Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Jitu untuk Menghindari Kredit Motor Macet

#kredit macet #kredit motor

Salah satu risiko dalam mengambil kredit motor dan kredit lainnya adalah kredit macet. Kredit macet adalah kondisi dimana seorang debitur tidak bisa melakukan kewajiban pembayaran hutang kredit kepada pihak pemberi kredit. Macet kredit ini bisa disebabkan oleh banyak faktor dan pastinya bisa dialami oleh siapa pun debitur kredit. Selain akan memberatkan kondisi keuangan Anda, kredit macet juga akan membuat nama Anda masuk dalam black list kredit. Bila Anda telah masuk dalam daftar hitam ini, Anda akan mengalami kesulitan bila hendak mengambil kredit lainnya di lain waktu. Untuk menghindari hal ini, berikut adalah tips jitu untuk menghindari kredit macet yang patut Anda lakukan.

Ambil Motor Sesuai Kemampuan Anda

Hal pertama yang penting diputuskan dalam mengajukan kredit motor adalah pemilihan motor. Pastikan bahwa Anda memilih motor yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Memang betul bahwa Anda harus juga memilih motor yang sesuai dengan keinginan Anda, namun keinginan itu juga harus disesuaikan dengan kemampuan Anda. Jangan sampai Anda mengajukan kredit motor mahal yang angsuran per bulannya tidak dapat Anda bayar. Perlu diingat bahwa dalam sebulan, Anda juga harus mengeluarkan uang untuk pengeluaran lainnya sehingga Anda harus mengetahui betul anggaran yang Anda miliki untuk membayar cicilan kredit motor.

Jangan membeli motor dengan plafon terlalu tinggi yang jauh dari kemampuan batas bayar Anda. Secara kasar, total cicilan kredit bulanan Anda tidak boleh lebih dari 30 persen dari penghasilan Anda. Bila lebih dari angka tersebut, risiko kredit macet akan semakin tinggi. Selain itu kemungkinan kredit Anda disetujui juga akan menurun. Ingatlah untuk membeli motor sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Batasi Pengeluaran Bulanan

Setelah kredit Anda disetujui, Anda juga harus pintar pintar mengatur keuangan Anda. Jangan ragu untuk melakukan pembatasan dalam pengeluaran bulanan Anda. Pastinya ada beberapa biaya bulanan yang tidak bisa dihindari seperti biaya keperluan rumah (listrik, air, telepon, internet, dll), biaya makan sehari hari, transportasi, biaya sekolah, bayar kontrak / kos dan biaya tetap lainnya.

Untuk mengurangi pengeluaran, Anda bisa mulai membatasi diri dari kegiatan nongkrong di kafe atau kegiatan senang senang lainnya. Misalnya bila dalam seminggu Anda bisa 5 kali pergi ke kafe, coba batasi diri dengan pergi sekali selama seminggu atau maksimum 5 kali dalam sebulan. Cobalah untuk sedikit berhemat agar kredit motor Anda bisa dibayarkan dengan lancar dan Anda masih bisa menabung untuk keperluan lainnya.

Hindari Kredit Lain

Salah satu hal yang juga harus dihindari selama melakukan kredit motor dan kredit jenis lainnya adalah pengajuan kredit lainnya. Saat Anda masih berhutang pada pihak bank atau leasing untuk kredit motor, janganlah melakukan kredit lain seperti kredit mobil atau kredit KTA. Anda harus mengurangi kredit lain yang bersifat konsumtif.

Pada zaman ini, pengajuan kredit menjadi semakin mudah. Hampir semua barang bisa dikreditkan, mulai dari sepatu, jam tangan sampai tiket pesawat. Dengan adanya kemudahan ini, bukan berarti Anda bisa mengambil kredit atau cicilan lain meski pun Anda mengambil fasilitas cicilan 0% misalnya. Fokuslah untuk membayarkan angsuran kredit motor Anda tiap bulannya. Dengan menambah kredit lain yang bersifat konsumtif, Anda akan menambah beban finansial Anda dan berisiko lebih tinggi untuk mengalami kredit macet.

Selalu Bayar Angsuran Tepat Waktu

Dalam melakukan kredit motor, pastikan bahwa Anda selalu membayarkan cicilan bulanan sebelum tanggal jatuh tempo. Jangan pernah malas atau pun lupa dalam membayarkan cicilan motor Anda. Bila Anda tidak membayarkan angsuran motor Anda dengan tepat waktu, Anda akan terkena denda yang nantinya akan diakumulasi pada cicilan bulan berikutnya.

Cicilan selanjutnya pastinya akan lebih tinggi dan memberatkan Anda. Buatlah cicilan kredit motor Anda sebagai salah satu prioritas pengeluaran bulanan Anda. Jangan terbiasa untuk menunda pembayaran atau pun memakai alokasi dana cicilan Anda untuk kebutuhan lainnya yang sebenarnya tidak mendesak. Cara paling baik adalah membayarkan cicilan motor Anda tepat setelah Anda mendapatkan gaji bulanan. Dengan ini, Anda sudah tidak bisa memakai uang Anda untuk keperluan lainnya yang bersifat konsumtif.

Bila Anda sudah menunda pembayaran kredit bulanan, Anda akan terbiasa dengan kondisi ini dan nantinya akan berujung kesulitan membayar angsuran yang makin tinggi karena bunga kredit. Bila terus seperti ini, Anda bisa mengalami kredit macet. Oleh karenanya, pastikan diri Anda disiplin dalam pembayaran cicilan kredit motor

Mengatasi Kredit Macet

Bila memang Anda sudah mengalami kondisi kredit macet, Anda sebenarnya masih bisa melakukan sesuatu yang bisa meringankan beban keuangan Anda. Caranya adalah dengan mengajukan restrukturisasi kredit kepada pihak bank atau leasing. Restrukturisasi kredit ini adalah upaya yang dilakukan untuk memperbaiki kredit debitur agar debitur tersebut bisa membayar hutangnya kepada pihak kreditur. Restrukturisasi kredit motor bisa dilakukan dengan cara rescheduling, restructuring, dan reconditioning. Kunci untuk mendapatkan perbaikan kredit ini adalah Anda harus bersikap kooperatif dan menuntujan itikad baik untuk melunasi hutang Anda.

Inti dari cara untuk menghindari kredit macet adalah melakukan rencana keuangan yang matang. Pastikan Anda melakukan tips di atas secara baik. Bila sudah melakukan tips di atas, kami yakin Anda bisa terhindar dari risiko kredit macet.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips jitu untuk menghindari kredit motor macet, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.