah uang untuk pernikahan. Pertanyaannya, apakah setiap pasangan akan menerima kebijakan seperti itu? dan apakah salah satu pasangan bisa menerima dan menghadapi semua bersama-sama?.

Akan banyak pertanyaan mengenai hal tersebut, apakah pasangan akan tetap saling berkomitmen dan mau tetap menjalin hubungan?.

Karena proses pernikahan selama waktu yang ditentukan tentulah tidak sedikit, setelah lamaran diterima maka pasangan akan menghadapi rencana pernikahan tersebut. Mereka harus mempersiapkan segala sesuatu agar acara resepsi bisa berjalan lancar, mulai dari konsep acara, menu, undangan dan sebagainya. Berbeda apabila kedua calon sudah memiliki persiapan dana sebelumnya, tentu akan sangat mudah mengatur dan melaksanakan pesta secara meriah dan terkesan megah.

Lalu, apakah dengan kondisi ekonomi pasangan yang menjadi hambatan untuk pernikahan?. Jawabannya kembali kepada pasangan tersebut, terkadang cinta bisa mengalahkan segalanya, termasuk uang.

Agar pasangan tidak mengalami masalah yang dikarenakan budget yang belum terkumpul, dan ingin tahu apakah pasangan masih bisa menerima Anda atau tidak. Berikut ini cara mengetahuinya dan tips Anda untuk menghemat biaya.

Apakah “ Jika “ ketika perencanaan pernikahan

Hal yang biasa direncanakan menjelang pernikahan adalah dengan mengurus dokumen pernikahan seperti surat nikah, ijin menikah dan tanggal kapan pernikahan akan digelar. Dengan semua itu, maka konsep akan mulai dirancang, seperti mengatur dana untuk resepsi, mulai dari acara, menu, dan dana yang sisa apakah akan digunakan sebagai simpanan atau hal lain yang penting untuk dipikirkan. Pastikan setiap rencana berjalan sesuai dengan rancangan dan berhasil sukses.

1. Menjadi petani bunga sendiri untuk acara pernikahan

Pernak-pernik pernikahan sangat indentik dengan bunga, salah satunya yang sering dipakai yaitu bunga mawar. Salah satu tips berhemat untuk resepsi pernikahan, bisa saja Anda menanam bunga tersebut di perkarangan atau kebun yang Anda miliki. Bunga ini sering dipakai dalam dekorasi, aksesoris, buket pengantin, dan sebagainya. Dengan belajar bertani Anda sudah bisa membuka lahan bisnis yang cukup menggoda, atau Anda bisa menjualnya ke berbagai Event Organizer tentunya.

2. Berteman dengan perancang pernikahan

Dengan Anda memiliki seorang teman yang berprofesi sebagai wedding planner atau sejenisnya, maka hal ini bisa menjadi salah satu opsi Anda dalam berhemat. Karena, Anda bisa saja bernego mengenai harga dari teman Anda, dan mencari alternatif termurah untuk acara resepsi. Dan Anda juga bisa belajar mengenai ilmu teman Anda, siapa tahu Anda berkesempatan untuk berbisnis di bidang yang sama di masa yang akan datang.

3. Berteman dengan Pendeta atau pemuka agama

Salah satu keuntungan Anda memiliki kerabat dan teman seorang pemuka agama atau pendeta, maka Anda dapat meringankan biaya pernikahan. Acara sakral yang dilakukan tentu saja tidak hanya dihadiri oleh keluarga, namun juga wajib disahkan oleh pihak gereja, penghulu atau lainnya. Tentu biaya yang harus Anda keluarkan lumayan besar untuk biaya jasa mereka. Nah, dengan memiliki kekerabatan maka biaya tersebut bisa Anda tekan, namun tetap profesional. Contoh kasus pernikahan beda agama, pasti dalam pengurusannya sangat berbelit dan sulit, hal ini menjadi mudah dengan Anda berteman dengan pendeta atau pemuka agama.

4. Menjadi Koki atau ahli kuliner

Menjadi seorang juru masak tidaklah mudah, Anda butuh media untuk belajar. Media ini bisa dengan kursus dan juga sekolah formal, tujuan yang bisa Anda nikmati adalah pada saat Anda mengadakan pernikahan tentu hal ini menjadi cara Anda untuk berhemat. Dengan menjadi koki segala menu makanan dapat Anda siapkan dan buat sendiri, seperti wedding cake, catering dan sebagainya. Anda bisa bekerja sama dengan catering lain, yang tentu bisa membantu Anda untuk mengatur sajian di pesta pernikahan. Hal ini sangat membantu Anda untuk berhemat.

