Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Untung Rugi Bisnis Koin Laundry

Salah satu bisnis yang saat ini sedang menjamur adalah bisnis koin laundry. Bisnis kecil yang menyasar konsumen super sibuk ini menjanjikan banyak keuntungan. Bahkan uniknya, pelanggan dapat melakukannya sendiri. Kini pelanggan tidak perlu khawatir jika hasil cuciannya tidak bersih atau mungkin pakaiannya akan hilang dan tertukar karena mereka dapat melakukan pencuciannya sendiri secara langsung. Kelebihan inilah yang membuat bisnsi koin laundry banyak diminati.

Kini, bisnis ini semakin mudah ditemui di Indonesia. Banyak pengusaha yang beralih ke bisnis koin laundry dibanding dengan laundry konvensional. Namun apakah sebenarnya untung rugi dari bisnis koin laundry dibanding bisnis lainya? Bagi kamu yang ingin ikut terjun di bisnis ini, berikut ini adalah beberapa untung rugi dari bisnis koin laundry yang perlu kamu ketahui:

Keuntungan Bisnis Koin Laundry 

  1. ROI yang tinggi

Return of Investment dari bisnis koin laundry terbilang tinggi. Dibandingkan dengan bisnis kecil lainnya, ROI dari bisnis koin laundry mencapai 20-35%. Bahkan tingkat kelangsungan bisnis ini selama 5 tahun pertama jauh lebih besar dibandingkan bisnis startup lainnya. Dengan begini, kamu tidak perlu menunggu waktu terlalu lama untuk mendapatkan pengembalian modal.

  1. Manajemen yang mudah

Tidak seperti bisnis restoran dan bisnis lainnya yang membutuhkan inventaris yang banyak, bisnis koin laundry justru memiliki manajemen yang sangat mudah. Tidak ada peralatan khusus yang memerlukan kemampuan khusus untuk menggunakannya.

Tidak ada perputaran barang persediaan yang harus terus dipantau. Tidak ada pengembalian produk oleh konsumen. Dengan begini, kamu tidak memerlukan tenaga khusus untuk memantau jalannya bisnis, kamu dapat melakukan semua dengan mudah .

  1. Tidak musiman

Kelebihan dari bisnis koin laundry lainnya adalah bisnis ini tidak akan pernah sepi. Bisnis koin laundry bukanlah bisnis musiman yang hanya akan ramai pada waktu tertentu saja. Kebutuhan untuk mendapatkan pakaian yang bersih akan selalu ada sehingga bisnis ini akan selalu dibutuhkan oleh banyak orang kapan saja.

Namun bisnis ini memiliki jumlah pelanggan yang besar ketika liburan tiba. Di saat seperti inilah kamu harus merencanakan untuk menambah mesin yang baru agar pelanggan tetap dapat menikmati fasilitas mencuci tanpa perlu menunggu pelanggan lainnya selesai mencuci.

  1. Resisten

Jika kebanyakan bisnis akan terguncang bahkan collapse saat terjadi krisis ekonomi, maka tidak dengan bisnis koin laundry. Bisnis ini akan tahan terhadap berbagai masalah ekonomi global. Selama masih ada orang yang membutuhkan pakaian bersih, maka bisnis ini pun akan tetap bertahan. Namun pastikan pula manajemen keuangan juga dijalankan dengan baik sehingga keuangan bisnis tidak akan terlalu banyak terkena dampaknya.

  1. Langsung mendapatkan hasil

Bisnis koin laundry memang unik dan menarik. Kamu bisa merasakan hasil dari bisnis ini secara langsung. Kamu tidak lagi perlu menunggu satu minggu atau satu bulan lamanya untuk merasakan keuntungan bisnis ini. Semua yang kamu lakukan disini akan langsung dibayar tunai.

Pelanggan akan datang, membeli koin dan melakukan pencucian sendiri. Kamu dapat menghitung keuntungan secara langsung setiap penutupan hari. Bahkan kamu dapat menggunakan keuntungannya langsung , namun sebaiknya tidak kamu lakukan agar bisnis tetap dapat berjalan dengan baik.

