Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Menghemat Uang saat Liburan

Liburan merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh semua kalangan, baik pelajar, mahasiswa, maupun mereka yang sudah bekerja. Sebab liburan menjadi momen untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga tercinta, para sahabat dan teman guna saling mempererat hubungan yang lebih harmonis dan akrab.

Bagi kebanyakan orang, liburan sering kali dimanfaatkan dengan bersantai, malas-malasan, olah raga, menjalankan hobi, dan travelling untuk menghilangkan kepenatan dari rutinitas sehari-hari baik di sekolah maupun tempat kerja. Meski di satu sisi masa liburan begitu menggembirakan, namun di sisi lain bisa jadi menimbulkan kesedihan. Bagaimana bisa? Di saat liburan tak sedikit orang yang justru menghabiskan banyak uang dan berlaku boros. Ketika liburan berakhir, banyak yang menyesal karena telah menguras kantong selama masa liburan.

Sebenarnya liburan dapat diisi dengan melakukan aktivitas yang bermanfaat dan menyenangkan tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam, bahkan jika Anda memilih untuk travelling sekalipun. Berikut ini tips menghemat uang saat liburan yang bisa diterapkan agar liburan Anda menghasilkan kebahagiaan bukan justru sebaliknya.

  • Cari dan pilih destinasi dengan nilai tukar yang menguntungkan

Jika Anda ingin mengisi liburan Anda dengan travelling ke luar kota atau luar negeri, maka Anda harus pandai-pandai dan cermat dalam memilih destinasi. Jangan sampai destinasi yang dipilih berbiaya hidup mahal, alih-alih ingin berhemat tetapi justru terjebak dalam pemborosan. Sebab setiap kota bahkan negara memiliki biaya hidup yang berbeda-beda. Misalnya saja dalam lingkup domestik, biaya hidup di Jakarta cenderung lebih mahal dibandingkan dengan Yogyakarta. Sementara di lingkup internasional, negara-negara di Amerika dan Eropa biaya hidupnya cenderung lebih tinggi dibandingkan negara-negara di Asia.

Agar perjalanan liburan Anda tetap berkesan dan terjangkau secara finansial, pilihlah destinasi dengan biaya hidup rendah, yakni yang memiliki nilai tukar menguntungkan. Caranya? Carilah negara-negara yang mengalami ketidakstabilan politik dan ekonomi, sehingga nilai mata uangnya tertekan terhadap dolar Amerika Serikat. Anda bisa mendapatkan biaya perjalanan liburan yang lebih murah di sana. Meski demikian, jangan abaikan juga faktor keamanan.

  • Berlangganan berita tentang penerbangan murah

Setiap orang pasti menginginkan bisa menjangkau destinasi wisata dengan tiket penerbangan murah. Selain perjalanan bisa ditempuh dengan lebih cepat, penerbangan murah tentunya juga ramah di kantong. Untuk itu, Anda bisa berlangganan berita tentang penerbangan murah pada situs-situs maskapai atau platform layanan booking online yang tak jarang menawarkan banyak promo menarik seperti AirAsia, Traveloka, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan penerbangan murah baik domestik maupun luar negeri, Anda harus fleksibel dalam hal destinasi. Artinya, Anda tidak bisa memilih destinasi sesuai keinginan, sebab untuk mendapatkan penerbangan murah tergantung pada promo yang ditawarkan.

Berlangganan berita tentang penerbangan murah via email, akan membantu Anda mendapatkan informasi dari situs-situs atau platform yang diikuti mengenai program-program promo yang sedang ditawarkan, termasuk syarat dan ketentuan untuk mendapatkan promo tersebut. Dengan demikian, Anda tidak perlu menjelajahi website satu per satu untuk mendapatkan informasi mengenai penerbangan murah ini.

  • Pesan penginapan yang dekat dengan fasilitas publik

Ketika Anda merencanakan untuk mengisi liburan dengan travelling, carilah informasi yang jelas mengenai kota yang dipilih sebagai destinasi. Mulai dari objek wisata yang ada, hiburan, pertunjukan lokal, dan lain sebagainya. Informasi tersebut dapat membantu Anda sedikit mengenal lokasi yang akan dituju, termasuk sebaran penginapan yang tersedia.

Bicara tentang penginapan, pilih penginapan yang dekat dengan fasilitas publik. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengakses fasilitas publik yang dibutuhkan, utamanya adalah transportasi umum yang akan mengantarkan Anda menuju lokasi-lokasi wisata yang diinginkan.

  • Pesan kamar penginapan yang dilengkapi dengan dapur kecil atau microwave

Ini untuk menghemat biaya makan yang besarannya bisa saja tidak terduga meski telah dianggarkan. Bagi sebagian orang, liburan adalah waktu untuk bersenang-senang, sehingga lebih memilih untuk membeli makanan. Tidak salah, hanya saja berisiko pada pemborosan. Jika Anda ingin menghemat saat liburan, ada baiknya jika Anda tetap memasak sendiri meski sedang menginap di hotel. Setidaknya membuat sarapan atau makan malam sendiri akan bisa menghemat pengeluaran untuk makanan.

