Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Jitu Cara Mempersiapkan Tabungan Pensiun

#pensiun #tabungan

Kita tentu ingin menikmati masa tua dengan nyaman tanpa mengkhawatirkan biaya hidup atau bahkan menyusahkan orang lain. Karena sayangnya meskipun sudah tidak bekerja atau pensiun, kebutuhan tidak lantas jadi berkurang. Justru dana untuk pengeluaran bisa lebih besar karena waktu yang dimiliki lebih banyak untuk melakukan hobi atau hal lain yang diinginkan. Sehingga untuk mendapatkan masa tua yang nyaman, kita perlu mempersiapkan dana tabungannya mulai dari sekarang. Berapapun usia Anda sekarang, tidak ada yang terlalu muda untuk mempersiapkan tabungan pensiun.

Agar bisa merencanakan dan mempersiapkan tabungan pensiun dengan baik, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda terapkan:

1. Rencanakan Kapan Pensiun dan Apakah Akan Bekerja Lagi

Langkah pertama adalah merencakan kapan Anda akan pensiun, atau target pada umur berapa Anda akan berhenti dari pekerjaan. Memang rata-rata perusahaan memiliki aturan tersendiri mengenai usia pensiun, sekitar usia 55 hingga 63 tahun. Namun bisa saja Anda memiliki keinginan untuk berhenti lebih cepat atau pensiun dini dari perusahaan.

Setelah itu, pikirkan juga apakah Anda akan bekerja lagi setelah pensiun atau tidak. Tentu saja bekerja setelah pensiun tidak akan sama dengan sebelum pensiun, karena ada batasan usia dan keterbatasan tubuh yang tidak seperti sebelumnya. Anda dapat mempertimbangkan untuk bekerja secara freelance atau pekerjaan lain yang membutuhkan pengalaman Anda selama ini.

Dan tidak ada salahnya juga jika Anda tidak ingin bekerja lagi setelah pensiun. Anda sudah bekerja keras selama ini, dan beristirahat saat masa pensiun adalah hal yang sangat pantas Anda dapatkan. Tentunya juga akan ada perbedaan dana yang harus disiapkan jika Anda memutuskan akan bekerja lagi atau tidak.

2. Buat Perkiraan Dana yang Dibutuhkan

Setelah merencanakan kapan akan pensiun dan apakah akan bekerja lagi atau tidak, langkah selanjutnya adalah membuat perkiraan dana yang dibutuhkan selama masa pensiun. Perkiraan ini berdasarkan berapa lama kira-kira total usia setelah pensiun dan bagaimana kehidupan yang Anda inginkan saat telah pensiun nanti. Sekarang ini, perkiraan usia manusia bisa hidup mencapai 85 hingga 90 tahun.

Jika Anda berniat pensiun di usia 55 tahun, maka Anda perlu mempersiapkan dana untuk keperluan hidup selama 20 hingga 30 tahun. Buatlah daftar kemungkinan pengeluaran yang akan muncul saat Anda pensiun nanti dengan rinci. Perkiraan dana akan meningkat jika standar hidup yang Anda inginkan pun tinggi, seperti misalnya ingin tinggal di villa pribadi atau jalan-jalan keliling dunia. Dan jika Anda berencana untuk bekerja lagi setelah pensiun, Anda bisa mengurangi kemungkinan penghasilan yang didapat dari perkiraan dana yang dibuat.

3. Menghitung Berapa yang Harus Ditabung Per-bulan

Begitu Anda telah menghitung berapa perkiraan dana yang dibutuhkan untuk masa pensiun, selanjutnya Anda perlu mengkalkulasikan besaran nominal yang harus masuk ke tabungan setiap bulannya. Cara sederhananya adalah dengan membagi total dana yang dibutuhkan dengan penghasilan tetap selama Anda akan bekerja sekarang. Idealnya, persentase yang harus disisihkan untuk tabungan pensiun adalah 30% dari total pendapatan bulanan Anda. Namun angka tersebut bisa saja berubah secara fleksibel, tergantung dengan keadaan, target tabungan pensiun yang diinginkan, hingga kenaikan pendapatan.

Jika menyisihkan sekian persen untuk tabungan pensiun dirasa masih sulit, cobalah untuk mengakali pengeluaran yang telah Anda lakukan selama ini. Yang paling dasar adalah menyesuaikan pengeluaran dan gaya hidup sesuai dengan pendapatan setelah dikurangi untuk menabung, bukan sebaliknya. Tentu saja, sangat wajar jika sesekali Anda ingin menghadiahi diri sendiri atas pencapaian kerja yang telah diraih. Namun hal itu akan menggerogoti uang Anda jika terus dilakukan dan membuat Anda lupa untuk menabung.

4. Memiliki Pendapatan Pasif

Berinvestasi adalah salah satu cara jitu untuk menerima pendapatan yang terus mengalir tanpa banyak usaha atau pendapatan pasif, sehingga akan menambah tabungan Anda. Namun sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ingatlah untuk selalu teliti dan hati-hati dalam memilih serta memprediksi resiko yang akan muncul. Sebaiknya investasi dilakukan pada hal yang memiliki resiko kecil untuk menghindari kerugian yang malah akan menghabiskan tabungan Anda nantinya.

Anda bisa berinvestasi dengan menanam saham atau membuat usaha sampingan yang memberikan pendapatan rutin tiap bulannya. Bisnis properti memang tampak menjanjikan, namun sortir kembali bisnis yang sekiranya bisa terus berjalan tanpa terlalu terpengaruh keadaan ekonomi. Anda bisa membuat kontrakan atau kos-kosan di dekat kawasan kampus atau perkantoran, atau membuat usaha rental game dan internet yang selalu digandrungi anak muda.

5. Pakai Tabungan Saat Benar-benar Sudah Pensiun

Sesuai dengan namanya yaitu tabungan pensiun, maka pakailah saat Anda benar-benar sudah memasuki masa pensiun. Jangan sampai Anda menggunakan uang yang ada dalam tabungan pensiun untuk kebutuhan lain, apalagi saat Anda tergoda untuk melakukan investasi. Bagaimanapun juga, uang yang dikeluarkan akan lebih sulit untuk didapatkan kembali nantinya.

Untuk menghindari penggunaan tabungan pensiun untuk kebutuhan lain, buatlah tabungan lain yang bertujuan sebagai emergency funds. Anda perlu memiliki emergency funds ini setidaknya sebesar jumlah pengeluaran rutin selama 6 hingga 12 bulan. Jadi ketika tiba-tiba Anda mendapatkan musibah seperti kecelakaan atau anak sakit, Anda bisa menggunakan tabungan emergency ini dan tidak menyentuh tabungan pensiun.

Demikianlah langkah-langkah yang bisa Anda terapkan dalam merencanakan dan mempersiapkan tabungan pensiun. Memang tidak mudah untuk menabung, baik tabungan pensiun atau tabungan lainnya yang diperlukan. Namun ingat kembali bahwa berhemat untuk menabung sekarang akan membuat Anda lebih nyaman dan terjamin nantinya. Seperti kata nasihat orang tua kita dulu, hemat pangkal kaya dan boros pangkal miskin. Semoga informasi ini berguna dan selamat mencoba!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips jitu cara mempersiapkan tabungan pensiun, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, Indonesia, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.