Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Trend Teknologi Tahun 2018? Ini Prediksinya!

#2018 #prediksi #teknologi #trend

Teknologi adalah salah satu bidang yang perkembangannya menggeliat dengan cepat, terutama dalam ranah internet dan dunia digital. Hal ini kemudian berpengaruh pada lahirnya Generasi Z atau iGeneration, yaitu generasi yang sangat tergantung dengan penggunaan internet dan menjadikannya sebagai bagian dari gaya hidup. Perkembangan teknologi ini bukan saja dirasakan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dalam kehidupan sehari-hari, namun mencakup juga pada ranah profesional.

Tahun 2018 pun digadang-gadang menjadi tahun yang akan memiliki perkembangan teknologi secara pesat, terlebih pada dunia digital dan internet. Dua ranah teknologi ini memang mengalami perkembangan yang sangat cepat beberapa tahun belakangan ini, dan diprediksi akan semakin meningkat di tahun 2018. Berikut adalah beberapa prediksi mengenai trend teknologi yang akan terus menjamur pada tahun 2018:

1. Virtual & Augmented Reality

Trend teknologi pertama yang diprediksi akan semakin meningkat pesat di tahun 2018 adalah virtual reality dan augmented reality. Kedua hal ini memang mulai banyak dikenal masyarakat beberapa tahun ini, sehingga penerapannya pun diprediksi akan semakin meluas dan menjangkau berbagai aspek kehidupan manusia mulai dari hiburan hingga dunia medis.

Virtual reality lebih dahulu muncul dan dikenal juga dengan teknologi 3D, dimana kita dapat merasakan sensasi seperti berada di dunia virtual yang dilihat melalui kacamata khusus. Anda mungkin tidak asing lagi dengan film dan game 3D yang membuat kita merasa berada di dunia dalam film dan game tersebut.

Sedangkan augmented reality mulai marak kemunculannya di tahun 2017, dimana teknologi ini menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia virtual atau digital. Jika pada virtual reality kita menggantikan dunia nyata dengan virtual, augmented reality lebih kepada integrasi antara kedua dunia tersebut. Salah satu penerapannya yang sangat fenomenal hingga ranah internasional adalah game Pokemon Go, dan ini bukan istilah baru bagi Anda, bukan?

2. Teknologi 5G

Jika tahun 2017 kita sudah mulai menggunakan teknologi 4G, pada tahun 2018 diprediksi teknologi 5G akan dikenalkan pada masyarakat atau setidaknya dilakukan persiapan menuju kesana. Sebagai generasi yang satu tingkat lebih tinggi dibanding 4G, teknologi 5G disebut-sebut akan memberikan koneksi serta kecepatan data yang lebih maksimal dan signifikan. Meskipun ada beberapa pihak yang menyatakan bahwa 5G akan resmi dirilis tahun 2020, pengembangan teknologi tersebut sudah dilakukan salah satunya dengan adanya teknologi 4,5 G.

3. Media Sosial Profesional

Tahun 2017 cukup menjadi tahun yang fenomenal dengan munculnya berbagai profesi baru berkaitan dengan internet dan dunia digital, seperti vlogger, buzzer, social media specialist, selebgram, dan lain sebagainya. Pada tahun 2018 diprediksi penggunaan media sosial secara profesional akan semakin meningkat, terutama dalam penerapannya pada branding dan kegiatan marketing baik individu maupun perusahaan.

Hal ini ditandai dengan adanya trend video everywhere, dimana video kini menjadi media yang dapat menyebar cepat di media sosial. Masyarakat juga memiliki kecenderungan untuk mencari informasi melalui media sosial, dan informasi tersebut cenderung lebih mengena pada benak masyarakat. Sehingga banyak perusahaan yang kini menggunakan media sosial sebagai pendekatan terhadap target market dan menyampaikan values mereka pada platform tersebut.

4. Bitcoin dan Blockchain

Istilah bitcoin dan blockchain mulai banyak didengar terutama pada dunia keuangan, dimana keduanya memang saling berkaitan satu sama lain dan digunakan sebagai alat pembayaran. Bitcoin merupakan mata uang digital yang bisa dibayarkan dari satu pihak ke pihak lainnya secara langsung tanpa melalui lembaga keuangan, sedangkan blockchain adalah sistem yang mendata semua transaksi bitcoin.

Di Indonesia sendiri, penggunaan bitcoin dilarang karena dianggap bisa menciptakan blank economy dengan ketiadaan bank penerbitnya. Meski begitu, untuk penggunaan blockchain masih diperbolehkan karena dinilai lebih transparan dan efisien dibanding bitcoin.

5. Conversational Technology

Jika biasanya kita mengeluarkan usaha untuk mengakses teknologi seperti dengan menggunakan tangan, di tahun 2017 sudah mulai muncul conversational technology. Teknologi ini memunginkan manusia untuk dapat mengakses tanpa banyak usaha, karena dapat mendengarkan perintah suara dan melakukan percakapan. Tentu saja percakapan yang dapat dilakukan masih seputar hal dan informasi mendasar, seperti informasi cuaca atau petunjuk arah. Salah satu contoh yang penerapannya mulai banyak digunakan adalah navigasi Google Maps dan Google Now, sehingga diprediksi akan semakin menjadi trend di tahun 2018.

6. Live Status & Sharing

Satu lagi teknologi yang meledak di tahun 2017 adalah live status dan live sharing, dimana hampir semua platform media sosial kini memiliki fasilitas tersebut. Dimulai dari Snapchat, lalu Instagram dan Facebook dengan fitur story hingga merambah pada chat messenger seperti WhatsApp. Teknologi ini sangat digemari terutama pada kalangan anak muda karena mereka dapat membagikan status yang akan hilang dalam kurun waktu tertentu, bahkan berbagi status secara langsung (real time).

Demikianlah beberapa teknologi yang diprediksi akan menjadi trend pada tahun 2018, dengan perkembangannya yang pesat serta penerapannya banyak digunakan oleh masyarakat. Adanya berbagai teknologi ini pada dasarnya memiliki sisi positif, namun semuanya kembali lagi pada penggunaan dan individu yang menggunakannya. Jika digunakan untuk hal negatif, maka tujuan positif yang awalnya dimiliki teknologi tersebut akan hilang tertimpa sisi negatif tersebut.

Karena itu sangat penting untuk bijak dalam menggunakan media dan teknologi, baik untuk penggunaan pribadi maupun profesional. Bagaimanapun teknologi dibuat untuk memudahkan kehidupan manusia, sehingga kita sebagai manusia yang harus menggunakannya dengan baik dan bukan sebaliknya. Dengan adanya positive mind dalam penggunaan teknologi, maka akan dapat tercipta juga dunia yang jauh lebih positif dan maju. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang Prediksi trend teknologi tahun 2018, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Daftar Gaji Fresh Graduate (Lulusan Baru) Tahun 2018
9 Hal yang Harus Dimiliki Founder Startup Berbasis Teknologi
Perusahaan yang Mati Karena Disruption Teknologi Baru
Resolusi Tahun 2018? Ini Beberapa Cara agar Kemampuan Diri Meningkat di 2018!
Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2018
Ini Dia Trend Teknologi di Tahun 2018
KPR FLPP DP 1% untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah
Prosedur Take Over KPR yang Harus Anda Ketahui!
Untung Rugi Ambil KPR Rumah Indent
Cashless Society: Untung Rugi Cashless Economy


Bagikan Ke Teman Anda