Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Belajar di Rumah Selama Pandemi Virus Corona

Pandemi virus corona yang kini mewabah juga berimbas pada bidang pendidikan dengan dihentikannya kegiatan belajar mengajar secara langsung. Meski begitu agar proses pembelajaran tetap berjalan diterapkan metode belajar online. Nah berikut ini adalah beberapa tips belajar di rumah selama pandemi virus corona yang patut kamu coba.

  1. Siapkan Ruangan Belajar Khusus

Ruang yang kondusif adalah salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan proses belajar secara online di rumah selama masa pandemi berlangsung. Ada dua hal yang menjadi poin utama kondisi ruang belajar yang baik yaitu tenang dan nyaman.

Artinya di dalam ruangan tersebut tidak ada gangguan seperti televisi dan fasilitas belajar seperti meja dan kursi juga sebiknya tersedia. Jika di dalam rumah terdapat beberapa orang pelajar sekolah ataupun universitas ada bagusnya jika memisahkan ruang belajar masing-masing.

  1. Buat Jadwal Belajar

Rumah memang selalu menjadi tempat ternyaman untuk bersantai dan melepas penat. Akan tetapi kondisi saat membuat kamu harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi seperti menerima fakta bahwa proses belajar mengajar tetap berlangsung dari rumah.

Agar kamu tidak lupa kapan harus belajar dan bersantai, maka buatlah jadwal khusus tentang waktu belajarmu. Hal ini juga sangat penting terutama jika kamu harus melalui proses pembelajaran secara live chat melalui aplikasi tertentu. Jadi peluang untuk ketinggalan pelajaran makin kecil.

  1. Ikut Pembelajaran Seperti Seharusnya

Banyak orang yang terlena dengan situasi belajar di rumah sebab keadaannya sangat berbeda jauh ketika berada di sekolah atau universitas. Akan tetapi hal itu bisa membawa dampak buruk jika terus diperturutkan seperti proses belajar menjadi tidak berhasil.

Oleh sebab itu mulailah membiasakan diri dengan belajar sebagaimana seharusnya. Jika di pusat pendidikan kamu belajar lengkap dengan paket buku cetak, buku catatan, dan pulpen, maka sediakan juga keperluan tersebut pada saat akan belajar walau hanya di rumah.

  1. Sediakan Peralatan Pendukung Belajar

Belajar dari rumah di tengah pandemi covid-19 tidaklah semudah kamu menyiapkan alat tulis, maka semuanya beres. Ada banyak hal yang perlu kamu sediakan untuk menjamin kelancaran proses belajar mengajar. Apalagi kegiatan ini melibatkan teknologi seperti aplikasi.

Ada tiga peralatan pendukung belajar di rumah yang minimal harus kamu miliki agar proses ini berjalan kondusif. Ketika peralatan tersebut adalah ponsel, laptop atau perangkat komputer, dan juga koneksi internet. Coba bayangkan jika koneksi internet di rumahmu buruk saat kamu sedang live chat belajar.

  1. Bagi Orang Tua, Dampingi Anak Belajar

Tips satu ini khusus untuk orang tua yang memiliki anak usia sekolah terutama yang masih anak-anak dan remaja. Biasanya rentang usia ini agak sulit untuk beradaptasi dan fokus belajar sendiri di rumah. Maka dari itu kehadiran orang tua di samping mereka selama proses belajar sangat diperlukan.

Para orang tua bisa cukup dengan memantau kegiatan belajar mereka dari jauh. Lalu apabila anak medapat tugas belajar yang cukup sulit, jangan ragu untuk memberi mereka bantuan. Anak-anak biasanya lebih senang melakukan aktivitas bersama dengan orang tua mereka. Lebih bagus lagi jika orang tua juga aktif berkomunikasi dengan guru.

  1. Hindari Gangguan

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa belajar di rumah memiliki banyak hal yang bisa mengganggu. Mulai dari televisi, ponsel, konsol game, saudara yang masih kecil, bahkan makanan. Oleh sebab itu salah satu tugas beratmu adalah berusaha menghindari hal itu.

Memiliki ruang belajar sendiri memang cukup efektif untuk menghindari gangguan belajar. Akan tetapi semuanya kembali kepada dirimu, seberapa besar niat dan tekadmu untuk fokus belajar. Contohnya kamu bisa mengatur waktu khusus untuk bermain sosial media di ponsel.

  1. Pertimbangkan Memasang Instrumen Musik

Tidak semua pelajar menyukai instrumen pada saat proses pembelajaran, tetapi sebagian ada juga yang justru lebih bersemangat untuk belajar jika diiringi alunan musik. Dalam hal ini sebenarnya kamu perlu berhati-hati sebab tidak semua jenis musik dapat membantumu belajar.

Memilih musik favorit juga dianggap kurang pas, karena kamu bisa terhanyut di dalam alunan tersebut. Salah satu aliran musik yang cukup baik yaitu lo-fi music yang memberi efek tenang tetapi tidak menghanyutkan. Apabila kamu kurang suka, maka mencoba soundtrack film favoritmu juga tidak masalah.

  1. Jaga Hubungan dengan Tenaga Pengajar

Guru dan dosen juga aktif memberi pengajaran untukmu selama pandemi covid-19 mewabah. Hanya saja meski proses belajar mengajar berlangsung, tenaga pengajar tidak bisa mengawasimu seperti pada saat hari-hari biasanya. Mereka juga tentu akan kesulitan untuk memantau perkembangan peserta didik satu persatu.

Maka dari itu dalam kondisi seperti ini kamu harus pandai menempatkan diri. Percayalah guru dan dosen akan memberi feedback untukmu seputar pelajaran meski agak lambat. Jadi apabila selama proses belajar kamu menghadapi kendala, jangan ragu untuk bertanya langsung kepada guru dan dosen.

  1. Kondusifkan Grup Chat untuk Membuat Kelompok Belajar

Tentunya kamu akan kesulitan untuk belajar bersama jika tidak boleh keluar rumah. Dalam keadaan seperti ini pahamilah dengan bijak bahwa ada banyak teknologi canggih yang bisa kamu manfaatkan untuk tetap berhubungan dengan teman sekolah atau kampusmu. Beberapa diantaranya adalah aplikasi berbasis chat seperti Whatsapp dan Line.

Kalau sebelum ini kamu sekadar memanfaatkan aplikasi tersebut untuk chat alakadarnya seperti saling mengomentari status dan membuat rencana jalan bersama, maka selama pandemi corona sebaiknya gunakan untuk membentuk group chat belajar bersama teman-temanmu.

Belajar di rumah selama pandemi ini memang sangat menjenuhkan. Tetapi percayalah, jika kita berjuang bersama maka akan dengan segera mungkin pandemi ini akan berakhir. Tetaplah semangat belajar.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips belajar di rumah selama pandemi virus corona, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Untung Rugi Kerja dari Rumah (Work from Home)
Mengapa Belajar Ekonomi Penting?
Untung Rugi Bekerja dari Rumah
Tips Mengendalikan Keinginan Belanja Impulsif
Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Keuangan
Situs-Situs untuk Belajar Online dari Rumah
Apa yang Akan Berbeda Setelah Adanya Corona Virus
Dampak Pandemi Virus Corona Terhadap Dunia
Faktor Ini Perlu Menjadi Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah!
Untung Rugi Makan di Rumah


Bagikan Ke Teman Anda