Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Mengambil KTA Agar Tidak Macet Membayar Cicilan

#macet membayar cicilan #tip KTA

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan salah satu produk perbankan yang memungkinkan nasabahnya untuk meminjam sejumlah uang tanpa perlu memberikan jaminan dan mempersiapkan aset yang dimiliki nasabah. Aset berupa barang atau surat berharga tidak dibutuhkan untuk mengambil KTA. Bank hanya akan menentukan apakah seseorang layak mendapatkan KTA dilihat dari riwayat pemakaian kredit sebelumnya, apakah calon nasabah memiliki catatan finansial yang baik.

Cukup banyak bank di Indonesia yang menawarkan KTA dengan berbagai benefit untuk nasabah, diantaranya adalah KTA Danamon, KTA Bank Mandiri, KTA HSBC, KTA BNI, KTA BCA, KTA Bank Permata, KTA Bank Panin, KTA Standart Chartered, KTA Citibank, KTA Maybank, KTA Bank BNP, KTA ANZ, dan lainnya.

Kredit Tanpa Agunan dapat digolongkan sebagai jenis kredit konsumtif, karena penggunaannya memang ditujukan untuk sesuatu yang sifatnya tidak menghasilkan uang, misalnya untuk biaya pendidikan, pengobatan, renovasi rumah, pernikahan, bisnis, membeli kendaraan pribadi, dan kebutuhan lainnya.

Dengan mengambil kredit KTA, memang terdapat berbagai keuntungan yang akan didapatkan nasabah, seperti misalnya:

  1. Nasabah tidak dipersulit dengan mengurusi jaminan untuk kredit
  2. Pinjaman kredit dapat disesuaikan penggunaannya dengan kebutuhan nasabah
  3. Suku bunga rata-rata rendah dan jumlahnya tetap selama masa kontrak kredit
  4. Periode mencicil atau tenor kredit dapat disesuaikan dengan kemampuan nasabah, bervariasi dari 12 – 60 bulan.
  5. Ada perlindungan asuransi untuk KTA dari bank tertentu
  6. Limit pinjaman cukup besar, dapat mencapai Rp 300 juta.

Berbagai keuntungan tersebut tentunya akan membuat siapapun tertarik untuk mengajukan KTA. Sebelumnya, simak beberapa poin berikut sebagai tips mengambil KTA agar Anda tidak salah langkah dan kredit berjalan dengan lancar tanpa ada masalah.

  • Kenali Debt Ratio Pribadi

Walaupun memang bunga untuk KTA cukup rendah dan syaratnya mudah, Anda harus terlebih dahulu mengenali debt ratio pribadi.

Debt ratio (rasio hutang) merupakan istilah yang menyatakan perbandingan antara pendapatan seseorang per bulannya dengan cicilan kredit yang sedang dilakukan.

Debt ratio (rasio hutang) = Pendapatan per bulan / Cicilan kredit x 100%

Misalnya saja, Anda memiliki gaji sebesar 10 juta rupiah per bulannya. Dari gaji tersebut, Anda harus membayarkan cicilan kartu kredit sebesar 1 juta rupiah, cicilan kredit rumah sebesar 2 juta rupiah, dan cicilan kredit mobil sebesar 1 juta rupiah. Total cicilan Anda seluruhnya adalah 4 juta rupiah. Dari persamaan di atas, Anda dapat menentukan debt ratio nya, yaitu sebesar 40%.

Debt ratio ini sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum Anda mengambil kredit. Para pakar keuangan menyarankan agar debt ratio yang Anda miliki tidak melebihi nilai 40%. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan agar Anda kedepannya tidak terlilit hutang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Jika rasio hutang lebih dari 40%, biasanya seseorang akan kesulitan membagi penghasilannya untuk cicilan dan untuk biaya hidup sehari-hari, atau bahkan seluruh penghasilannya habis dengan cicilan. Beberapa bank bahkan menetapkan debt ratio tidak melebihi 30% sebagai angka aman untuk mengambil KTA.

  • Pertimbangkan Berbagai Biaya yang ada Dalam KTA

Bukan hanya membayarkan cicilan setiap jatuh waktu pembayaran cicilan dan bunga, Anda juga harus memperhatikan berbagai biaya yang diperlukan untuk mengambil KTA. Biaya-biaya tersebut adalah

  1. Besarnya bunga pinjaman, bergantung dari tenor kredit dan jumlah kredit yang diambil
  2. Biaya provinsi, atau biaya administrasi untuk mencairkan dana pada nasabah
  3. Biaya asuransi, untuk asuransi jiwa atau bangunan
  4. Biaya keterlambatan, jika suatu saat hal tak terduga datang dan Anda terlambat membayar cicilan atau bunga pinjaman
  5. Biaya pelunasan dipercepat, jika Anda ingin melunasi kredit lebih cepat.

Biaya-biaya tersebut perlu Anda perhatikan pula, besarnya berbeda-beda untuk tiap bank dan tiap daerah. Pastikan Anda memilih bank yang mensyaratkan biaya terendah.

  • Pertimbangan Jangka Waktu Cicilan

Umumnya bank akan menawarkan pada Anda tenor atau jangka waktu cicilan yang bervariasi untuk KTA, mulai dari 12 bulan, 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, dan seterusnya. Pertimbangkanlah jangka waktu cicilan ini baik-baik sesuai dengan kemampuan Anda, jangan sampai terlalu memberatkan atau bahkan terlalu ringan.

Ingat selalu bahwa semakin lama jangka waktu Anda melakukan cicilan, semakin besar nilai bunga yang harus Anda bayarkan. Jika Anda mampu mencicil lebih cepat, maka akan lebih baik, namun hindari terlalu memaksakan diri sehingga harus membayar biaya keterlambatan yang seharusnya tidak ada. Hindari juga percepatan pelunasan, karena Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk itu, yang biasanya nilainya juga tidak kecil.

  • Perhatikan Jenis Bunga yang Ditawarkan

Bunga yang ditawatrkan bank jumlahnya bervariasi, tergantung pula dengan jumlah pinjaman dan jangka waktu pembayaran. Yang harus Anda perharikan adalah terdapat 2 jenis sistem bunga yang ditawarkan bank, yaitu bunga tetap (fixed rate) dan bunga mengambang (floating rate).

Untuk bunga tetap, nasabah akan diminta untuk membayarkan nilai bunga yang sama untuk setiap kali pembayaran cicilan. Misalnya sebuah bank menawarkan bunga fixed rate sebesar 8% untuk satu tahun, maka selama pembayaran cicilan, Anda akan dikenakan bunga 8% yang jumlahnya tidak bertambah atau berkurang.

Sementara itu dalam sistem bunga mengambang, bunga yang harus dibayarkan nasabah bisa terbilang sangat fluktuatif tergantung dengan kondisi pasar. Jika ekonomi sedang membaik, maka bunga KTA akan lebih rendah (berkisar di bawah 10%), namun jika sedang sulit, bunga bisa melebihi 15%. Perhatikan pula bahwa beberapa bank ada yang menggabungkan kedua jenis bunga ini dengan sistemnya masing-masing.

Demikianlah kiat-kiat untuk mengambil Kredit Tanpa Agunan dan berbagai hal yang harus diperhatikan. Semoga berguna bagi Anda yang sedang ingin mengajukan KTA untuk keperluan pribadi dan keluarga.

Artikel Terkait

Demikian Artikel tentang tips mengambil KTA agar tidak macet membayar cicilan, semoga bermanffat bagi Anda semua.

Artikel Populer

bank, deposito, fraud, hutang kartu kredit, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit handphone, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak kartu kredit, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.