Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Untung Rugi Bisnis Barbershop

Dahulu, tempat potong rambut Madura begitu populer karena modelnya yang kece dengan harga murah. Kini tren berubah dan nama barbershop kian populer. Seiring dengan kepopuleranya tersebut, kamu mungkin tertarik juga untuk ikut ambil bagian menjalankan bisnis barbershop. Tetapi sebelum itu kamu lakukan, coba pelajari terlebih dahulu untung rugi bisnis barbershop.

Untungnya Bisnis Barbershop

Ada beberapa alasan mengapa banyak yang tertarik menjalankan bisnis barbershop, berikut beberapa diantaranya:

  1. Belajar Membangun Bisnis Secara Mandiri

Sebagai bagian dari bisnis, tentu membangun bisnis barbershop adalah pengalaman berharga untuk menuju kemandirian finansial. Dengan memiliki bisnis barbershop, kamu sebagai pemilik akan belajar mengelola keuangan dan marketing bisnis. Jika kamu bisa belajar dan berkembang, bisnis barbershop bisa sangat menghasilkan.

  1. Menciptakan Lapangan Pekerjaan untuk Orang lain

Memiliki bisnis barbershop sama artinya kamu bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain. Kamu bisa mempekerjakan tukang cukur berpengalaman untuk memuaskan konsumen. Jika bisnis berkembang pesat, kamu bisa mempekerjakan tenaga kebersihan dan lain sebagainya.

  1. Memulai Sesuatu yang Baru

Bisnis barbershop saat ini sedang berkembang dan banyak bermunculan dengan konsep-konsep baru yang unik. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk membangun bisnis barbershop sendiri dan menarik perhatian konsumen dengan konsep baru yang kamu tawarkan.

Barbershop saat ini juga sudah menjadi suatu kebutuhan, terutama bagi kalangan muda. Namun, tidak menutup kemungkinan barbershop khusus bagi orang dewasa atau orang tua juga bisa menarik perhatian.

  1. Mendapatkan Publisitas Gratis

Media lokal atau media online saat ini sering menyoroti hal-hal baru seperti bisnis barbershop baru yang ada di kota mereka. Nah, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan publisitas gratis sebagai metode marketing yang saling menguntungkan.

  1. Belajar Marketing Media Sosial

Selain itu, kamu bisa mendaftar di banyak media sosial untuk mempromosikan bisnis barbershop kamu. Hal ini bisa menjadi sebuah pengalaman belajar yang bagus tentang marketing media sosial. Mempromosikan bisnis melalui media sosial merupakan salah satu marketing yang paling mudah dan murah.

  1. Manfaatkan Relasi dan Teman

Memiliki banyak relasi atau teman bisa jadi sangat menguntungkan jika kamu memulai bisnis barbershop. Kamu bisa mempromosikan bisnis kamu melalui penawaran kepada teman atau kerabat di sekitar kamu. Jika mereka puas, akan lebih banyak konsumen yang datang dari rekomendasi teman atau relasi kamu.

  1. Mengalahkan Ekspektasi Pelanggan

Jika ingin memulai bisnis barbershop, lebih baik pikirkan juga bagaimana membangun kesan pertama bagi pelanggan kamu. Kesan pertama sangat dibutuhkan untuk membuat pelanggan merasa puas dan ingin kembali menggunakan barbershop kamu.

Pastikan juga kamu menggunakan peralatan baru agar pelanggan merasa puas dengan hasil cukurnya. Selain itu, kamu juga bisa memberikan pelayanan lainnya seperti kebersihan barbershop, memutar musik, keahlian karyawan dan lain sebagainya.

Kerugian Bisnis Barbershop

Sedangkan beberapa hal di bawah ini adalah beberapa kerugian bisbis barbershop yang mungkin saja akan kamu alami:

  1. Modal Bisnis yang Dibutuhkan Cukup Besar

Memulai bisnis barbershop membutuhkan modal yang cukup besar karena memerlukan peralatan baru, tempat sewa/beli, persediaan produk, biaya pemasaran dan lain-lain. Belum lagi jika kamu memiliki karyawan, maka butuh modal untuk mempersiapkan gaji karyawan.

