Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Mengelola Anggaran Keluarga Secara Umum

Menikah dan berkeluarga merupakan momen yang luar biasa membahagiakan dalam hidup. Saat masih lajang, mungkin belum terpikirkan untuk belajar mengelola keuangan dan ini masih bisa dipahami.

Namun berbeda ketika sudah memasuki kehidupan berkeluarga. Karena apa yang dibayangkan sewaktu masih lajang bisa sangat jauh berbeda ketika sudah menjalaninya,

Bila saat lajang anda terbiasa melakukan apapun sendiri, termasuk dalam mengelola keuangan. Namun ketika sudah menikah tentu akan berbeda karena sudah memiliki pasangan.

Karena di dalam pernikahan ada dua pemikiran yang berbeda, jangan sampai perbedaan ini menjadi penghalang dalam membangun keluarga yang harmonis hanya karena berbeda pendapat soal pengelolaan keuangan.

Meskipun terkadang sulit namun sesungguhnya mengelola anggaran keluarga tak sesulit yang dibayangkan, simak beberapa tips berikut agar keuangan keluarga bisa terkelola dengan baik.

1. Diskusikan Bersama

Dalam mengatur keuangan keluarga diperlukan adanya peran suami dan istri, terlepas siapa yang berperan sebagai pencari nafkah apakah salah satunya ataukah keduanya. Sikap terbuka akan menimbulkan rasa aman dan saling mempercayai.

Jika masih ada yang disembunyikan antara pasangan, ini bisa menimbulkan keadaan yang bisa memicu keretakan sebuah rumah tangga. Karenanya jangan pernah saling menutupi, karena keluarga haruslah dibangun atas dasar kepercayaan begitupun saat mengelola keuangan.

Akan jauh lebih baik bila keduanya saling berbicara dari hati ke hati lebih dahulu tentang kondisi keuangannya masing-masing, agar nanti saat mengelola uang tidak saling terjadi kesalah-pahaman.

2. Tingkatkan Disiplin Diri

Belajar bagaimana mendisiplinkan diri dan mengatasi setiap permasalahan keuangan dalam sebuah keluarga sangatlah penting. Belajarlah dari pengalaman orang tua dalam mengelola uangnya, namun sesuaikan dengan keadaan keluarga anda saat ini. Karena meskipun baik, namun kondisi yang dialami pastilah sangat berbeda.

Jangan cepat tergiur iming-iming kemudahan mendapatkan pinjaman jenis kartu kredit bila belum memiliki disiplin diri yang besar. Karena yang ditawarkan hanya kemudahan menggunakannya bukan kemudahan pengembaliannya.

Disiplin ini harus dalam semua aspek kehidupan keluarga untuk bisa lebih mengelola kehidupan keluarga menjadi lebih baik.

3. Buat Anggaran Keluarga

Mengatur penghasilan dan juga pengeluaran keluarga secara rutin dalam sebuah anggaran yang terencana sangat penting manfaatnya demi menjaga keuangan tetap dalam kondisi yang stabil dan aman.

Atur setiap pengeluaran yang berbeda-beda sesuai dengan kategorinya, mulai drai pengeluaran wajib, belanja rumah tangga maupun lain – lainnya dalam anggaran tidak terduga.

Anggaran ini bisa membantu keuangan menjadi lebih terkontrol agar tidak melebihi penghasilan bulanan yang di dapat. Selain itu juga membantu membuat perencanaan keuangan lebih matang, karena bisa dibuat secara periodik sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi yang dialami.

4. Berikan Edukasi Keluarga Tentang Pentingnya Menghargai Uang

Meskipun anda bisa memberikan apapun yang diminta oleh keluarga, namun akan lebih baik bila anda juga mengajarkan betapa uang tak bisa didapat hanya dengan meminta, namun berusaha.

Dengan begitu anak-anak akan merasa sayang dan menghargai uang yang dimilikinya dengan tidak membelanjakannya secara sembarangan.

Sedari dini ajari anak untuk mau berusaha jika ingin mendapatkan apa yang ia inginkan. Misalnya berikan reward saat anak rajin dan giat belajar atau mau membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah.

Ini membantu anak untuk bisa menghargai bagaimana menggunakan uangnya, karena mendapatkannya perlu usaha dan bukan hanya dengan meminta saja. Ajari pula bila menginginkan sesuatu perlu usaha juga, misalnya menabung bila ingin membeli sesuatu.

Dengan mengajari anak tentang pentingnya menabung untuk bisa mendapatkan apa yang diinginkan, ini akan membuat anak memiliki usaha lebih dan bukannya mengharapkan orang tua saja dengan menangis atau merengek.

5. Ajari Pentingnya Peran Seluruh Anggota Keluarga

Mengatur dan mengelola keuangan dalam sebuah keluarga bukan hanya peran satu orang saja namun seluruh anggotanya. Sebab, jika tidak ada kerja sama maka bisa dipastikan bila pengelolaan keuangan bisa menjadi sangat kacau.

Karen pengelolaan keuangan harus dijalankan dengan terencana bukan dengan sesuka hati, jika ingin menikmati masa tua dalam kondisi finansial yang stabil dan relatif aman.

6. Pikirkan Tentang Tempat Tinggal

Memiliki rumah memang sangat penting untuk sebuah keluarga, selain sebagai tempat untuk berteduh rumah juga bertujuan untuk investasi. Jadi jangan takut untuk memiliki sebuah rumah meskipun memang uang yang diperlukan tidaklah sedikit.

Anda bisa mulai memikirkan untuk mengajukan kredit rumah untuk bisa mendapatkan sebuah tempat tinggal. Sesuaikan penghasilan dengan rumah yang diinginkan serta cicilan bulanannya agar tidak menjadi beban baru di kemudian hari.

7. Lindungi Diri dan Keluarga dengan Asuransi

Saat ini memberikan perlindungan pada keluarga menjadi hal yang sangat penting. Asuransi menjadi salah satu perlindungan bagi keluarga yang sangat tepat, karena banyak aspek yang bisa di cover, misalnya menyangkut kesehatan, pendidikan, kecelakaan, rumah, mobil, jiwa maupun hal-hal lain sesuai dengan kebutuhan.

Perlindungan ini dimaksudkan agar menjaga diri dan keluarga selalu dalam kondisi aman, ketika terjadi sesuatu yang tidak terduga masih ada yang bisa diharapkan untuk mendapatkan bantuan misalnya soal finansial.

Mengelola keuangan dalam sebuah keluarga memang memerlukan effort yang lebih, karena tak hanya mengandalkan satu orang saja namun juga seluruh anggota keluarga untuk bisa menciptakan keluarga yang aman secara finansial. Memang bukan hal yang mudah namun demikian juga bukan hal yang mustahil. Kuncinya adalah, selalu jalin komunikasi yang baik dan sikap saling terbuka. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips mengelola anggaran keluarga secara umum, semoga bermanfaat nagi Anda semua.



Tip Keuangan untuk Kamu yang Baru Lulus dari SMA
7 Tip Perencanaan Keuangan Pribadi dan Investasi
6 Jenis Biaya yang Semestinya Bisa Dihindari
Cara Mengatur Keuangan Saat Dimensia Datang
Contoh Keputusan Finansial yang Buruk
Tips Ibu Rumah Tangga Jepang dalam Menyimpan Uang
Cara Orang Kaya Tetap Kaya
Manfaat Menyimpan Uang dalam Bentuk Deposito
Pentingnya Perencanan Keuangan untuk Kehidupan Masa Depan
Cara Mengatur Keuangan Bagi Anak Kost


Bagikan Ke Teman Anda