Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Travel Hack yang Akan Menghemat Ongkos Wisata Kamu

#ongkos wisata #travel hack

Jalan-jalan mengunjungi destinasi wisata yang menarik memang bisa memberikan sebuah pengalaman yang luar biasa. Ada begitu banyak tempat yang menarik yang bisa dikunjungi baik didalam maupun luar negeri.
Tetapi jangan sekedar jalan-jalan tanpa memikirkan biaya yang akan dihabiskan, sebab tentu biayanya tak sedikit. Semakin jauh lokasi destinasi wisata yang ingin dituju mmaka akan semakin jauh pula biaya yang dibutuhkan.

Untuk itu rencanakan liburan dengan matang, dan berikut beberapa travel hack yang akan membantu anda menghemat ongkos jalan-jalan yang patut dicoba.

1. Rencanakan Jalan-jalan Jauh-jauh Hari

Bersyukurlah karena anda hidup di jaman yang serba modern dan canggih, jadi apapun kebutuhan dan keinginan anda bisa terpenuhi dengan mudah. Termasuk untuk menghemat pengeluaran saat jalan-jalan.

Anda bisa mendownload aplikasi khusus untuk smartphone yang akan memberikan banyak kemudahan, seperti melakukan booking tiket baik pesawat maupun kereta api dengan berbagai tujuan, lalu akomodasi penginapan dengan harga bersaing.

Pilih yang sesuai dengan budget anda, biasanya akan ada banyak promo menarik terutama mendekati waktu liburan. Anda bisa booking tempat maupun tiket jauh-jauh hari untuk menghemat biaya pembelian. Sebab biasanya saat liburan semua biaya akomodasi akan naik dari 50% hingga 100%. Lumayan kan sisa uangnya bisa buat uang jajan atau beli oleh – oleh keluarga di rumah.

2. Cari Rekomendasi tempat Wisata dengan Budget minim

Sebelum mulai merencakan ingin jalan-jalan kemana, lebih baik cari tahu tempat yang ingin dituju dengan melihat berbagai review yang bisa anda cari di internet. Ini akan mencegah anda melakukan perjalanan wisata yang sia-sia karena tak sesuai dengan ekspektasi yang anda harapkan sebelumnya.

Di internet ada banyak situs perjalanan dengan banyak review dan rekomendasi yang akan anda dapatkan, mulai dari rekomendasi tempat sesuai budget maupun destinasi wisata menarik yang lagi ngehits saat ini. Lalu akomodasi penginapan juga berbagai pilihan kuliner yang tentunya sesuai dengan budget yang anda miliki.

3. Pilih Belanja di Grosir

Saat jalan-jalan pasti anda ingin membelikan oleh-oleh untuk keluarga dirumah bukan? Nah, untuk menghemat pengeluaran anda bisa memilih untuk berbelanja di tempat belanja yang menyediakan pembelian engan harga grosir.

Sebab, sudah tentu harga yang ditawarkan lebih murah dan ini pastinya akan mampu mengurangi pengeluaran secara signifikan. Selain itu buat rencana belanja terlebih dahulu sebelum pergi, dan patuhi.

Hal ini akan menjaga anda menjadi lapar mata dan akhirnya menghamburkan uang hanya untuk membeli sesuatu yang tidak penting. Karena jalan-jalan itu seharusnya menikmati tempat wisatanya bukan hanya untuk belanja dan menghabiskan uang.

4. Pertimbangkan Tawaran Menarik dari Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit tak selamanya mengerikan mengingat bunga yang dikenakan memang terbilang fantastis. Namun jika anda bisa mempergunakannys secara tepat guna maka mimpi buruk karena kartu kredit pastilah tidak akan terjadi.

Dan biasanya ada berbagai penawaran menarik dari bank penerbit kartu kredit untuk nasabahnya yang ingin melakukan traveling. Seperti diskon untuk pembelian tiket maupun booking akomodasi penginapan. Anda bisa memanfaatkannya untuk hal tersebut, tetapi jangan jangan untuk hal lain seperti belanja ya. Karena bisa membuat anda gagal fokus.

5. Coba Pengalaman Jalan-jalan Seperti Penduduk Lokal

Jalan-jalan itu esensinya bersenang-senang, jadi jangan biarkan anda merasa terkekang dengan banyaknya aturan jika ingin jalan-jalan termasuk soal kenyaman. Anda bisa menemukannya dengan jalan-jalan seperti yang penduduk lokal lakukan.

Nikmati acara jalan-jalan dengan lebih sederhana dan simpel, seperti ketika akan mengelilingi kota tujuan wisata anda. Alih-alih menggunakan mobil travel yang pasti tidak murah biayanya, anda bisa menyewa sepeda, naik kendaraan umum atau pun berjalan kaki. Dengan begitu anda bisa menikmati suasananya lebih dekat dan memberikan kesan yang mendalam.

6. Siapkan Semua Kebutuhan dengan Teliti

Ketika menyiapkan rencana jalan-jalan, jangan lupa untuk mempersiapkan semua kebutuhan yang akan diperlukan selama liburan dengan cermat dan teliti. Termasuk kebutuhan utama seperti pakaian, peralatan mandi dan obat-obatan. Hal ini untuk menghindari pengeluaran lebih hanya untuk membeli barang-barang tersebut lagi.

Jalan-jalan memang sesuatu yang menyenangkan, karenanya juga harus meninggalkan kesan yang juga membahagiakan bukannya menyisakan sakit kepala. Karena banyak tagihan yang membengkak dan tabungan yang terkuras habis hanya untuk dihabiskan untuk jalan-jalan saja.

Oleh karena itu akan sangat penting untuk merencanakan jalan-jalan dengan terperinci dan sesuai dengan budget. Jangan sampai tabungan yang dikumpulkan sekian lama menguap sia-sia demi memenuhi keinginan jalan-jalan yang sebetulnya bisa dikontrol dengan baik. Selamat berlibur, jangan sampai menyia-nyiakan uangmu ya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang travel hack yang menghemat ongkos wisata, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Daftar Gaji Fresh Graduate (Lulusan Baru) Tahun 2018
Investasi Bodong? Laporkan ke Satgas Waspada Investasi!
Prinsip 5C dan 7P dalam Pemberian Kredit di Lembaga Keuangan/Bank
Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2018
Review Sekilas tentang Koinworks.com
Review Sekilas tentang Amartha.com
Review Sekilas tentang Modalku.co.id
Review Sekilas tentang Investree.id
Anggaran, Kunci Sukses Perencanaan Keuangan Anda
Evaluasi Kesehatan Keuangan Anda? Ini Dia Caranya!


Bagikan Ke Teman Anda

SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.