Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Untuk Rugi Memiliki Partner Bisnis

Menjalankan bisnis bukanlah pekerjaan yang mudah. Karena itu, tidak sedikit pebisnis yang memilih untuk menjalankan bisnis dengan seorang partner. Namun, tidak semua bisnis yang dilaksanakan bersama dengan partner berjalan dengan lancar. Ada banyak pro dan kontra terkait dengan memiliki partner bisnis. Lantas, apa saja pro dan kontra tersebut?

Keuntungan dari Memiliki Partner Bisnis

1. Tenaga Dua Kali Lipat

Bisnis bukanlah pekerjaan ringan. Terkadang bebannya bisa sampai di bawa tidur. Untuk itu, mengurus bisnis membutuhkan tenaga yang cukup besar. Adanya partner bisnis memungkinkan tenaga tambahan untuk menjalankan roda bisnis. Karena itu, pastinya memiliki partner bisnis akan meringankan beban dari menjalankan bisnis.

2. Menambah Jaringan

Bisnis membutuhkan jaringan yang luas. Dengan jaringan yang luas, bisnis akan lebih mudah berkembang. Memiliki partner bisnis akan memperluas jaringan bisnis tersebut. Memiliki partner bisnis akan memungkinkan bertambahnya jaringan pemasok, konsumen, hingga investor. Jaringan-jaringan tersebut tentunya akan membawa bisnis ke level yang lebih tinggi.

3. Menambah Perspektif

Setiap orang tentu memiliki cara pandang yang berbeda. Perbedaan tersebut tentunya akan menciptakan inovasi dan ide yang berbeda dari masing-masing orang. Untuk itu, memiliki partner bisnis akan memungkinkan pebisnis untuk menambah perspektif baru sehingga banyak ide baru yang terlahir dari memiliki partner bisnis. Perspektif tersebut selain akan memberikan ide untuk perkembangan bisnis, juga nerguna untuk mengevaluasi jalannya bisnis. Hal tersebut membuat bisnis akan menjadi lebih baik karena dapat mengurangi kesalahan dalam bisnis yang dijalankan.

4. Meningkatkan Akuntabilitas

Adanya partner bisnis akan membuat pebisnis lebih fokus dalam menjalankan bisnis. Partner bisnis akan bahu membahu menyuntikkan semangat dan motivasi sehingga pebisnis lain merasa sungkan jika tidak totalitas dalam menjalankan bisnis yang sedang digeluti. Selain itu, partner bisnis akan membantu mengawasi hal-hal penting dalam bisnis seperti arus pendapatan dan pengeluaran dari bisnis. Akibatnya, hal ini akan meningkatkan akuntabilitas dari pelaku bisnis itu sendiri.

5. Biaya Bersama

Biaya merupakan krusial bagi sebuah bisnis. Biaya ibarat sebagai mesin utama dari jalannya sebuah bisnis. Jika biaya mengalami kemacetan, maka imbasnya akan memacetkan roda bisnis keseluruhan. Maka, memiliki partner bisnis dinilai menguntungkan karena berarti memiliki tambahan biaya untuk menjalankan bisnis.

Itulah 5 keutungan dari memiliki partner bisnis.

Lantas, apa saja kerugian dari memiliki partner bisnis? Berikut ini beberapa kontra dari memiliki partner bisnis:

1. Berbagi Kekuasaan

Menjalankan bisnis berarti memiliki kekuasaan dari bisnis itu secara penuh. Namun, bagaimana jika memiliki partner bisnis? Hal tersebut sama saja dengan berbagi kekuasaan dalam mengelola bisnis. Maka, dalam memutuskan memiliki partner bisnis, seorang pebisnis harus melakukan diskusi mengenai pembagian wewenang dalam bisnis tersebut. Hal-hal yang perlu didiskusikan dapat berupa pembagian tanggung jawan di setiap aspek bisnis, pengelolaan keuangan, serta pembagian keuntungan.

