Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Reschedule Kredit Macet KTA

Kredit macet merupakan salah satu hal yang sangat mungkin terjadi saat debitur mengajukan kredit apa pun, termasuk Kredit Tanpa Agunan (KTA). Kredit macet sering kali terjadi karena debitur tidak teliti dalam melakukan pengaturan keuangannya sehingga saat melakukan kewajiban pembayaran kredit, debitur akan kesulitan dalam membayar kreditnya.

Untuk mengatasi hal ini, sebenarnya debitur dapat mengajukan permohonan reschedule kredit ke bank yang bersangkutan. Artikel ini akan membahas lebih lengkap tentang reschedule kredit dan tips agar permohonan reschedule kredit Anda disetujui pihak bank.

Apa itu Reschedule Kredit?

Reschedule atau penjadwalan kembali kredit adalah pengubahan jadwal pembayaran kredit atau perubahan jangka waktu kredit. Reschedule kredit merupakan bagian dari fasilitas bank yang dinamakan restrukturisasi kredit. Restrukturisasi kredit sendiri adalah usaha perbaikan yang dilakukan oleh bank dalam aktivitas kredit untuk debitur yang mengalami kesulitan dalam menjalankan kewajiban kreditnya. Restrukturisasi kredit itu dapat dilakukan dengan cara rescheduling kredit, restructuring kredit (persyaratan kembali) dan reconditioning kredit (penataan kembali).

Dalam reschedule kredit, bank akan menawarkan penjadwalan ulang terhadap utang Anda dimana tenor kredit yang Anda punya bisa diperpanjang menurut kebijakan bank. Dengan perpanjangan tenor kredit, maka kewajiban angsuran kredit Anda setiap bulannya akan berkurang. Dengan adanya pengurangan angsuran ini, diharapkan dapat membantu debitur yang memiliki kesulitan finansial dalam memenuhi kewajiban membayar kreditnya. Tak jarang pula bank akan mengurangi jumlah angsuran kredit tiap bulan sesuai dengan kemampuan finansial Anda saat mengajukan rescheduling kredit.

Sebagai contoh, Anda mengambil Kredit Tanpa Agunan (KTA) di suatu bank sebesar Rp 10.000.000 dengan tenor kredit 6 tahun. Namun, di tengah Anda melakukan kewajiban pembayaran kredit, Anda mengalami masalah finansial sehingga Anda tidak bisa membayar minimum angsuran KTA tiap bulannya yang telah ditentukan di awal.

Sebagai solusi, Anda mengajukan reschedule kredit ke bank yang bersangkutan untuk memperpanjang tenor kredit Anda dari 6 bulan menjadi 1 tahun. Dengan ini, Anda memiliki waktu yang lebih panjang untuk melunasi utang KTA Anda dengan angsuran bulanan yang lebih kecil.

Bagaimana Cara Mengajukan Reschedule Kredit?

Bank memiliki kriteria khusus dalam menyetujui permohonan restrukturisasi kredit, termasuk rescheduling atau penjadwalan ulang kredit. Untuk mengajukan reschedule kredit macet KTA, Anda bisa langsung mendatangi bank dan mengunjungi fasilitas KTA atau debt collector. Anda juga bisa meminta informasi terlebih dahulu dari layanan telepon customer service bank.

Syarat utama dari fasilitas ini adalah debitur harus dikategorikan sedang mengalami kesulitan finansial dalam membayar angsuran pokok dan bunga kredit.

Tentunya tiap bank memiliki standar yang berbeda dalam menentukan debitur yang mengalami kesulitan pembayaran. Tidak semua debitur yang memiliki kesulitan pembayaran akan diterima pengajuan restrukturisasi kreditnya.

Tips Mengajukan Reschedule Kredit

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, tidak semua pengajuan reschedule kredit akan diterima oleh pihak bank. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengikuti tips berikut sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan reschedule kredit macet KTA Anda.

1. Bersikap Kooperatif

Sifat kooperatif mutlak diperlukan dalam pengajuan restrukturisasi kredit. Untuk mengajukan reschedule kredit, sebaiknya Anda langsung pergi ke bank yang bersangkutan untuk langsung bertemu dengan bagian KTA atau Debt Collector yang mengurusi kredit macet di bank.

Selanjutnya Anda harus menjelaskan alasan mengapa Anda berniat mengajukan fasilitas reschedule kredit ini. Berikan alasan yang detail dan kuat sehingga pihak bank paham betul terhadap kesulitan finansial yang Anda hadapi. Siapkan segala dokumen yang dibutuhkan, sesuai dengan permintaan bank.

Cobalah untuk mengikuti prosedur dari bank dan tunjukan sikap kooperatif. Mungkin ada kalanya, ada salah satu pegawai atau pihak bank yang langsung menolak permintaan reschedule kredit Anda.

Namun Anda tidak boleh patah semangat dan langsung mengurungkan niat Anda. Caranya, Anda bisa bertanya kepada pegawai bank bersangkutan untuk bisa langsung bertemu dengan manager-nya atau orang yang berkepentingan dalam memutuskan perkara kredit macet. Yang penting Anda harus menunjukan sikap yang kooperatif.

2. Tunjukan itikad baik

Poin kedua ini juga penting agar permohonan reschedule kredit Anda disetujui. Dalam memberikan penjelasan tentang kesulitan keuangan yang Anda hadapi, Anda juga harus bisa menunjukan niatan baik untuk bisa melunasi utang KTA Anda. Pihak bank hanya akan menerima pengajuan restrukturisasi kredit bagi debitur yang punya niatan baik dan prospek bagus dalam melunasi utangnya.

Coba jelaskan seberapa besar Anda bisa menyicil utang KTA Anda per bulannya, disertai alasan yang logis, sehingga bank akan melihat Anda bisa membayar kewajiban cicilan KTA setelah dilakukan penambahan tenor kredit.

Bila Anda pengusaha, coba yakinkan bank bahwa sebenarnya Anda memiliki prospek usaha yang cukup baik dan mampu memenuhi kewajiban kredit KTA Anda setelah kredit Anda di jadwal ulang.

3. Bersikap terbuka

Terbuka terhadap pihak bank menjadi hal yang tak kalah penting dalam pengajuan reschedule kredit. Anda harus memberikan penjelasan yang utuh dan detail terhadap kondisi finansial Anda. Anda harus mampu memberikan alasan yang sesuai dan logis mengapa Anda tidak bisa menjalani kewajiban kredit bank yang telah Anda sepakati sebelumnya. Cobalah untuk memberikan segala data yang diperlukan bank agar permohonan reschedule kredit Anda diterima.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips reschedule kredit macet KTA, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk Investasi Tanah?
Apa Kelebihan KTA?
Citibank Ready Kredit: Fasilitas Kredit Semudah Gesek Kartu Kredit di ATM
KTA dari Bank BRI
Bolehkah Dana KTA untuk DP Rumah?
Perbedaan Kartu Kredit dan Kredit Tanpa Agunan, Mana yang Menguntungkan?
Tips Mengambil KTA Agar Tidak Macet Membayar Cicilan
KTA Menjadi Sumber Masalah Keuangan Keluarga?
Apa yang Menyebabkan KTA Ditolak?
Mengapa Aplikasi KTA Ditolak? Apa Sebabnya?


Bagikan Ke Teman Anda