Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Sukses Bermain Politik Kantor

Pernahkah Anda mendengar istilah politik kantor? Ternyata politik tak hanya terjadi dalam upaya perebutan kekuasaan pada lingkup negara, tetapi juga kantor. Namun, apa tujuan dari politik kantor? Pada prinsipnya tak jauh berbeda dengan politik praktis pada ranah negara, politik kantor juga upaya untuk menduduki suatu jabatan dalam struktur organisasi perusahaan. Sederhananya, politik kantor dimainkan untuk menapaki tangga atau jenjang jabatan di perusahaan.

Diakui atau tidak, pastilah ada persaingan antar-karyawan dalam suatu perusahaan. Tak heran jika selalu ada konflik internal yang terjadi, di mana antar-karyawan saling jegal untuk mendapatkan dan menduduki posisi jabatan tertentu. Itulah praktik dari politik kantor, tak ada kawan dan lawan yang abadi.
Namun, tak selamanya politik dimainkan secara kotor atau curang. Ada juga politik yang dimainkan secara elegan, tidak perlu saling jegal untuk meraih jenjang jabatan yang diimpikan di perusahaan. Bagaimana caranya agar sukses melakukan politik kantor secara elegan? Simak tipsnya berikut ini.

  • Menyesuaikan diri

Ketika seseorang masuk dalam lingkungan baru, pastilah membutuhkan proses adaptasi atau menyesuaikan diri. Demikian pula karyawan di setiap perusahaan. Penyesuaian diri dibutuhkan agar diperoleh kecocokan antara sumber daya dalam diri karyawan dengan budaya, ritme, dan mekanisme kerja yang tercipta di perusahaan. Oleh sebab itu, ada waktu khusus yang tersedia bagi karyawan baru untuk proses ini yang berlaku secara umum minimal tiga bulan.

Kemampuan beradaptasi secara cepat merupakan poin plus bagi karyawan yang bersangkutan. Mereka akan mudah berbaur dengan rekan kerja yang lebih senior baik secara profesional maupun sosial. Tak hanya itu, kemampuan dalam menguasai bidang tugas atau pekerjaan juga lebih baik. Jika Anda mampu menyesuaikan diri dengan cepat, maka kesempatan untuk belajar lebih banyak. Konsekuensi positifnya, output yang dihasilkan semakin baik dari segi kualitas dan kuantitas, yang artinya produktivitas semakin tinggi.

  • Menjalin rekanan

Anda tidak akan bisa berbuat apapun, apalagi bermain politik kantor jika hanya berdiri sendiri. Politik kantor yang elegan membutuhkan dukungan. Oleh sebab itu, jalinlah rekanan atau bangun pertemanan yang baik diantara rekan sekantor. Dengan menjalin hubungan baik, Anda dapat menanamkan dan mengembangkan rasa percaya diantara rekan tersebut. Semakin banyak rekan kerja yang percaya dengan Anda, maka dukungan yang bisa Anda peroleh semakin besar.

Jika Anda telah berhasil menjalin rekanan, jaga dan peliharalah hubungan tersebut. Tetaplah bersikap bahwa Anda memang benar-benar sebagai rekan kerja yang bisa dipercaya. Caranya adalah dengan berbagi informasi dan pengetahuan, utamanya yang berkaitan dengan pekerjaan di kantor. Dengan begitu, rekanan Anda juga tidak akan segan untuk membagi hal yang sama dengan Anda. Keuntungannya, Anda bisa mengetahui segala manufer politik kantor yang dilakukan oleh ‘lawan’ Anda. Berbekal informasi terpercaya yang diperoleh, Anda bisa mengambil sikap dan langkah antisipatif untuk menghadapi ‘lawan’ politik kantor Anda.

  • Memperluas jaringan

Agar dukungan semakin kuat dan solid, Anda perlu memperluas jaringan. Ketika Anda telah berhasil menjalin rekanan atau sekutu dalam satu lini atau divisi, jangan langsung puas dengan pencapaian tersebut. Tebar pesona dengan kinerja yang prima ke divisi lain akan menambah sekutu yang memperkuat posisi Anda. Jangan pelit ilmu, ringan tangan dalam arti siap membantu meringankan pekerjaan akan lebih baik sekaligus dapat memberikan poin plus bagi Anda di mata calon sekutu baru.