5. Menjadi pencicip minuman anggur

Tidak banyak orang yang memiliki keahlian dalam bidang ini, salah satu manfaat yang dapat Anda rasakan adalah pada saat Anda menjadi calon pengantin kelak. Di pesta tersebut Anda lah yang menjadi pencicip juga penyaji minuman anggur. Yang pasti Anda lebih tahu mana anggur terbaik dan mana minuman alkohol dengan kadar, kualitas serta waktu anggur dibuat. Sehingga Anda bisa menghemat banyak dana dalam pernikahan Anda, hal ini sangat menguntungkan bukan?.

6. Anda bisa memiliki tabungan bersama pasangan

Untuk memudahkan tujuan pernikahan Anda yang hemat, sebaiknya sedari dini Anda dan pasangan membuka rekening Bank untuk menyimpan dana pernikahan. Hal ini untuk memudahkan dana pernikahan Anda terkontrol seksama, Anda dan pasangan akan tahu mengenai pemasukan dan juga pengeluaran uang, tujuan dan akan digunakan untuk apa kelak. Banyak pasangan yang sudah melakukan hal ini dan berhasil sampai acara pernikahan berlangsung. Jadi cukup aman dan hemat tentunya.

7. Menjadi penari

Siapa sangka menjadi seorang penari untuk acara pernikahan dapat memberikan keuntungan bisnis kepada Anda. Banyak tarian yang bisa dipelajari seperti, dansa, tanggo, chacha dan sebagainya. Jenis tarian ini banyak diadakan dalam resepsi pernikahan skala internasional, dengan langkah ini tentu Anda dan pasangan bisa mencoba berlatih dan bisa berhemat tanpa harus menyewa penari profesional. Cukup Anda dan pasangan saja yang menari, hal ini jarang terjadi dalam sebuah pernikahan, jadi kenapa tidak dicoba, Who knows it will be your business opportunity.

8. Menjadi Public Relation

Menjadi seorang public relation dalam acara pernikahan Anda tentu sangat bermanfaat dan menguntungkan, karena Anda bisa berhemat banyak dana. Anda bisa membuat konsep undangan, penyebaran resepsi pernikahan dan sebagainya. Anda bisa menggunakan akses internet seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya yang pasti jauh menghemat biaya Anda.

9. Belajar Saxsofon

Menjadi seorang pemain musik juga tidaklah rugi, apalagi Anda menyukainya. Anda bisa bermain musik di acara pernikahan Anda, membuat kejutan kepada pasangan kalau Anda pandai bermain musik romantis. Tentu hal ini akan membuat pasangan Anda jauh tertegun dan terpesona, serta hal ini menjadi salah satu cara untuk menghemat dana pernikahan.

10. Pemandu atau penerima tamu

Umumnya pada pesta pernikahan, akan ada beberapa orang yang ditugaskan khusus untuk menerima dan mengarahkan para tamu menuju pelaminan atau menu makanan. Jika Anda ingin menyewa jasa tersebut, alangkah baiknya Anda meminta kerabat atau keluarga yang bisa membantu. Hal ini selain berhemat, tentu dengan status kerabat Anda tidak akan dibuat pusing dengan aturan juga kondisi yang asing. Keluarga masih bisa diajak untuk membantu acara Anda, selagi mereka sibuk Anda dan pasangan cukup duduk manis dan menikmati acara sampai bulan madu yang sukses.

Tentu langkah tersebut di atas bisa Anda coba, selagi Anda memiliki cukup waktu sebelum acara resepsi diselenggarakan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip menghemat biaya perkawinan/pernikahan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Biaya Tambahan yang Bisa Anda Hemat
Anda Menabung di Bank? Ini Dia Ragam Biaya dan Potongan di Bank!
Berniat Hidup Hemat? Simak Tips Berikut
Berikut Tips Menghemat Listrik
Apa itu Biaya Overhead? Cara Menghitung Biaya Overhad?
Ingin Punya Uang Lebih? 8 Biaya Ini Wajib Dihindari
Makan Makanan Sehat dengan Budget Rendah
Stop Boros! Tanyakan Hal Ini Sebelum Anda Membeli Suatu!
Ini Dia Tips Cara Menghemat Ongkos Traveling
Tip Hidup Hemat dan Tidak Boros


Bagikan Ke Teman Anda