Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Trik Menghemat Uang Saat Traveling

Traveling pastinya perlu pengeluaran yang tidak sedikit, apalagi saat traveling ke luar negeri. Di Indonesia, wisatawan dari manca negara saja ditawari harga yang lebih tinggi daripada warga lokal. Hal ini pasti akan terjadi juga pada anda saat berkunjung ke negara lain. Apabila anda tidak terlalu pintar mengatur pengeluaran, anda bisa menghabiskan banyak uang.

Nah trik yang akan dijelaskan berikut memang tidak akan mengurangi pengeluaran anda dalam jumlah yang sangat banyak, tapi paling tidak anda bisa lebih berhemat. Daripada penasaran, langsung saja simak trik menghemat uang saat traveling di bawah ini.

1. Merencanakan detail perjalanan terlebih dahulu

Agar bisa menghemat pengeluaran saat traveling, anda harus merencanakan detail nya terlebih dahulu. Memang ada yang berkata bahwa perjalanan itu lebih seru jika perginya mendadak ke tempat acak. Hal itu bisa juga tapi jika ingin berhemat disarankan menghindari hal tersebut. Anda harus merencanakan rincian perjalanan sejak awal sehingga bisa mengetahui banyak informasi penting yang bisa menghemat pengeluaran.

Informasi penting yang dimaksud bisa berupa informasi agen yang menyediakan tiket murah, pasar yang menyediakan barang-barang murah, tempat wisata yang dekat penginapan, tempat aman saat malam hari, tempat makan yang murah, cara menawar harga di tempat wisata, daftar penipuan yang pernah dialami para turis, dan masih banyak informasi penting lainnya yang bisa anda cari lewat internet ataupun meminta informasi pada teman yang pernah datang ke tempat yang akan anda tuju.

Daftar penipuan yang pernah terjadi harus anda utamakan karena tidak semua negara bersih dari tindak kejahatan. Banyak penjahat yang malah menargetkan para wisatawan manca negara sebagai korban. Maka dari itu jangan lupa mencari detail informasi tentang penipuan atau tindak kenjahatan yang sering terjadi beserta cara mengatasinya.

2. Mengurus semua hal sendiri

Sekarang banyak sekali ditemukan agen travel yang akan membantu pengurusan mulai dari pembuatan visa, pemesanan tiket pesawat, penginapan, tempat wisata yang akan dituju, dan masih banyak lainnya. Apabila anda berniat ingin menggunakan jasa agen travel, maka untuk pengurusan visa disarankan melakukan sendiri tanpa bantuan agen perjalanan agar biaya yang dikeluarkan lebih sedikit.

Namun bila anda berniat melakukan perjalan sendiri, tidak ikut agen travel, anda bisa menghemat uang saat pemesanan tiket pesawat, pemesanan hotel, dan hal penting lainnya. Penjelasan lebih lanjutnya akan disampaikan di poin bawah ini.

3. Memesan tiket pesawat via online

Trik menghemat pengeluaran selanjutnya adalah dengan memesan tiket via online. Saat ini banyak sekali tempat pemesanan tiket online yang sering memberikan diskon seperti di skyscanner, traveloka, dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan salah satu yang anda percaya. Pemesan tiket online tersebut biasanya akan menyediakan keterangan tiket pesawat dari berbagai maskapai beserta harga dan waktu pemberangkatannya. Dengan begitu anda bisa memilih yang paling murah.

Banyak juga wisatawan mancanegara yang mengusulkan untuk menggunakan VPN sebelum memesan tiket di skyscanner. Hal tersebut dikarenakan beda negara, beda harga yang ditawarkan. Maskapai menyesuaikan harga berdasarkan lokasi anda. Ada negara yang memang memberikan harga murah untuk negara tertentu. Cara menggunakannya yaitu dengan menginstall VPN gratis terlebih dahulu. Biasanya akan ada banyak negara yang bisa anda pilih, nah cobalah satu per satu lalu bandingkan harganya. Pasti ada harga yang lebih murah.

Setelah melakukan pencarian dan ingin mengganti lokasi negara, sebaiknya anda membersihkan cache browser terlebih dahulu agar tidak ketahuan jika anda menggunakan VPN. Pembersihan cookie juga membuat anda mendapat harga yang standar karena ada operator maskapai yang melacak sesi pengguna dan akan meningkatkan harga pengguna jika mereka terus-terusan melakukan pencarian tiket yang sama dalam periode waktu tertentu.