Perluasan jaringan memungkinkan Anda untuk mengetahui adanya peluang baru di perusahaan. Arus komunikasi dan informasi menjadi lebih intens, sehingga Anda bisa menentukan langkah lebih lanjut yang diperlukan guna mencapai tujuan yang diinginkan.

  • Meminimalisir kesalahan

Saling tikung, jegal, bahkan fitnah bukanlah hal baru dalam politik kantor. Ada yang bermain secara kesatria, ada pula yang hanya bisa ‘menjilat’ untuk meraih posisi yang diinginkan. Meski tampak kurang fair, namun hal tersebut dianggap wajar saja. Itulah politik, batas haram dan halal seolah begitu tipis.

Jika Anda memutuskan untuk ikut bermain politik di kantor, Anda dituntut untuk selalu fokus. Lengah sedikit saja, Anda bisa menjadi bulan-bulanan ‘lawan’ yang meruntuhkan pertahanan dan kekuatan yang telah dibangun sebelumnya. Oleh sebab itu, tingkatkan kewaspadaan sehingga tingkat kesalahan bisa diminimalisir atau bahkan dihindari sama sekali. Sekali melakukan kesalahan sama saja memberi kesempatan bagi ‘lawan’ untuk menghabisi karir Anda.

Dalam politik, siapa yang dianggap sebagai ancaman akan dibinasakan. Hal ini berlaku pula pada politik kantor. Jika prestasi dan kinerja Anda dianggap mengancam kedudukan tertentu dalam perusahaan, maka tak menutup kemungkinan Anda akan menjadi target penghancuran. Apapun bisa dilakukan untuk mengakhiri karir Anda di perusahaan. Lagi-lagi kewaspadaan begitu penting sehingga Anda bisa menghindari ‘jebakan-jebakan’ yang mendorong Anda untuk melakukan kesalahan. Tetap melakukan yang terbaik dalam pekerjaan Anda dapat menjadi solusi atas kemungkinan dilakukannya trik kotor dalam politik kantor.

  • Cermat membaca peluang

Bagi karyawan, menapaki tangga atau jenjang jabatan penting dalam perusahaan merupakan tujuan berkarir yang ingin dicapai. Tak heran jika tercipta persaingan diantara karyawan untuk mencapai tujuan tersebut. Bersaing tentu tak ada salahnya asal dilakukan secara sehat. Demikian pula bermain politik kantor sah-sah saja asal dilakukan secara elegan, tak perlu saling tikung, menebar fitnah, dan menjilat ke sana kemari. Jadilah karyawan sekaligus politikus kantor yang cerdas.

Bekerja keras dan mewujudkan prestasi kerja yang membanggakan merupakan tiket untuk memperoleh promosi jabatan. Namun, hal tersebut tak serta-merta terwujud tanpa adanya upaya. Oleh sebab itu, Anda harus cermat dalam membaca peluang. Temukan kesempatan untuk mempromosikan setiap prestasi yang telah Anda raih. Tak perlu sungkan, karena jika tidak demikian, pihak manajemen perusahaan tak selalu memperhatikan prestasi dan sumbangsih yang telah Anda persembahkan untuk perusahaan. Lakukan dengan cara-cara yang elegan, misalnya dengan aktif menjalin komunikasi dengan atasan, patuh terhadap perintah atasan, dan loyal terhadap perusahaan.

Bermain politik kantor menjadi salah satu cara untuk menapaki tangga kesuksesan berkarir di perusahaan. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, Anda bisa sukses berpolitik kantor secara elegan, tanpa harus melakukan trik-trik kotor penuh kecurangan. Berpolitik kantor secara kesatria akan jauh lebih terhormat dibandingkan bermain sebagai pecundang.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips sukses bermain politik kantor, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



7 Habit/Kebiasaan agar Meraih Sukses di Kantor
13 Tips Travelling Ke Luar Negeri untuk Pemula
10 Pelajaran Hidup yang Sering Datang Terlambat
10 Tip Keuangan untuk Kamu Usia 20-an
Hindari Pemborosan Berikut Ini Ketika Mempersiapkan Pensiun
Apa Itu Wealth Management di Bank?
10 Negara dengan Inflasi Tertinggi di Dunia
Apa itu Money Supply?
Apa itu Devisa?
Bagaimana Modus Rekrutmen Perusahaan Palsu?


Bagikan Ke Teman Anda