Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Sederhana untuk Berhemat

Anda sudah mendapatkan banyak referensi mengenai bagaimana cara hidup hemat dan menjadi sederhana. Namun, masih banyak beberapa orang kurang puas dengan penjelasan itu semua. Jika semua itu tidak ditindaklanjuti dengan bijak dan komitmen, jadi Anda hanya akan mengeluh dan mengeluh.

Uang bisa menyelamatkan Anda kondisi kesulitan keuangan, namun bukan berarti Anda tidak mengaturnya dengan baik. Berikut ini tips untuk Anda agar bisa lebih hemat dan sederhana:

1. Masak Sendiri

Tips hemat berikut ini adalah belajar untuk membuat masakan sendiri, hal ini jauh lebih sehat, murah dan banyak. Apabila Anda membeli makanan diluar seperti makanan cepat saji, tentu harganya jauh berbeda dalam sekali makan. Atau Anda bisa mengambil makanan yang sudah disiapkan kantor Anda selama ini, hal ini jauh sangat bermanfaat dan menghemat uang Anda.

2. Berhenti Membeli Kopi Mahal

Anda yang menyukai kopi, boleh-boleh saja menikmati kopi mewah dengan harga selangit, namun pertimbangkan untuk kebiasaan buruk tersebut. Jika setiap hari Anda habiskan uang Anda untuk minum kopi, kalikan berapa jumlah uang yang dihabiskan dalam sebulan. Jauh melebihi jumlah Anda makan bukan?, pertimbangkan untuk merubah kebiasaan tersebut. Lebih baik Anda membuat kopi sendiri dengan meracik dan melengkapi peralatan kopi Anda, itu jauh lebih hemat.

3. Biasakan Membawa Bekal ke Kantor

Cobalah untuk membuat dan membawa makanan sendiri ke kantor, seperti bekal nasi, dan juga lauk pauk serta buah. Buat variasi agar Anda tidak bosan dengan menunya, sekali – kali Anda juga boleh untuk makan di luar dengan catatan Anda tahu kondisi keuangan Anda. Dan jangan membiasakan untuk memilih tempat makan yang nominalnya tidak sesuai dengan budget Anda.

4. Gunakan Kupon

Biasanya selama Anda berbelanja tentu sering mendapatkan beberapa kupon belanja. Hal ini bisa Anda manfaatkan, gunakan kupon tersebut untuk membeli kebutuhan Anda, dan kalau bisa pertimbangkan untuk berbagi kepada kerabat Anda yang biasa mendapatkan kupon untuk Anda gunakan. Hal ini tentu sangat menghemat dana dan bisa menyimpannya dengan baik. Bijak dalam menggunakan kupon, maka hidup Anda akan jauh lebih menguntungkan.

5. Pilih Berjalan Kaki

Apabila Anda menuju akses kantor lebih dekat, maka belajarlah untuk berjalan kaki. Atau apabila Anda ingin melakukan kegiatan yang kelihatannya lebih terjangkau dengan berjalan kaki, kenapa harus menggunakan kendaraan ?. Hal ini jauh lebih hemat, dan tentunya Anda akan menjadi sehat dengan berjalan kaki, dan yang utama Anda jauh lebih hemat bukan?.

6. Hindari Pengeluaran yang Tidak Diperlukan

Usahakan untuk mengecek dan mengontrol setiap pemasukan dan juga pengeluaran Anda. Pastikan semua bon dan juga saldo tambahan Anda cek dan lihat satu persatu selama beberapa kali. Hal ini untuk mengetahui apa saja yang telah Anda terima dan Anda habiskan, sehingga Anda akan tahu kemana saja dana tersebut dihabiskan. Setelah itu Anda akan lebih teliti mengenai hal yang tidak penting atau tidak diperlukan.

7. Bayarlah Tagihan Secepatnya

Lebih baik untuk membayar beberapa tagihan di awal atau setelah Anda mendapatkan uang, walau jatuh tempo masih dalam waktu lama. Hal ini agar tidak terjadi penumpukan pada bunga tagihan. Kumpulkan struk tagihan, agar setelah Anda melunasinya Anda dapat menyimpan dana tersebut sebagai simpanan Anda. Dan dana tersebut menjadi dana investasi Anda di kemudian hari.

8. Hindari Biaya ATM

Terkadang karena situasi tertentu Anda memutuskan untuk menggesek kartu ATM di sembarang mesin ATM, atau yang bukan pelayanan ATM aslinya. Hal ini tentu dapat menimbulkan biaya pemotongan atas uang Anda, jika hal ini berlangsung beberapa kali Anda bisa melihat berapa besar potongan dalam saldo rekening Anda. Sebaiknya hindari hal tersebut, karena bisa menghemat dana Anda dan usahakan untuk menggunakan jasa pengambilan uang yang memang bekerjasama dengan bank Anda.

9. Berhenti Membeli Karena Nafsu Sesaat

Jangan mudah tertarik dengan banyaknya barang yang ditawarkan di berbagai toko atau Mall. Hal ini tentu dapat menimbulkan hasrat belanja Anda untuk barang tertentu, komitmen yang tinggi untuk menghindarinya. Buatlah daftar utama belanja Anda, dan acuhkan setiap etalase yang menggoda Anda. Dengan demikian Anda akan terbiasa menggunakan anggaran belanja dengan bijak.

10. Mulai dengan Koin

Usahakan apabila Anda ingin melakukan penukaran koin di Bank, gunakan jasa Bank langsung. Hal ini agar Anda terhindari dari biaya tambahan lain, dan Anda bisa menghemat dari hal tersebut. Lakukan di teller Bank Anda, dan usahakan untuk tetap menyimpan dalam bentuk koin, serta lakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui saldo tertera, atau Anda bisa membuka rekening baru untuk hal tertentu.

11. Hematlah dalam Bentuk Recehan

Walau kelihatannya sedikit, apabila Anda tabung dalam jumlah sering bahkan setiap hari. Jika dihitung dalam waktu setahun, maka Anda akan merasakan kalau uang Anda semakin bertambah dan bisa Anda alokasikan sebagai dana investasi kedepannya.

Jadi sangat penting untuk Anda bagaimana mengatur setiap pemasukan dan juga pengeluaran selama waktu tertentu. Hal ini untuk mencegah anggaran Anda menjadi defisit. Perlu diingat juga, penggunaan ATM pada bank Anda juga dapat menguras saldo Anda. Setiap ATM yang Anda gesek pada mesin selain Bank sendiri, akan memotong dana di rekening Anda, belum lagi dengan biaya bulanan seperti biaya kartu, biaya lain yang sebelumnya timbul pada kartu Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip sederhana untuk berhemat, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Kita Harus Membawa Uang Tunai?
Belajar Sistem Penganggaran Metode Amplop
12 Aturan Keuangan yang Harus Dipahami oleh Anak-anak
Tips Ibu Rumah Tangga Jepang dalam Menyimpan Uang
10 Tips Keuangan bagi Pelajar yang Baru Lulus Sekolah
Cara Mengatur Keuangan Saat Dimensia Datang
Apa yang Bisa Dipelajari dari Orang Kaya?
8 Prinsip untuk Mengelola Keuangan dengan Baik
Kesalahan Mengatur Keuangan yang Umum Terjadi
Cara Mengatasi Kemiskinan Diri Sendiri


Bagikan Ke Teman Anda