Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Lepas dari Jeratan Hutang Kartu Kredit

#hutang kartu kredit #tip kartu debit

Memiliki kartu kredit memang menyenangkan. Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan. Penggunaanya yang simpel, sampai promo-promo menarik seperti promo tiket murah, diskon belanja, dan lain-lain.

Namun jika tidak digunakan dengan bijak, kartu kredit justru dapat membawa anda ke dalam jeratan hutang. Ditambah lagi dengan suku bunganya yang akan membuat hutang kartu kredit anda makin membengkak setiap bulannya.

Jika tidak buru-buru dilunasi, maka beban hutang yang harus anda besar akan terus meningkat karena bunga tadi. Namun bagaimana jika jumlah hutang kartu kredit anda sudah terlalu besar dan tidak bisa langsung dilunasi karena gaji atau pendapatan tidak sesuai?

Berikut ini adalah tips terlepas dari jeratan hutang kartu kredit:

  • Gunakan Uang Tabungan untuk Membayar Hutang

Anda mungkin sudah mempunyai rencana sendiri dengan uang tabungan yang sudah anda kumpulkan bertahun-tahun. Seperti untuk membeli rumah, sebagai biaya pernikahan nanti, untuk membeli kendaraan, atau keperluan jangka panjang lainnya.

Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan uang tabungan anda untuk melunasi hutang-hutang kartu kredit. Karena jika tidak segera dilunasi, jumlah uang yang harus anda bayar akan lebih besar lagi. Lebih baik anda gunakan uang tabungan tersebut, namun anda tidak punya hutang. Dibandingkan anda punya tabungan tapi juga punya banyak hutang kartu kredit.

Ketika telah lepas dari jeratan hutang kartu kredit, anda bisa mulai kembali menabung sedikit demi sedikit. Tentu ini lebih baik daripada menunda membayar hutang yang jumlahnya akan terus bertambah setiap bulannya.

  • Bekerja Sampingan untuk Mendapatkan Uang Tambahan

Jika gaji utama anda tidak cukup untuk membayar hutang kartu kredit, maka mencari pekerjaan sampingan adalah cara terbaik untuk mempercepat pelunasan hutang tersebut. Anda bisa bekerja apa saja, mulai dari jual pulsa, menjual makanan, atau berjualan pakaian secara online.

Dengan mencari pekerjaan sampingan, itu artinya pundi-pundi rupiah yang masuk ke dompet anda akan lebih banyak dibandingkan hanya mengandalkan gaji pokok saja. Dengan begitu, anda bisa lebih cepat melunasi hutang-hutang kartu kredit.

Jika cukup rajin bekerja sampingan, anda bisa melunasi hutang-hutang kartu kredit dengan waktu yang cepat dan terhindar dari bunga yang membuat hutang tersebut jadi lebih besar.

  • Jual Aset yang Anda Miliki

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa bunga hutang kartu kredit akan terus bertambah setiap bulannya, sehingga jumlah uang yang harus anda bayarkan juga semakin besar. Untuk mempercepat pelunasan hutang, anda bisa menjual aset-aset yang anda miliki.

Menjual aset kendaraan seperti mobil, motor, atau perhiasan sangat disarankan. Dengan menjual aset-aset tersebut, anda akan punya dana segar yang cukup besar untuk melunasi hutang-hutang kartu kredit anda. Tidak perlu merasa sayang dan sungkan untuk menjual aset-aset tersebut.

Ingat, jika anda tidak segera melunasi hutang kartu kredit tersebut, maka jumlah hutang anda akan semakin membengkak setiap bulannya. Semua aset yang anda jual bisa anda beli lagi jika hutang-hutang kartu kredit telah terlunasi.

  • Jangan Gunakan Kartu Kredit untuk Sementara Waktu

Salah satu cara paling efektif untuk lepas dari jeratan hutang kartu kredit tentu saja dengan berhenti menggunakan kartu kredit, setidaknya untuk sementara waktu, sampai anda benar-benar telah melunasi hutang-hutang tersebut.

Dengan berhenti menggunakan kredit, itu artinya jumlah tagihan kartu kredit anda tidak akan bertambah. Ini bagus karena dengan begitu beban anda tidak semakin bertambah. Gunakanlah uang tunai ketika ingin membeli sesuatu.

Ketika anda berhasil lepas dari jeratan hutang kartu kredit, anda bisa mulai menggunakan kartu kredit kembali. Namun ingatlah dengan apa yang pernah anda alami sekarang. Jangan sampai anda terjatuh di lubang yang sama, yaitu kembali terjerat hutang kartu kredit. Gunakanlah kartu kredit secara bijaksana.

  • Pinjam Uang Dari Keluarga atau Teman

Jangan salah, maksud dari pinjam uang kepada keluarga atau teman bukanlah untuk menambah hutang anda. Melainkan sebaliknya, yaitu untuk mengurangi beban hutang anda. Dengan meminjam uang kepada keluarga atau teman, kamu tidak akan dibebankan bunga setiap bulannya.

Dengan begitu, kamu bisa melunasi hutang kartu kredit dengan cepat sebelum bunganya menumpuk. Tapi satu hal yang perlu anda catat adalah, segera kumpulkan uang untuk mengembalikan uang yang anda pinjam dari keluarga atau teman.

Itu dia 5 cara yang bisa kamu terapkan untuk lepas dari jeratan hutang kartu kredit. Satu hal yang perlu diingat adalah, tidak ada masalah tanpa jalan keluar. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Ketika anda telah berhasil lepas dari jeratan hutang kartu kredit, gunakanlah kartu kredit anda secara cerdas dan bijaksana.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang beberapa tips untuk lepas dari jeratan hutang kartu kredit, semoga bermanfaat.

Artikel Populer

anak, bank, bisnis, deposito, fraud, hidup, investasi, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.