Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Pintar Pelunasan Kartu Kredit

#pelunasan kartu kredit #tip kartu kredit

Anda pengguna kartu kredit sudah mendapat peringatan dari penerbit, alias hutang menumpuk atau istilah kerennya overlimit. Lalu Anda merasa tidak mungkin untuk melunasi semua hutang tersebut? Permasalahan ini pernah dialami oleh sebagian besar pengguna kartu kredit lainnya. Hal ini dikarenakan hasrat pengguna, termasuk Anda yang tidak terkontrol untuk berbelanja dengan kartu kredit tanpa kendali. Atau dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang bagaimana cara bijak menggunakan kartu kredit bagi pemula. Misalnya, Anda sebenarnya mampu membayar penuh di tagihan awal, namun karena suatu hal membuat Anda mengabaikan dan hanya membayar sebagian atau mengikuti standar minimum dari total tagihan.

Lalu bagaimana cara penyelesaian yang tepat? Jangan khawatir, ada beberapa cara pelunasan pintar yang biasa disarankan oleh para ahli keuangan. Bisa juga anda temukan di artikel lainnya. Dan berikut adalah tips pelunasan pintar berdasarkan pengalaman pribadi saya.

  • Hentikan Penggunaan Kartu Kredit

Menghentikan penggunaan kartu kredit merupakan cara tepat pertama yang paling penting dalam rangka melunasi tunggakan kartu kredit.  Memang tidak membuat penerbit Berhenti menambah denda dan mengeluarkan penagihan. Namun setidaknya mencegah angka tagihan bertambah besar.

  • Pembayaran Minimum Secara Teratur

Semua penerbit memiliki kebijakan yang cukup menguntungkan disaat seperti ini, yaitu membayar minimum 10% dari total tagihan.Bagi Anda yang hanya memiliki satu kartu kredit saja, gunakan kesempatan ini untuk membantu meringankan beban tagihan. Jika dilakukan terus-menerus dapat terus memperkecil jumlah tagihan hingga nol rupiah. Atau anggap saja ini trik mengulur waktu jika Anda berencana mendapatkan sumber dana lain untuk melunasi tagihan penuh.

  • Buat Perencanaan Prioritas Dalam Pelunasan

Bagi Anda yang memiliki lebih dari satu kartu kredit dan semuanya menunggak hutang, buatlah perencanaan pelunasan secara matang. Ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih menyesuaikan kondisi kartun kredit yang dimiliki.

  • Lunasi Kartu Kredit dengan Bunga Terbesar

Ilustrasinya begini, Anda memiliki budget pelunasan kartu kredit Rp 3 juta setiap bulannya. Tagihan minimum kartu kredit A adalah Rp 800 ribu dengan bunga 5 persen. Sementara tagihan minimum kartukredit B adalah Rp 500 ribu dengan bunga 3 persen.

Disarankan Anda membayar tagihan minimum untuk kedua kartu kredit itu sebanyak Rp 1,3 juta. Kemudian sisa dari budget bisa Anda alokasikan untuk membayar hutang tunggakan kartu kredit A yang memiliki bunga lebih tinggi. Jadi untuk bulan ini anda berhasil mencicil kartu kredit A Rp 800 ribu + Rp 1,7 juta menjadi total Rp 2,5 juta.

  • Lunasi Hutang Kartu Kredit Terkecil Terlebih Dahulu

Fokuskan budget Anda untuk melunasi kartu kredit dengan tunggakan hutang paling kecil terlebih dahulu. Kemudian barulah Anda bisa focus pada hutang kartu kredit yang lebih besar.

  • Buat Hutang Baru Untuk Melunasi Hutang Kartu Kredit

Istilah kerennya gali lubang tutup lubang, namun cukup efektif jika Anda menginginkan cara cepat. Ketika anda berniat mencari pinjaman baru, yang perlu diingat adalah pastikan pinjaman tersebut memiliki bunga yang lebih kecil dan tenor yang lebih panjang. Akan lebih memudahkan lagi jika Anda berhasil mendapat pinjaman tanpa bunga, misalkan dari sanak saudara maupun teman.

  • Pakai Aset dan Tabungan

Bila Anda memiliki aset pribadi atau tabungan, gunakanlah sementara untuk lunasi hutang kartu kredit dengan dua hal tadi.  Jauh lebih baik daripada Anda harus berhutang dan membuat tidur tidak nyenyak. Aset dan tabungan bisa kembali dimiliki saat Anda terbebas dari hutang nantinya

  • Mencari Pemasukan Tambahan

Jika mengandalkan gaji dari pekerjaan pokok memang tidak mencukupi dan akan mengganggu kebutuhan utama bulanan Anda. Lalu dari mana bisa mendapatkan pemasukan tambahan? Gunakan keahlian dan minat yang dimiliki. Sangat disarankan bagi Anda jika tidak ingin menambah hutang baru. Misalkan Anda mahir dalam hal memasak dan membuat kue, buatlah masakan kemudian bisa dipasarkan pada teman-teman sekantor untuk sarapan atau dititipkan pada kantin. Atau di era sekarang sudah banyak jenis pekerjaan lepas yang pembayaran jasanya diberikan pada Anda saat kerja selesai. Gunakan koneksi Anda jika ada, atau sudah banyak situs-situs online yang sangat efektif membantu mencari pekerjaan.

  • Negosiasi Dengan Bank

Solusi ini bisa dilakukan saat hutang Anda sudah terlalu besar dan tidak memiliki opsi lain. Bernegosiasi dan mintalah bank melakukan refinance hutang kartu kredit. Mintalah kepada bank untuk menghentikan penambahan bunga hutang, sehingga jumlah hutang tidak semakin membengkak. Kemudian bank akan menghitung ulang jumlah hutang dan bunga terakhir, lalu Akan diberi opsi lamanya pelunasan beserta jumlah hutang yang harus dibayarkan setiap bulan, tanpa bunga! Cukup meringankan bukan? Ingat, tidak ada istilah penangguhan hutang, selain itu tidak akan membantu bank menghentikan penagihan kepada Anda.

Disaat pembayaran hutang kartu kredit melebih jatuh tempo dan mulai tersendat, pihak bank akan terus menghubungi Anda untuk memastikan melakukan pembayaran. Tetap hadapilah, jangan  mengabaikannya karena akan mengganggu keseharian Anda hingga susah tidur. Jika terus Anda hindari, ada kemungkinan bank akan langsung mengalihkan masalah kredit macet Anda pada pihak ketiga yaitu Rentenir. Yang membuat jauh lebih beresiko dan berbahaya.

Memiliki kartu kredit memang membutuhkan tanggung jawab besar serta pengetahuan yang cukup. Sangat penting untuk mencegah pemilik kartu kredit terjebak hutang. Padahal jika Anda bijak dalam penggunaannya, kartu kredit memiliki banyak keuntungan yang bisa diambil untuk keperluan gaya hidup maupun disaat penting Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang beberapa tips pintar pelunasan kartu kredit, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

bank, deposito, fraud, hutang kartu kredit, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit handphone, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak kartu kredit, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.