Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Untung Rugi Bekerja dari Rumah

Kemajuan zaman dan kecanggihan teknologi membuat semua hal yang dulu mustahil menjadi mungkin. Bekerja dari rumah termasuk salah satu di antaranya. Banyak orang yang suka dengan gaya bekerja ini, namun tidak sedikit juga yang bersikap skeptis tentang hal ini.

Bagi para pekerja yang harus bangun pagi setiap hari, bekerja di kantor sepanjang hari, kemudian lembur hingga larut malam, bekerja dari rumah terlihat seperti solusi yang ideal. Namun gaya bekerja seperti ini bukan untuk semua orang. Banyak yang justru merasa kewalahan dan tidak nyaman karena mereka berada di rumah sepanjang hari untuk bekerja.

Sama halnya dengan bekerja kantoran, bekerja di rumah juga punya untung rugi sendiri yang harus ditanggung. Inilah yang harus dipertimbangkan sebelum seseorang mulai bekerja dari rumah. Buat Anda yang tergoda mundur dari kantor dan ingin bekerja sendiri, artikel ini akan menjabarkan secara lengkap tentang semua sisi positif dan negatifnya.

Siapa saja yang berpotensi bekerja dari rumah?

Bekerja dari rumah, atau istilah kerennya adalah remote working, memang bukan untuk setiap orang. Tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dari rumah atau di luar kantor. Inilah beberapa jenis pekerjaan yang punya potensi remote working atau bekerja dari rumah.

  1. Remote Worker

Orang pertama yang bisa bekerja dari rumah adalah remote worker atau pekerja jarak jauh. Ini bisa dilakukan oleh pegawai kantoran yang tidak harus datang ke kantor setiap hari. Pekerja jarak jauh benar-benar bisa bekerja kapan saja dan dimana saja yang mereka inginkan. Namun karena mereka masih bagian dari sebuah tim kerja, setiap pekerja akan diberi tugas dan jadwal sendiri yang harus diikuti.

Meski mereka bisa bekerja dimana saja, mereka harus aktif dan terhubung pada jam-jam kerja hingga jam kantor berakhir. Mereka juga harus mengikuti rapat-rapat yang dijadwalkan. Namun mereka memang bisa bekerja di mana saja mereka berada. Pekerja seperti ini memang tidak sepenuhnya fleksibel, namun mereka masih mendapatkan jaminan gaji tetap setiap bulan.

  1. Freelancer

Freelancer atau pekerja lepas bisa sepenuhnya menikmati waktu bekerja mereka dimanapun dan kapanpun. Pekerja lepas bisa memutuskan jenis pekerjaan apa saja yang ingin mereka ambil dan mana yang ingin mereka tolak. Mereka bisa bebas melakukan negosiasi dengan klien selama bekerja, baik itu mengenai deadline atau rapat-rapat lainnya.

Meski para pekerja lepas ini punya jadwal kerja yang benar-benar bebas, pendapatan mereka juga cenderung tidak stabil. Setelah satu pekerjaan selesai, mereka harus mencari pekerjaan lainnya. Pekerja lepas tidak boleh berhenti mencari klien baru untuk memastikan agar mereka tidak menganggur dan pekerjaan tetap lancar.

  1. Berbisnis sendiri

Ketika Anda menjalankan usaha sendiri, Anda-lah bosnya dan Anda tidak perlu bekerja untuk siapapun. Anda bisa bekerja dari mana saja, kapan saja, dan bisa melakukan apa yang Anda sukai. Dari ketiga jenis pekerjaan tadi, inilah yang paling fleksibel.

Namun jika Anda menjalankan bisnis sendiri, Anda harus selalu mencari jalan untuk memperoleh pendapatan. Anda harus bisa mengelola keuangan dengan baik, paham tentang investasi, dan siap menanggung kerugian.

Keuntungan Bekerja dari Rumah

Dibandingkan bekerja kantoran setiap hari, bekerja dari rumah punya banyak keuntungan. Bahkan beberapa orang merasa lebih nyaman dengan cara kerja seperti ini. Inilah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan saat bekerja dari rumah.

  • Tidak perlu bepergian setiap hari

Tidak setiap hari Anda merasa bersemangat bangun pagi dan segera bersiap-siap pergi ke kantor. Ada saat-saat dimana Anda malas dan ingin bangun lebih siang. Tapi kalau bekerja dari rumah, Anda tidak perlu bingung harus mengejar-ngejar bus atau kereta setiap pagi. Anda juga tidak perlu terjebak dalam padatnya kemacetan karena berlomba-lomba mencari jalan dengan semua orang lain yang juga ingin berangkat kerja.