  1. Tidak membutuhkan banyak pekerja

Bisnis koin laundry memiliki manajemen yang mudah sehingga kamu tidak memerlukan banyak pekerja untuk menjalankan bisnis ini. Bahkan kamu dapat menjalankan bisnis ini hanya dengan 1 orang pekerja saja sebagai kasir atau kamu sendiri dapat turun langsung untuk melakukannya sehingga kamu akan menikmati gaji sebagai pekerja sekaligus keuntungan sebagai pemilik bisnis.

Lagipula, pelanggan hanya perlu melakukan pencucian dan pengeringan pakaian dengan menekan tombol sehingga dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan khusus. Kamu dapat menempelkan stiker tentang cara penggunaan mesin cuci tepat di samping mesin sehingga pelanggan dapat melihatnya dengan mudah. Pekerjaan kamu pun menjadi lebih banyak berkurang, bukan?

  1. Fleksibel

Menjadi bos bagi diri sendiri tentu akan membuat kamu memiliki waktu yang lebih fleksibel. Tidak akan ada lagi ocehan dari atasan jika kamu terlambat masuk kerja atau bahkan mungkin liburan. Kamu dapat menjadikan bisnis ini sebagai full time job atau part time job sesuai dengan keinginan kamu.

Jika kamu memilih full time job, maka kamu dapat melakukan semuanya sendiri. Tapi jika kamu memilih sebagai part time job, maka kamu memerlukan bantuan dari orang lain atau pekerja untuk menjalankan bisnis ini. Pertimbangkan berbagai keuntungan dan kerugian sebelum memilih full time atau part time job dalam membangun bisnis koin laundry, misalnya kenyamanan dalam bekerja.

  1. Membantu keluarga

Tak hanya sekedar membantu dengan membagikan keuntungan pada orang tua, pasangan, atau anak, tapi kamu juga dapat membantu banyak sanak keluarga lainnya. Kamu dapat memberikan pekerjaan bagi saudara yang belum memiliki pekerjaan atau mungkin bagi mereka yang baru saja mendapatkan PHK. Dengan begini, saudara akan terbantu dan kamu pun akan mendapatkan pekerja yang dapat dipercaya.

Namun pastikan untuk mempekerjakan saudara yang memang memiliki kemampuan dan bertanggung jawab. Jika tidak, maka tak hanya bisnis saja yang jadi carut marut, tapi juga hubungan kekeluargaan.

  1. Tidak ada franchise fee

Dalam bisnis koin laundry, tidak ada yang namanya biaya franchise. Kebanyakan bisnis coin laundry dibangun dengan merek  sendiri. Kamu tidak perlu mengeluarkan franchise fee yang akan membuat keuntungan semakin berkurang. Namun akan berbeda ceritanya jika kamu berbagi bisnis dengan rekan bisnis dimana memang sudah seharusnya membagi keuntungan sesuai dengan perjanjian.

  1. Potensi perkembangan yang besar

Bisnis koin laundry memang memiliki potensi perkembangan yang sangat besar. Hal ini tidak terlepas dari tingginya nilai ROI. Semakin tinggi nilai ROI, maka akan semakin besar pula kesempatan untuk mengembangkan bisnis.

Kamu dapat membuka cabang bisnis koin laundry di daerah lain. Jika modal yang kamu miliki kurang, kamu dapat mencari rekan bisnis yang mau bergabung untuk bersama-sama membangun bisnis koin laundry. Dengan semakin berkembangnya bisnis, keuntungan yang akan didapatkan juga akan semakin besar.

  1. Tidak dapat dimanipulasi

Banyak bisnis yang mengalami kerugian besar akibat ulah dari pekerjanya sendiri. Terjadinya manipulasi data terus menerus tanpa diketahui akan menimbulkan kerugian yang semakin membengkak. Namun tidak dengan bisnsi koin laundry.

Bisnis ini sangat sulit untuk dimanipulasi. Hal ini dikarenakan pelanggan langsung mengerjakan segalanya sendiri. Selain itu, mesin juga hanya akan bekerja jika dimasukkan koin yang sesuai. Jadi, bisnis ini sangat aman dari manipulasi data.

  1. Komunitas yang besar

Bisnis koin laundry bukan lagi bisnis baru. Bisnis ini telah lama ada di Eropa. Hanya saja, baru menjamur di Indonesia belakangan ini. Ketenaran bisnis koin laundry di Eropa tentu akan sangat membantu kamu yang baru saja akan merintis bisnis ini di daerah tempat tinggalmu.

