Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Uang Tunai VS Kartu Kredit, Kapan Seharusnya Digunakan?

#tip kartu debit #uang tunai vs kartu kredit

Perkembangan teknologi saat ini telah membuat penggunaan uang tunai mulai tergantikan dengan adanya kartu debit dan juga kartu kredit sebagai alat pembayaran. Secara fisik, sangat jelas terlihat perbedaan antara uang tunai dan kartu kredit begitu pun pemakaiannya.

Uang tunai sejatinya merupakan alat pembayaran yang dikeluarkan oleh pemerintah yang terdiri dari banyak pecahan dengan nilai nominal yang berbeda yang bisa dimiliki oleh siapa saja. Sedangkan kartu kredit merupakan sebuah alat pembayaran berbentuk kartu yang hanya dimiliki oleh kalangan tertentu yang memang sebelumnya mengajukan diri pada pihak bank untuk mendapatkan pembiayaan.

Ada banyak kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan keduanya, karena memang ada tempatnya masing–masing. Kapan seharusnya uang tunai dan kartu kredit digunakan dengan tepat sangat tergantung pada anda sebagai pemiliknya. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar anda mendapat manfaat lebih dari keduanya saat menggunakannya.

Kelebihan dan Kekurangan Uang Tunai

Siapa yang belum pernah melihat uang? Rasa–rasanya tak ada satu orang pun yang belum pernah melihatnya. Ya, memang karena uang adalah sebuah alat pembayaran yang diterima di mana saja, mulai dari warung kelontong hingga hotel bintang lima pun menerimanya sebagai alat pembayaran yang sah.

Tentunya, tak akan mungkin menggunakan kartu kredit hanya untuk membayar segelas es degan di pinggir jalan dengan menggunakan kartu kredit bukan?

Inilah kelebihan uang tunai jika dibanding menggunakan kartu kredit yakni bisa diterima dimana saja dan di kalangan apapun. Namun demikian, uang tunai hanya bisa dipergunakan untuk melakukan transaksi dengan nilai yang kecil.

Bayangkan saja bila anda harus melakukan pembelian sebuah barang yang nilainya Rp 10 juta atau bahkan Rp 100 juta, bagaimana anda akan meletakan uang dengan nominal sekian banyak? Dan apakah aman jika anda membawa uang tunai dengan nilai nominal sekian dan berjalan sendirian?

Bukankah bisa memicu terjadinya tindak kejahatan yang justru bisa membahayakan keselamatan? Hal ini membuat uang tunai tidak praktis dan tidak aman digunakan saat bertransaksi dengan nominal yang besar.

Selain itu, uang tunai juga dinilai lebih mudah rusak karena fisiknya yang terbuat dari kertas sehingga rentan hancur termakan usia. Yang bisa saja membuat uang tunai tak lagi bisa diterima untuk alat pembayaran yang sah.

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit

Bila uang tunai mudah rusak dan tidak praktis karena membutuhkan tempat penyimpanan yang besar jika membawa dengan nominal yang banyak. Maka, kartu kredit bisa mengatasi solusi masalah tersebut karena memang bentuknya yang tipis membuatnya mudah disimpan dimana saja di dalam dompet dan tak memakan tempat.

Selain itu ada banyak keuntungan saat menggunakan kartu kredit dibandingkan uang tunai, berikut diantaranya.

  1. Banyak promo menarik dari merchant dan juga bank penerbit kartu kredit.
  2. Mudah dan praktis digunakan untuk membayar dengan nominal yang besar.
  3. Bisa menunjukkan kemampuan pengelolaan keuangan yang baik dan profesional.
  4. Bisa diterima sebagai alat pembayaran saat berada di luar negeri tanpa perlu pergi ke tempat penukaran uang.
  5. Bisa mengatur keuangan, karena ada struk saat melakukan transaksi.
  6. Bisa dipergunakan untuk membeli tiket secara online dengan banyak keuntungan yang mungkin tak bisa didapat saat menggunakan uang secara tunai.

Sejalan dengan keuntungannya yang tak bisa dipandang sebelah mata karena memang menawarkan banyak keuntungan dan kemudahan yang mungkin tak bisa diperoleh dari uang tunai, penggunaan kartu kredit pun juga memiliki kekurangannya tersendiri. Berikut diantaranya.

  1. Suku bunga yang dikenakan relatif besar,
  2. Hanya bisa digunakan untuk berbelanja di merchant – merchant khusus saja.
  3. Penggunaanya dibatasi nilai limit dari kartu kredit tersebut.
  4. Menimbulkan utang macet jika digunakan dengan tidak bijak dan tanpa kontrol yang baik.
  5. Menciptakan gaya hidup yang konsumtif.

Pergunakan Dengan Tepat di Situasi yang Tepat

Dengan memahami kelebihan serta kekurangan uang tunai dan kartu kredit secara seimbang, anda tentunya akan bisa mempergunakan keduanya dengan tepat sesuai waktu dan kondisi. Agar penggunaan keduanya menjadi lebih maksimal dan tentunya memberikan keuntungan.

Kedua alat pembayaran ini sejatinya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing–masing yang bila saling melengkapi bila digunakan secara tepat. Misalnya saat ada promo menarik yang memberikan cash back bisa menggunakan kartu kredit untuk meminimalkan pengeluaran uang tunai yang bisa dialokasikan untuk hal lebih penting lainnya. Untuk tempat-tempat yang tidak punya mesin EDC, pastinya uang tunai yang digunakan.

Tentunya menggunakan kedua alat pembayaran ini menuntut anda sebagai pengguna agar memiliki kemampuan untuk mengelola pengeluaran dengan cermat, teliti dan juga hati–hati.

Sebab penggunaan yang sembarangan, baik uang tunai maupun kartu kredit bisa dampak negatif yang tentunya menimbulkan kerugian finansial bagi diri. Uang tunai atau pun kartu kredit memiliki tempatnya masing–masing dan bila digunakan dengan bijak dan tepat pasti akan memberikan manfaat yang lebih besar seiring risiko yang menyertainya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang uang tunai vs kartu kredit, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

bank, deposito, fraud, hutang kartu kredit, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit handphone, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak kartu kredit, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.