Bagi banyak orang, terutama mereka yang hidup dan bekerja di kota besar, hal ini merupakan penyebab stress harian yang paling besar. Terutama di Senin pagi ketika semua orang kembali ke rutinitas masing-masing setelah akhir pekan yang panjang. Wajah-wajah yang Anda lihat di jalanan adalah wajah yang sama lelahnya dengan wajah Anda. Dengan bekerja dari rumah, Anda sukses membebaskan diri dari tekanan mengerikan ini.

  • Menghemat lebih banyak waktu

Selain menghemat waktu bepergian, Anda juga bisa menghemat waktu lagi karena tidak perlu bersiap-siap di pagi hari. Jika bekerja di rumah, Anda tidak harus mandi, berpakaian bagus, dan berdandan pagi-pagi.

Tanpa perlu mematut diri dan pergi ke kantor, ada bisa menghemat 1 hingga 2 jam setiap harinya. Sekarang pikirkan apa yang bisa Anda lakukan selama waktu itu? Anda bisa tidur lebih lama, memasak sarapan kesukaan, atau sekedar menonton serial TV favorit. Anda bebas melakukan apa saja yang Anda inginkan tanpa diburu waktu karena takut terlambat pergi ke kantor.

  • Menghemat uang

Tidak hanya waktu, uang pun bisa dihemat dengan bekerja dari rumah. Tidak ada biaya transportasi atau biaya bensin yang harus dikeluarkan setiap hari. Meski kelihatannya kecil, tapi kalau dijumlahkan selama sebulan hasilnya akan cukup banyak.

Anda juga tidak perlu membeli pakaian yang bagus-bagus untuk pergi ke kantor atau membayar makanan mahal di kantin kantor. Seharusnya dengan bekerja dari rumah Anda bisa lebih banyak menabung.

  • Kenyamanan dalam bekerja

Hal lain yang hanya mungkin Anda dapatkan dengan bekerja dari rumah adalah kenyamanan saat bekerja. Kenyamanan dalam hal ini adalah Anda bisa bekerja dengan memakai baju sehari-hari, tidak perlu memulas make up, bahkan tidak perlu mandi jika Anda tidak mau.

Ketika Anda merasa tidak enak badan, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk bekerja. Anda bisa istirahat seharian atau bekerja sambil tiduran di atas kasur yang nyaman. Namun Anda harus berhati-hati. Terlalu banyak kenyamanan bisa mengganggu produktivitas dalam bekerja.

  • Jam kerja lebih fleksibel

Jika pekerjaan Anda adalah freelancer atau pemilik usaha (entah itu skala kecil atau besar), Anda punya jam kerja yang benar-benar fleksibel. Apabila Anda adalah remote worker, Anda tetap bisa melakukan hal yang sama jika tidak ada pertemuan penting dengan tim. Kebebasan ini tentu adalah impian bagi semua pekerja kantoran yang harus pulang dan pergi setiap hari.

Ini artinya Anda bisa bekerja di jam-jam paling produktif Anda. Ada orang yang lebih suka bekerja di pagi hari, ada pula yang memilih larut malam hari. Anda bisa menemukan ritme kerja Anda sendiri.

  • Bisa lebih mandiri

Kelebihan lain bekerja dari rumah adalah Anda bisa lebih mandiri. Anda dapat membuat semua keputusan sendiri tanpa harus bergantung atau menunggu atasan. Hal ini menimbulkan perasaan positif dalam diri Anda dan akan meningkatkan kepercayaan diri.

  • Menciptakan lingkungan kerja sendiri

Bukan rahasia bahwa lingkungan kerja sering memberikan tekanan tersendiri. Inilah manfaatnya jika Anda bekerja dari rumah. Anda bebas memilih ingin bekerja di dalam kamar, punya ruang kerja mini, atau ingin bekerja di kafe baru di lingkungan Anda, semua bebas dan bisa Anda tentukan sendiri, yang penting produktivitas Anda tetap lancar.

  • Work/life balance

Keseimbangan antara hidup pribadi dan pekerjaan bisa didapatkan dengan mudah bagi mereka yang bekerja di rumah. Mereka bisa menghabiskan banyak waktu dengan keluarga, waktu untuk diri sendiri, dan banyak hal lainnya. Meski Anda punya jam kerja yang sama dengan pekerja kantoran lainnya, Anda tetap merasa lebih punya banyak waktu untuk memikirkan hal lainnya.

Kerugian Bekerja dari Rumah

Dengan banyaknya keuntungan di atas, ada beberapa kerugian atau kekurangan jika Anda harus bekerja dari rumah.