  1. Belum Memiliki Pengalaman di Bidang Barbershop

Memulai bisnis barbershop akan terasa lebih sulit jika pemiliknya belum memiliki pengalaman dalam bidang cukur-mencukur. Akan banyak kesalahan yang mungkin dilakukan di awal-awal bisnis dan hal ini bisa membuat bisnis tidak lancar karena konsumen tidak puas. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis kamu bisa kursus terlebih dahulu jika belum punya pengalaman dengan bisnis terkait.

  1. Kurangnya Pengetahuan tentang Kondisi Pasar

Beberapa bisnis terkadang mengalami hambatan karena salah menentukan target pasar mereka. Jika sudah demikian, meski pemilik bisnis sudah berpengalaman dalam bidang barbershop, bisnis tidak akan berjalan lancar karena kesalahan dalam memilih target pasar.

Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah memikirkan target pasar dan kemungkinan adanya kompetitor di wilayah bisnis kamu. Pengetahuan tentang pasar meliputi perilaku konsumen, selera, sensitivitas terhadap perubahan harga dan lain sebagainya.

  1. Brand Baru Lebih Sulit Dikenal

Jika kamu muncul dengan brand atau merek baru di dunia barbershop, mungkin konsumen akan sulit menyadarinya. Hal inilah yang menyebabkan bisnis barbershop selalu sepi di awal-awal. Namun, jika pemilik barbershop pandai dalam marketing dan pemasaran, maka dalam beberapa waktu seharusnya bisa menarik perhatian konsumen.

  1. Persaingan Cukup Ketat

Membangun bisnis barbershop memang susah-susah gampang, namun cukup membingungkan menentukan konsep barbershop itu sendiri. Hal ini karena ada banyak sekali bisnis barbershop mulai dari tukang cukur dengan ongkos murah hingga barbershop super mahal.

Kamu harus benar-benar mencari tahu bagaimana kondisi pasar dan kompetitor yang ada di lokasi tersebut. Jangan sampai kamu membangun bisnis barbershop elite di kawasan yang penuh dengan kompetitor barbershop kelas menengah dengan harga terjangkau. Jika demikian, maka bisa dipastikan kamu kalah telak dengan kompetitor.

  1. Belum Memiliki Pelanggan

Aktivitas bercukur antara konsumen satu dengan yang lainnya biasanya berbeda-beda selera. Dan setelah mendapatkan barbershop yang dirasa cocok, mereka pasti tidak ingin berganti ke barbershop lain.

Nah, hal ini juga menjadi tantangan terbesar saat memulai bisnis barbershop karena konsumen umumnya sudah memiliki barbershop kesayangan mereka. Kamu harus memiliki penawaran yang menarik agar konsumen penasaran untuk mencoba bercukur di barbershop milik kamu.

Itulah beberapa untung rugi yang perlu diketahui sebelum kamu memulai bisnis barbershop. Pastikan kamu sudah memikirkan matang-matang mengenai persiapan, biaya, penentuan harga, target pasar dan lain sebagainya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang untung rugi bisnis barbershop, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



5 Alasan Mengapa Penting Belajar Bisnis
Apa itu Keuangan Standard Emas? Apa Untung Ruginya?
Apakah Bisa Memulai Bisnis dengan Modal Dengkul?
Perbedaan Payment Gateway dengan Payment Processor
9 Pertanyaan yang Sering Diajukan Ketika Membuka Bisnis Baru
Apa itu Payment Gateway? Bagaimana Cara Kerja Payment Gateway?
Definisi Walk In Costumer
Peluang Bisnis: Martha Tilaar Spa Franchise
Contoh Bisnis dengan Skema Ponzi di Indonesia
Macam Usaha Kuliner yang Menguntungkan dan Modal Kecil


Bagikan Ke Teman Anda