Sebaiknya pemesanan tiket juga dilakukan jauh-jauh hari misal 3 bulan sebelumnya karena pemesanan yang terlalu mendekati waktu pemberangkatan jatuhnya lebih mahal. Hindari pula memesan tiket pesawat saat hari libur atau weekend karena harganya cenderung lebih tinggi. Namun jika bisanya hanya hari tersebut ya tidak masalah.

Jika ada opsi untuk memilih nomor kursi, anda disarankan tidak memilihnya karena bisa jadi dibebani biaya tambahan. Jangan membawa barang dalam jumlah banyak juga agar biaya tidak bertambah. Untuk jaga-jaga, anda disarankan memilih tiket pagi atau penerbangan pertama. Jadi semisal delay, rencana perjalanan anda di hari tersebut tidak berubah terlalu banyak.

4. Memesan semua tiket terlebih dahulu

Tiket yang dimaksud adalah tiket kereta saat sampai di negara tujuan, tiket bus, tiket event tertentu, penyewaan sepeda, penyewaan mobil, dan lain sebagainya. Memesan dan menyewa lebih awal biasanya tidak dikenai biaya saat ingin membatalkannya. Biaya pemesanan di awal jatuhnya juga lebih murah daripada yang mendekati hari H. Kadang malah ada diskon menarik untuk pemesan di awal.

Di negara-negara Eropa tarif bus dan kereta juga seperti tarif penerbangan, jadi anda akan mendapatkan harga yang lebih murah jika memesan terlebih dahulu. Disarankan juga untuk mengambil kereta malam agar lebih hemat biaya penginapan. Lagi, anda sebaiknya tidak naik taksi saat berpergian, karena jatuhnya akan sangat boros. Nilai tukar mata uang rupiah itu termasuk rendah jadi jika anda pergi ke negara yang nilai tukar mata uang nya jauh lebih tinggi, anda akan langsung kehabisan banyak uang saat memutuskan naik taksi.

Bagi yang ingin traveling ke Eropa, disarankan untuk bepergian seperti yang dilakukan oleh warga setempat yaitu menggunakan transportasi umum karena tarifnya jauh lebih murah. Jika ingin mengunjungi tempat yang tidak terlalu jauh, lebih baik berjalan kaki saja. Jalan kaki di luar negeri itu masih sangat wajar. Anda malah bisa menikmati pemandangan kota lebih leluasa. Jika anda hanya pergi ke tempat wisata di provinsi lain Indonesia, maka triknya adalah sedikit menguasai bahasa daerah tersebut agar dikira penduduk lokal dan tidak diperlakukan seperti wisatawan.

5. Hindari menginap di hotel mewah

Trik menghemat uang selanjutnya dari segi penginapan. Daripada menginap di hotel berbintang, jika anda ingin menghemat pengeluaran disarankan untuk menggunakan AirBnB, hostel, atau guest house. Untuk harganya memang ada yang setara dengan hotel, tapi yang lebih rendah juga banyak  jadi tinggal pilih saja penginapan yang harganya sesuai dengan budget anda. Kadang ada juga yang menyediakan makanan atau bisa memasak sendiri. Hal ini tentu sangat menghemat uang yang anda keluarkan.

Apabila anda tetap memilih untuk memesan hotel, pesan lah jauh-jauh hari di situs online sehingga tidak dikenai biaya saat ingin membatalkannya. Semisal terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan pembatalannya mendekati hari H, biasanya uang anda tidak akan dikembalikan kecuali anda memiliki koneksi dengan pihak hotel.

Solusinya adalah dengan memindahkan reservasi hotel ke minggu depannya. Pengubahan reservasi lebih bisa ditolerir daripada pembatalan dan jika anda sudah mendapatkan hotel yang baru, anda bisa mencoba membatalkannya dengan berbicara pada perwakilan hotel. Namun ini juga untung-untungan. Semisal anda beruntung, anda bisa membatalkan reservasi hotel tanpa kehilangan banyak uang.

6. Makan seperti orang lokal

Jangan sering makan di restoran mewah jika ingin menghemat pengeluaran. Boleh saja mencoba makan di restoran yang bagus, tapi jangan terlalu sering, sekali atau dua kali saja. Carilah tempat makan yang digunakan oleh penduduk setempat, yang tentunya memiliki daftar harga karena tempat makan tanpa daftar harga sangat riskan. Pemilik biasanya akan menaikkan harga saat ada turis yang makan di tempatnya.