Jangan manja dengan layanan kamar dan memesan segala sesuatu yang diinginkan dari hotel. Sebab, layanan kamar di hotel cenderung mahal, sehingga akan memaksa Anda untuk merogoh kocek lebih dalam. Untuk berhemat, tidak ada salahnya jika Anda sedikit sibuk di dapur kamar hotel.

  • Jangan memilih kamar hotel terbaik

Setiap hotel atau penginapan biasanya memiliki jenis-jenis kamar yang dibedakan berdasarkan luas, fasilitas, dan kenyamanannya. Kamar terbaik umumnya memiliki fasilitas lengkap dan pastinya sangat nyaman, namun harganya sudah pasti mahal. Jika Anda ingin liburan hemat, percayalah bahwa kamar tersebut tidak Anda butuhkan.

Pilihlah kamar yang standar dengan harga yang lebih murah. Berhemat bukan berarti pelit. Untuk apa memesan kamar hotel mahal toh tidak digunakan sepanjang hari. Tujuan Anda berlibur tentu ingin berkeliling kota, berjalan-jalan ke objek-objek wisata yang bagus, menikmati suasana yang menyegarkan, dan pemandangan indah yang mampu menumbuhkan semangat baru, bukan untuk mengurung diri di kamar hotel. Oleh sebab itu, perketat anggaran untuk akomodasi sehingga Anda bisa memaksimalkan aktivitas liburan.

  • Berbelanja di pasar dan toko lokal

Liburan dengan mengunjungi kota tertentu pasti tidak akan asyik dan berkesan apabila tidak mencicipi makanan khasnya. Tidak perlu khawatir dengan harganya, karena biasanya makanan khas daerah itu harganya terjangkau, setidaknya aman bagi anggaran. Untuk mendapatkan makanan dengan harga murah, Anda bisa berbelanja di pasar atau toko lokal. Jangan membelinya di pusat perbelanjaan modern seperti mall atau plaza, apalagi di hotel atau bandara.

Berbelanja di pasar dan toko lokal, selain murah juga tak menutup kemungkinan Anda bisa mencicipi makanan secara gratis. Tak hanya itu, Anda juga bisa berinteraksi dengan warga lokal sehingga bisa mengetahui dan lebih mengenal budaya dan kearifan lokal di daerah tersebut.

  • Kunjungi objek wisata murah

Liburan tidak harus mewah, karena liburan murah pun tak kalah menyenangkan. Jika Anda ingin liburan dengan low budget, maka Anda bisa mengunjungi objek wisata dengan tiket masuk murah atau bahkan tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Sebut saja taman, hutan, dan museum merupakan objek-objek wisata yang murah. Anda juga bisa mencari aktivitas gratis yang diselenggarakan di kota destinasi, seperti pertunjukan lokal, festival seni dan budaya, pasar malam, dan hiburan lainnya.

  • Bawa camilan dan air putih saat berjalan-jalan

Membaca camilan dan air putih saat berjalan-jalan menjadi salah satu tips penghematan di kala liburan baik sendiri maupun bersama keluarga. Dengan membawa bekal makanan, Anda tidak akan tergoda untuk membeli makanan di setiap persinggahan yang dilalui ketika berjalan-jalan. Membeli makanan ringan dan air putih selama berjalan-jalan hanya akan menghabiskan uang Anda, tanpa merasakan kenyang. Sebab itu, akan lebih berhemat apabila Anda membawanya sendiri.

  • Sewa aparteman jika liburan bersama keluarga

Apabila Anda merencanakan liburan bersama keluarga atau banyak teman, maka sewa apartemen lebih disarankan dibandingkan dengan menyewa beberapa kamar hotel. Sebab, sewa apartemen akan lebih murah dari sewa beberapa kamar hotel. Satu apartemen atau kondominium bisa menampung lebih banyak orang. Selain itu, umumnya apartemen atau kondominium dilengkapi dengan dapur, sehingga memungkinkan Anda untuk menghemat biaya makan dengan memasak sendiri.

  • Jangan makan di lokasi objek wisata

Sudah menjadi rahasia umum jika harga makanan di lokasi objek wisata cenderung mahal, bahkan untuk sebotol minuman kemasan saja. Tak sedikit wisatawan yang ‘terpukul’ setelah mengetahui harga makanan yang mereka makan, seolah di luar kewajaran. Meski demikian, itulah yang berlaku dan terjadi di hampir semua lokasi objek wisata, sehingga wisatawan tidak bisa protes dan paling berjanji pada diri sendiri untuk tidak mengulanginya lagi.

Untuk menghindari ‘jebakan’ harga makanan di lokasi objek wisata, ada baiknya jika Anda membawa bekal makanan sendiri yang siap saji, sehingga bisa disantap kapan pun Anda mau. Selain itu, Anda bisa juga keluar dari area objek wisata dan mencari warung makan atau restoran dengan harga yang lebih murah.