2. Perbedaan Pandangan

Dalam bisnis, tentu banyak keputusan yang perlu diambil. Berkenaan dengan pengambilan keputusan tersebut, tentu jika memiliki partner bisnis akan melahirkan banyak perbedaan pandangan. Hal tersebut tentu jika tidak diolah dengan benar akan membuat kesulitan dalam mengambil keputusan. Namun, jika diolah dengan tepat, maka perbedaan pandangan tersebut bisa menjadi alternatif pilihan-pilihan keputusan yang kaya.

3. Pengambilan Keputusan yang Lebih Kompleks

Kontra ketiga dari memiliki partner bisnis ini lahir akibat dari perbedaan pandangan yang lahir dari memiliki partner bisnis. Perbedaan-perbedaan pandangan yang lahir tersebut akan berdampak pada pengambilan keputusan menjadi lebih kompleks. Jika pengambilan keputusan menjadi kompleks, maka tentu keputusan akan lebih lama diambil. Hal tersebut akan mengancam kelangsungan bisnis yang dijalankan.

4. Harus Berbagi Keuntungan

Poin kontra yang satu ini tentu tidak bisa dihindari lagi. Berbagi bisnis melalui memiliki partner bisnis berarti bahwa selain berbagi tanggung jawab, juga berbagi keuntungan yang didapat. Tentu hal ini akan lebih merugikan dibanding dengan menjalankan bisnis sendiri. Apalagi jika partner yang dimiliki banyak. Maka tentu akan semakin sedikit keuntungan yang akan didapat.

Itulah pro dan kontra dari memiliki partner bisnis. Jika seorang pebisnis ingin memiliki partner bisnis, sebaiknya seorang pebisnis mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

  1. Apakah seorang pebisnis tersebut memang tipe pebisnis yang senang jika memiliki partner bisnis, atau lebih suka bekerja sendiri?
  2. Apakah pebisnis bisa bersikap toleransi seandainya partner bisnis tidak bekerja dengan maksimal?
  3. Apakah calon partner bisnis sudah cocok dengan apa yang pebisnis cari?
  4. Apakah gaya bekerja dari partner bisnis sesuai dengan pebisnis inginkan?
  5. Apakah partner bisnis memiliki motivasi, nilai, dan kebiasaan kerja yang sama?
  6. Apakah partner bisnis memiliki visi, ide, dan tujuan yang sama tentang bagaimana menjalankan bisnis?
  7. Apakah masing-masing kekuatan dan keterampilan partner bisnis saling melengkapi satu sama lain?
  8. Apakah pebisnis dan partner bisnis dapat berkomunikasi dengan baik satu sama lain dengan cara yang menyenangkan, penuh hormat dan nyaman?
  9. Apakah pebisnis dapat sepenuhnya mempercayai partner bisnis?
  10. Apakah pebisnis rela membagi keuntungan dengan partner bisnisnya?
  11. Apakah pebisnis sudah memeriksa latar belakang dari calon partner bisnis?

Itulah pro dan kontra dari memiliki partner bisnis. Jika dilakukan dengan benar, memiliki partner bisnis bisa mendatangkan keuntungan. Untuk mendapatkan partner bisnis yang tepat, seorang pebisnis perlu melakukan riset tentang calon partner bisnisnya. Seorang pebisnis harus memeriksa latar belakang dari calon partner bisnisnya secara menyeluruh.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang untung rugi memiliki partner bisnis, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis?
9 Pertanyaan yang Sering Diajukan Ketika Membuka Bisnis Baru
5 Alasan Mengapa Bisnis Baru Sering Gagal
Waspada! Ini Penyebab Bisnis Kecil Tidak Berkembang
Untung Rugi Jual Beli Mobil Lewat Dealer
6 Alasan Bisnis Baru Banyak yang Gagal
Untung Rugi Beli Mobil di Lelang
Cara Membuat Marketing Plan
Untung Rugi Menjual Mobil Secara Pribadi
7 Prinsip Bisnis Ala Mafia


Bagikan Ke Teman Anda