Makan di tempat makan penduduk setempat juga memberikan keuntungan lebih seperti menghemat pengeluaran, menjadi tahu kebiasaan penduduk lokal, mengetahui rasa lokal dari suatu masakan, dan bisa bertanya lebih leluasa dengan penduduk setempat. Mengenal penduduk sama saja dengan membuka jalan anda untuk mendapatkan tempat wisata dan tempat makan yang lebih recomended.

Meskipun tujuannya menghemat, anda tetap tidak boleh melewatkan jam makan karena jika sampai sakit, biaya yang keluar malah lebih besar. Untuk masalah minum, sebaiknya anda membawa botol minuman dan mengisi saat menemukan pancuran air minum. Di luar negeri air minum dari keran langsung ini biasa ditemukan meskipun di Indonesia masih sangat jarang. Hal ini tentu sangat mengehemat uang dibanding membeli air mineral kemasan. Anda juga ikut berperan dalam mengurangi penggunaan plastik.

7. Berpergian dengan teman

Melakukan perjalanan dengan teman dalam suatu grup bisa memberikan diskon yang cukup besar saat pemesanan tiket, penginapan, ataupun tempat wisata. Jadi jika memiliki banyak teman yang tertarik untuk traveling, disarankan merencanakan perjalanan bersama. Dengan begitu perjalanan akan lebih seru dan lebih menghemat pengeluaran.

8. Belanja di tempat rekomendasi warga lokal

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan anda memiliki teman warga lokal yang bisa dipercaya. Dengan begitu anda bisa mendapatkan rekomendasi tempat pembelian souvenir dengan harga yang lebih murah. Jangan bertanya acak pada warga lokal di tempat wisata karena jika yang anda tanya memiliki jiwa pedagang, mereka akan merekomendasikan tempat yang mahal untuk para wisatawan.

Atau bisa juga melakukan pencarian di internet dengan bahasa lokal negara tersebut sehingga mengetahui tempat andalan warga lokal untuk berbelanja. Banyak juga yang menyarankan untuk tidak berbelanja banyak saat di Eropa, khususnya London karena harganya tergolong sangat tinggi. Seperti yang telah kita ketahui, nilai tukar mata uang Inggris termasuk salah satu yang tertinggi.

9. Memanfaatkan promo dari kartu kredit yang anda gunakan

Banyak kartu kredit yang memberikan poin dan promo, sehingga bisa anda manfaatkan. Namun ada juga yang berkata bahwa sama saja mahalnya, jadi semuanya tetap tergantung kartu kredit yang anda gunakan. Jika memang ada promo, lebih baik dimanfaatkan bukan? Semisal anda perlu uang tunai, sebaiknya melakukan penukaran di bank agar lebih terpercaya.

10. Menggunakan SIM lokal dan mencari WiFi gratis

Kartu SIM lokal sangat berguna saat anda ingin melakukan panggilan lokal seperti menghubungi pihak hotel atau lainnya. Biaya yang dikeluarkan akan lebih murah. Karena sekarang semuanya serba internet maka manfaatkan adanya WiFi gratis. Anda bisa menginstall aplikasi pendeteksi adanya wifi gratis sehingga bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Semisal tidak menemukan wifi gratis, anda bisa mencari informasi terkait paket internet murah yang bisa digunakan.

Demikian tadi sedikit ulasan tentang trik menghemat uang saat traveling. Trik di atas merupakan trik yang berhubungan dengan kebutuhan mendasar saat traveling. Sebenarnya masih banyak trik cerdas yang berhubungan dengan kebutuhan lain. Kita akan membahasnya lain kali. Sekian, semoga bisa bermanfaat bagi anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang trik menghemat uang saat traveling, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



6 Cara Mengelola Keuangan Keluarga Secara Efektif
Evaluasi Kesehatan Keuangan Anda? Ini Dia Caranya!
Tip Menghemat Biaya Perkawinan/Pernikahan
Apa Itu Kakeibo, Seni Menyimpan Uang Ala Jepang?
Mengapa Orang Miskin Susah Jadi Kaya?
Bahasa Lokal yang Sebaiknya Dipelajari Ketika Travelling
Tip Mengelola Keuangan untuk yang Punya Anak Kembar
Tip Keuangan Sederhana dengan Hasil Maksimal
Tips Berhemat yang Terbukti Mengurangi Pengeluaran Uang
Tips Cepat Mengatur Keuangan yang Baik


Bagikan Ke Teman Anda