  • Tidak ada interaksi dengan orang lain

Anda mungkin bekerja dengan banyak klien dan punya rapat harian. Tapi tetap saja Anda menghabiskan sebagian besar wantu sendirian. Tidak ada makan siang bersama teman atau main bersama di akhir pekan. Buat mereka yang senang bergaul, hal ini merupakan sesuatu yang sulit.

  • Susah membedakan kehidupan pribadi dan pekerjaan

Semua kegiatan Anda lakukan di rumah. Mulai dari tidur, bekerja, makan, dan kegiatan lainnya. Seringkali ini membuat Anda sulit memisahkan kehidupan pribadi dengan pekerjaan. Sama halnya seperti Anda bisa bekerja kapanpun, Anda juga bisa bekerja seharian penuh tanpa henti. Cepat atau lambat kehidupan Anda akan melebur jadi satu.

  • Terlalu banyak gangguan

Karena Anda berada di rumah, akan ada lebih banyak gangguan yang mengganggu fokus Anda saat bekerja. Misalnya ketika Anda sedang menyelesaikan pekerjaan, tiba-tiba Anda melihat tumpukan cucian yang ada di sudut. Atau tiba-tiba Anda teringat serial TV yang episode terbarunya baru keluar dan Anda ingin segera melihatnya. Untuk menyiasati hal ini, Anda harus punya metode khusus dalam menjaga pikiran agar tetap fokus.

Misalnya bekerja dengan sistem Pomodoro, yaitu fokus selama 25 menit dan istirahat selama 5 menit. Dalam waktu istirahat tersebut, Anda bebas melakukan kegiatan apa saja yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

  • Produktivitas rendah

Banyaknya gangguan akan berdampak pada produktivitas yang rendah. Tidak ada bos yang akan mengawasi kinerja Anda, sehingga Anda bisa bermalas-malasan semaunya. Rendahnya produktivitas memang menjadi masalah utama bagi siapa saja yang bekerja dari rumah.

  • Gaya hidup tidak sehat

Bekerja dari rumah memang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Namun di sisi lain, kesehatan Anda justru bisa semakin memburuk. Meja dan kursi di gedung-gedung kantor dirancang khusus untuk agar tubuh bisa semakin sehat. Jika Anda bekerja dari rumah, Anda mungkin tidak bisa menyisihkan anggaran khusus untuk membeli peralatan tersebut.

Gaya bekerja dari rumah yang cenderung sembarangan, misalnya sambil tiduran di atas kasur, bisa menyebabkan nyeri punggung yang parah. Begitu pula jika Anda sibuk bekerja tanpa meninggalkan rumah sama sekali sepanjang hari, itu juga tidak baik untuk tubuh Anda.

  • Reputasi dipertaruhkan

Sesukses apapun Anda dengan bekerja dari rumah, orang-orang di sekitar Anda mungkin tidak begitu menghargai Anda layaknya pekerja kantoran pada umumnya. Bahkan sebagian besar dari mereka malah beranggapan Anda tidak punya pekerjaan sungguhan.

Karena Anda berada di rumah sepanjang hari, Anda terlihat seperti pengangguran. Mereka akan seenaknya menyuruh Anda membantu atau melakukan pekerjaan lain karena Anda “selalu berada di rumah sepanjang hari”.

Bekerja dari rumah adalah model pekerjaan yang kini sedang digandrungi oleh anak muda, teritama kaum millennial. Namun sebelum mengambil keputusan tersebut, Anda harus benar-benar memahami kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Jangan hanya terbawa tren, karena banyak orang lain yang bekerja dari rumah dan Anda melihatnya sebagai hal yang menyenangkan, tanpa berpikir panjang Anda langsung mengundurkan diri dari pekerjaan. Setiap pekerjaan, apapun itu, selalu memiliki resikonya masing-masing. Pastikan Anda sudah memahami itu semua sebelum Anda memutuskan apakah Anda ingin tetap bekerja kantoran atau lebih suka bekerja dari rumah.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang untung rugi bekerja dari rumah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Untung Rugi Membeli Franchise
Kesalahan Umum Pembeli Rumah Pertama
Ingin Membeli Rumah? Jangan Lupakan Hal-Hal Berikut Ini!
Untung Rugi KPR Refinancing
Jangan Menyewakan Rumah kepada Orang Seperti Ini
Faktor Ini Perlu Menjadi Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah!
Untung Rugi Kerja di USA (Amerika)
Tip KPR untuk Pembeli Rumah Pertama
Untung Rugi Investasi Emas
Apa Untung Rugi Belanja Secara Grosir?


Bagikan Ke Teman Anda