Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Trik Menjual Mobil untuk Sales Mobil

Mobil bukan lagi kebutuhan mewah karena mobil dibutuhkan untuk transportasi sehari-hari terutama akibat maraknya sewa mobil online. Seseorang membeli mobil bisa jadi akibat pengaruh dari penjual (salesman) mobil yang pandai merayu dan meyakinkan.

Kejujuran dan cara berbicara seorang penjual menjadi poin penting yang berpengaruh besar terhadap keputusan pembeli untuk segera membayar lunas atau mencicil sesuai kesepakatan pembelian. Tetapi pada kenyataannya masih banyak orang yang tidak memiliki keahlian menjual atau tidak tahu trik menjual mobil. Akibatnya, banyak mobil yang tidak terjual sehingga mungkin para penjual mobil tidak dipekerjakan lagi di sebuah perusahaan mobil.

Sebenarnya hal-hal apa saja yang harus diperhatikan oleh para penjual mobil agar penjualannya meningkat? Berikut ini trik menjual mobil yang mungkin bisa diaplikasikan oleh para penjual mobil atau pengusaha di bidang lainnya.

1. Perhatikan Preferensi Calon Pembeli

Preferensi atau kesukaan setiap orang tentu saja berbeda-beda sehingga seorang penjual harus melakukan pendekatan terlebih dahulu dengan calon pembeli agar bisa menawarkan mobil sesuai dengan kesukaan atau kebutuhan seseorang dan keluarganya. Ada orang yang suka mobil bergaya sport karena memang karakternya seseorang yang macho. Ada juga orang yang suka dengan mobil elegan berbentuk sedan karena latar belakangnya memang seorang pejabat atau memiliki jabatan tertentu di perusahaan tempatnya bekerja. Hal-hal seperti itu harus diperhatikan agar tawaran yang diberikan benar-benar tepat sasaran sehingga calon pembeli akan segera deal atau setuju untuk membeli.

2. Ketahui Budget Calon Pembeli

Kondisi keuangan calon pembeli adalah hal yang krusial untuk diketahui. Tidak mungkin penjual menawarkan mobil mewah kepada orang yang membutuhkan mobil sederhana untuk dipakai sehari-hari atau dipakai untuk keluarga besar. Cobalah tanya kisaran budget yang dimiliki oleh calon pembeli.

Misalnya dengan pertanyaan, “Kira-kira Bapak atau Ibu mau membeli mobil dengan harga sekitaran berapa?” Pertanyaan seperti itu bisa menentukan tawaran mobil yang diberikan setelah mengertahui preferensi dari calon pembeli tersebut. Setelah kedua hal krusial diketahui maka dapat dipastikan calon pembeli tertarik untuk segera membeli mobil yang ditawarkan karena sesuai dengan kebutuhan dan keuangannya.

3. Tawarkan Jasa yang Memudahkan

Jika calon pembeli sudah terlihat setuju dengan harga mobil maka segera berikan jasa yang memudahkan. Jasa dalam bentuk apa? Bisa dalam bentuk pembayaran, entah dalam bentuk transfer bank atau cek sehingga calon pembeli akan merasa puas. Jasa lainnya yang bisa ditawarkan adalah mobil bisa diantar ke tempat pembeli entah di rumah atau kantor. Tanyakan terlebih dahulu ke mana mobil akan diantarkan sesuai dengan kesepakatan. Mungkin saja seseorang ingin pamer dengan teman-teman sekantornya sehingga lebih memilih kantor sebagai tempat pengantaran mobil.

4. Beri Penjelasan yang Lengkap

Tidak semua orang mengerti tentang otomotif sehingga penjelasan yang lengkap akan membantu seseorang untuk memahami tentang kondisi mobil yang akan dibeli. Beri penjelasan tentang bahan bakar yang dibutuhkan oleh mobil, entah solar atau bensin. Jelaskan juga seberapa boros mobil dalam mengonsumsi bahan bakar.

Kalau calon pembeli butuh mobil untuk dipakai sehari-hari maka tawarkan mobil yang tidak banyak mengonsumsi bahan bakar atau irit. Tetapi jika calon pembeli membutuhkan mobil mewah tentu saja tidak akan irit bahan bakar. Kalau calon pembeli membutuhkan mobil sport seperti jeep maka pastikan dia sudah tahu berbagai kendala yang mungkin terjadi. Kalau belum tahu berarti penjual harus menjelaskannya dengan baik.

5. Ketahui Warna Kesukaan Calon Pembeli

Warna kesukaan calon pembeli harus diketahui agar tidak salah memberikan penawaran. Tanyakan warna apa yang diinginkan sehingga mobil itu pasti akan langsung dibeli. Kalau suka warna monokrom sebaiknya tawarkan mobil berwarna putih atau hitam karena warnanya sangat elegan.

Tetapi kalau suka warna lain yang lebih cerah juga bisa ditawarkan sesuai dengan kesukaan orang tersebut. Memberikan saran untuk warna mobil yang bagus sesuai dengan jenis mobil tertentu bisa juga dilakukan. Ada kemungkinan orang tersebut tertarik juga dengan tawaran penjual karena masuk akal.

6. Jelaskan Tentang Servis atau Perawatan Mobil

Semua mobil pasti membutuhkan perawatan terutama mobil yang dipakai setiap hari. Tidak mungkin mobil hanya dipakai tanpa dirawat karena mobil yang tidak dirawat pasti akan cepat rusak.

Berikan tawaran atau informasi lengkap tentang perawatan (service) mobil kepada calon pembeli agar orang itu bisa memikirkan atau mempertimbangkan tawaran penjual sebagai poin plus yang menarik sehingga bisa segera membeli mobil yang ditawarkan.

Walaupun orang itu memiliki supir, informasi tentang hal ini juga penting. Seseorang tidak mungkin memercayakan mobilnya secara utuh kepada orang lain sehingga informasi yang diberikan oleh penjual pasti berguna.

Itulah beberapa trik yang bisa diaplikasikan agar mobil laku keras atau penjualan meningkat secara drastis.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang trik menjual mobil untuk sales mobil, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mau Menjadi Salesman yang Bagus? Begini Tips Suksesnya!
Untuk Sales, Ini Tips Mengatasi Penolakan
Menjadi Penjual yang Baik Itu Mudah, Ikuti Hal-hal Berikut Ini
Tip untuk Seorang Sales? Simak Masukan Berikut
Tip Sukses Membuat ‘Garage Sale’ Sendiri
Tip Menjual Mobil Agar Cepat Laku
Ingin Laku, Ini Trik Penjual Mobil dalam Menjual
Trik Psikologi yang Digunakan Supermarket untuk Menarik Pelanggan
Kesalahan dalam Membeli Mobil
7 Hal Penting untuk Diketahui oleh Penjual yang Profesional


Bagikan Ke Teman Anda