  • Membuat anggaran dan mematuhinya

Ingatlah bahwa anggaran dibuat untuk dipatuhi. Sebab jika tidak, pengeluaran Anda akan membengkak sehingga bisa saja mengacaukan finansial Anda. Cermat dan berhati-hatilah menggunakan anggaran. Anda bisa menentukan kapan harus berbelanja secara royal, kapan pula harus mengencangkannya.

Liburan hemat bukan berarti sengsara di kota atau negara orang lain. Anda bisa saja menghemat untuk beberapa kebutuhan, namun bisa menggunakan anggaran untuk makan malam mewah di malam terakhir liburan Anda. Pandai-pandailah dalam mencari cara untuk berhemat, sehingga Anda pun bisa memanjakan diri selama liburan.

  • Cari tawaran di menit terakhir

Tips menghemat yang satu ini mungkin agak sedikit ribet dan mendebarkan. Sebab mencari tawaran di menit terakhir sama dengan peluang terakhir yang bisa Anda dapatkan. Jika tidak, maka Anda akan kehilangan semua tawarannya.

Banyak hotel dan maskapai penerbangan yang menurunkan harga layanannya di menit-menit terakhir penawaran. Misalnya untuk penerbangan pas hari H, menjelang keberangkatan tak jarang maspakai menawarkan harga tiket yang lebih murah. Demikian pula dengan hotel, tak banyak yang tahu jika hotel juga sering menurunkan harga kamar pada malam hari atau di saat waktu check in telah berlalu. Jika Anda jeli, Anda bisa saja menghemat banyak uang untuk mendapatkan tiket pesawat dan kamar hotel yang super nyaman.

  • Hindari biaya transaksi asing dan penggunaan mata uang asing secara berlebihan

Jika Anda berencana untuk liburan ke luar negeri, maka hindari penggunaan kartu kredit dan debit secara berlebihan. Sebab, untuk transaksi asing baik menggunakan kartu kredit maupun debit akan dibebani biaya transaksi luar negeri sebesar 1% hingga 3% dari total jumlah transaksi. Namun, ada pula yang penerbit kartu kredit dan debit yang membebaskan biaya transaksi luar negeri. Oleh sebab itu, carilah informasi mengenai biaya-biaya yang dibebankan pada kartu kredit atau debit yang Anda miliki sebelum menggunakannya untuk bertransaksi di luar negeri.

Selain mewaspadai penggunaan kartu kredit dan debit, untuk berhemat saat liburan Anda juga harus menghindari menukarkan mata uang di bandara atau pusat perbelanjaan modern. Biaya penukaran uang di biro tersebut bisa jadi lebih mahal dibandingkan dengan biaya transaksi luar negeri. Biro penukaran di bandara dan pusat perbelanjaan bisa mengenakan biaya sebesar 8% untuk setiap transaksi dolar. Untuk menghindari biaya tersebut, akan lebih hemat dan aman apabila Anda menukarkan mata uang di bank lokal.

  • Jangan terlalu banyak memberi tip

Tip umum diberikan kepada petugas atau pelayan hotel atau restoran, sebagai ucapan terima kasih atau kepuasan pelayanan. Memang tidak ada aturan baku untuk memberikan tip, tetapi hal tersebut seolah sudah menjadi suatu kebiasaan atau tradisi di hotel dan restoran. Sah-sah saja memberikan sejumlah uang sebagai tip kepada pelayan hotel dan restoran. Namun perlu dicatat bahwa dalam upaya penghematan selama liburan, ada baiknya apabila Anda tidak terlalu banyak memberikan tip. Bukannya tidak memberi sama sekali, hanya dikurangi saja jumlahnya. Tak perlu merasa pelit dan gengsi, sebab Anda pun membutuhkan uang yang cukup selama menikmati liburan Anda.

Harus disadari bahwa liburan sering kali menjebak banyak orang dalam siklus pengeluaran yang besar. Tak heran jika selama liburan banyak promo yang ditawarkan untuk meruntuhkan gembok dompet dan tabungan Anda yang selama ini terkunci. Sulit untuk menghindar. Meski demikian, Anda tidak perlu takut bahkan apatis dengan tawaran promo yang begitu menarik. Anda tetap bisa menikmati liburan secara hemat dengan menerapkan tips-tips di atas.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip menghemat uang saat liburan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ngontrak Rumah dan Punya Banyak Uang atau Beli Rumah tapi Tak Punya Uang, Mana yang Lebih Baik?
7 Tip Menghemat Biaya Tiket Pesawat
Uang Tidak Mampu Membeli Segalanya
10 Tips Mengatur Uang Ala Orang Tiongha
Apa itu Money Supply?
10 Fakta tentang Uang yang Belum Kamu Ketahui
Syarat dan Cara Menukar Uang Rusak di Bank Indonesia
Modus Penggelapan Uang oleh Karyawan
Tidak Ada Uang? Jual Beli dengan Barter? Apa yang Terjadi?
5 Cara Ampuh Berhemat Saat Berwisata dengan Keluarga


Bagikan Ke Teman Anda