Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Untung Rugi Beli Mobil di Lelang

Apakah Anda terbiasa membeli barang-barang di sebuah lelang? Jika jawabannya “iya”, mungkin Anda dapat mempertimbangkan pula untuk membeli mobil di pusat pelelangan mobil. Selain praktis, membeli mobil pada lelang merupakan langkah bijaksana dalam berinvestasi.

Namun tunggu dulu, sebelum berangkat ke tempat pelelangan mobil, ada baiknya Anda mempertimbangkan pro kontra membeli mobil di tempat lelang.

Keuntungan Membeli Mobil di Lelang

  • Harganya murah

Jelas sekali bahwa harga mobil di tempat lelang akan lebih murah jika dibandingkan dengan membeli di dealer atau distributor konvensional. Bahkan jika dihitung-hitung, potensial penghematan yang bisa Anda dapatkan adalah sekitar 30 %.

Terlebih lagi jika kondisi mobil tidak sempurna seperti memiliki penyok pada bagian tertentu, Anda dapat mengambil keuntungan dan mendapatkan harga sangat murah. Kerjakan sisi penyok tersebut pada bengkel terpercaya, dan Anda bisa mengendarai mobil idaman tanpa menguras isi kantong. Itulah salah satu alasan mengapa orang-orang dengan anggaran terbatas lebih memilih menunggu lelang mobil dari pada pergi ke dealer terdekat.

  • Kendaraan yang dijual berkualitas tinggi

Panitia pelelangan akan selalu memastikan bahwa mobil-mobil yang mereka lelang memiliki kualitas tinggi. Anda dapat mengamankan dan membeli mobil dengan kualitas terbaik dan juga merek atau pun model bagus dengan harga yang wajar.

  • Model vintage yang banyak dicari orang

Salah satu alasan mengapa orang rela antri di tempat pelelangan adalah, karena mereka mencari mobil degan model klasik. Para kolektor mobil antik tentu tak akan melewatkan andai ada pelelangan mobil dengan model-model kuno tersebut. Tentu saja harapannya mereka dapat membawa pulang mobil klasik tersebut dengan harga yang wajar dan sesuai dengan kantong mereka.

  • Banyak pilihan

Banyak tempat pelelangan yang memiliki pilihan yang cukup mengesankan, termasuk pula mobil konvensional, SUV, truk, atau pun kendaraan ekonomi. Namun yang biasanya tidak didapatkan pada tempat pelelangan adalah opsi warna, tahun, dan juga jarak tempuh yang telah dilalui.

  • Bekas kendaraan armada

Beberapa perusahaan baik itu swasta atau pun pemerintah sering mengadakan pembaruan pada armada mereka setelah beberapa tahun atau beberapa kilometer. Manfaat dari kondisi ini adalah mobil-mobil tersebut memiliki dokumentasi yang lengkap serta mendapatkan perawatan yang maksimal dari tempat asalnya.

  • Perputaran cepat

Tidak seperti halnya dealer atau tempat penjualan mobil tradisional, pelelang biasanya mencari penjualan cepat. Bagi Anda yang tertarik dengan hal ini, silahkan kunjungi situs lelang mobil di daerah Anda terlebih dahulu. Di sana Anda akan mendapatkan berbagai pilihan mobil dengan jarak tempuh, tahun, warna, serta model yang sesuai dengan harapan Anda. Setelah cocok, Anda bisa segera pergi ke tempat pelelangan dan mulai menawar dengan harga yang pantas dan sesuai kemampuan.

Kerugian Membeli Mobil di Tempat Lelang

  • Mobil telah berpindah tangan beberapa kali

Membeli mobil di tempat lelang bisa saja membawa Anda pada sebuah mobil bekas yang telah melewati tangan ketiga, keempat, dan seterusnya. Karena itu cukup masuk akal jika harga mobil yang murah tersebut berasal dari barang sitaan atau diambil alih.

  • Kondisi mobil bisa saja buruk

Banyak mobil yang dilelang menyisakan kondisi mekanik yang buruk. Bahkan terkadang tampilannya saja yang dibuat bagus saat pelelangan berlangsung. Namun ketika pembeli menggunakannya, maka segala kekurangan tersebut barulah terasa.

  • Kurangnya test drive

Pusat pelelangan mungkin tidak akan menawarkan test drive pada Anda, tentu saja karena sejumlah alasan yang telah kami ungkapkan di atas. Kendati Anda telah mendapatkan banyak info mengenai kondisi kendaraan, serta pengamatan visual secara mandiri, namun semua tidak menjamin bahwa mobil yang akan Anda bawa pulang memiliki kondisi terbaik.

  • Tidak berasuransi

Sebagian besar atau hampir semua mobil yang dijual di tempat pelelangan tidak memiliki jaminan serta perlindungan asuransi. Berbeda dengan mobil-mobil yang berasal dari dealer yang selalu membelaki atau paling tidak menawarkan asuransi pada pembelinya.

  • Bisa jadi merupakan mobil illegal

Ada pula kemungkinan bahwa mobil yang Anda dapatkan adalah mobil hasil selundupan, atau mobil hasil curian yang dijual di pasar-pasar gelap. Tentu ini sangat beresiko bagi kepemilikan Anda di masa depan.

Namun belakangan pusat lelang mobil memiliki lebih banyak tanggung jawab hukum untuk mengungkap semuai info tentang mobil kepada pembelinya. Selain itu, di zaman serba online ini, tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk mencari asal usul sebuah mobil.

  • Biaya tersembunyi

Mungkin akan ada biaya tersembunyi yang tidak Anda sadari. Biaya tersebut bisa jadi masuk dalam komisi pelelangan atau biaya untuk mendapatkan dokumen pendaftaran. Demikian pula jika kendaraan tidak memiliki sertifikat kelaikan jalan, maka Anda harus mengeluarkan uang ekstra untuk menempatkannya pada kondisi laik jalan.

Untuk itulah sangat penting bagi Anda agar memastikan berapa biaya pemrosesan pada panitia lelang, serta mendapatkan segala informasi tentang mobil yang dilelang.

  • Rawan penipuan

Kita harus selalu waspada terhadap penjual, pembeli lain, bahkan fasilitator yang tidak jujur. Pada jenis lelang apa pun, harap dicermati keberadaan penawar palsu yang akan menaikkan harga secara artifisial. Penawar-penawar tersebut tentu saja bertujuan untuk mendongkrak harga jual mobil menjadi tinggi.

Bagaimana? Setelah membaca untung rugi membeli mobil di lelang, apakah Anda masih berminat atau memilih membeli mobil di tempat tradisional? Saran dari kami saat Anda pergi ke tempat lelang mobil, ada baiknya mengajak seseorang yang berpengalaman, baik dalam proses lelang maupun dalam mengamati mobil dengan kualitas bagus.

Cari info sedetail mungkin tentang kondisi mobil dan juga asal usulnya. Jangan sampai mobil yang Anda dapatkan dengan harga murah justru akan menyusahkan Anda di kemudian hari.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang untung rugi beli mobil di lelang, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tidak Ada Uang? Jual Beli dengan Barter? Apa yang Terjadi?
Untung Rugi dalam Bisnis Peer To Peer (P2P) Lending
Apa Untung Rugi Belanja Secara Grosir?
Untung Rugi Bisnis Dropshipping
Syarat Umum Pengajuan Kredit Mobil
Untung Rugi Jual Beli Mobil Lewat Dealer
Untung Rugi Investasi Emas
Untung Rugi Menjual Mobil Secara Pribadi
Mengapa Orang Kaya Lebih Memilih Mobil Bekas?
Tip Menjual Mobil Agar Cepat Laku


Bagikan Ke Teman Anda