Kamu dapat menemukan komunitas para pengusaha bisnis koin laundry untuk mendapatkan berbagai pengetahuan baru tentang bisnis ini. Semakin banyak kamu berhubungan dengan sesama pengusaha bisnis koin laundry, maka akan semakin banyak pula pengetahuan yang akan kamu dapatkan.

  1. Mudah dijual kembali

Jika kamu sudah merasa bosan atau ingin menikmati masa pensiun, maka kamu dapat menjual kembali semua peralatan koin laundry milik kamu. Tidak seperti bisnis lain yang sulit untuk dijual kembali, bisnis koin laundry masih memiliki banyak peminat sehingga kamu dapat menjual kembali bisnismu dengan mudah. Harga yang dapat kamu tawarkan juga tidak terlalu rendah sehingga kamu tetap mendapatkan keuntungan dari penjualan bisnis tersebut.

Kerugian Bisnis Koin Laundry

  1. Terlalu banyak pesaing

Bisnis koin laundry memang sedang menjamur. Jadi jangan heran kalau kamu akan menemukan banyak pesaing dari bisnis yang sama. Namun jangan jadikan ini sebagai penghalang buat kamu. Berikan perbedaan yang menarik dalam bisnis koin laundry yang kamu bangun untuk menunjukkan nilai tambah dibandingkan yang lain.

Kamu dapat memberikan diskon atau hadiah menarik sebagai bagian dari promosi bisnis ketika baru pertama kali dirintis. Mengenalkan bisnis pada pasar seluas-luasnya sangat penting untuk penjaringan pelanggan selanjutnya.

  1. Modal yang besar

Meskipun bisnis ini adalah bisnis skala kecil, namun modal yang kamu gunakan tidak sedikit. Mungkin peralatan yang digunakan tidak terlalu banyak seperti bisnis lainnya, namun harganya jauh lebih mahal dibandingkan peralatan pada umumnya.

Tak hanya modal untuk mesin cuci dan pengeringnya saja, tapi juga saluran air panas hingga biaya sewa tempat usaha. Jumlah yang dibutuhkan mungkin sekitar 100 hingga 300 juta rupiah, tergantung pada seberapa besar usaha yang akan dibangun. Sebenarnya kamu dapat bekerjasama dengan rekan bisnis untuk masalah modal, namun sebaiknya cari rekan yang dapat dipercaya agar bisnis dapat berjalan dengan baik.

  1. Harus selalu siaga

Memiliki bisnis sendiri mungkin membuat kita lebih fleksibel untuk mengatur waktu, namun juga harus selalu bersedia untuk berhubungan dengan bisnis kapan saja, bahkan di saat kamu sedang liburan sekalipun, kamu juga harus mampu memenuhi setiap permintaan pelanggan.

Pelanggan tidak akan peduli apakah kamu sedang liburan atau sedang sakit sekalipun. Mereka hanya tahu bahwa mereka punya uang dan keinginan mereka harus dipenuhi. Jika kamu ingin bisnis terus berjalan, maka jadilah owner yang siap sedia.

  1. Serba bisa

Menjadi owner bukanlah berleha-leha di balik meja. Dalam bisnis koin laundry, kamu harus mampu menjadi owner yang serba bisa. Kamu harus bisa menjadi kasir, tukang listrik, tukang pipa, dan lain sebagainya. Apalagi jika kamu baru saja merintis usaha ini, maka kamu harus terjun langsung untuk memastikan bahwa semuanya dalam kondisi yang baik.

Jangan mengandalkan tenaga professional untuk melakukan beberapa pekerjaan yang sebenarnya dapat kamu atasi sendiri karena ini akan menjadi beban tambahan dalam bisnis. Kamu tidak harus menjadi seorang yang ahli dalam bidang tertentu, cukup memiliki keterampilan dasar untuk memperbaiki sesuatu sehingga kamu dapat melakukan semuanya sendiri  tanpa memanggil bantuan.

  1. Keluhan pelanggan

Bisnis koin laundry memang tahan terhadap krisis ekonomi, namun tidak dengan keluhan pelanggan yang tidak terpuaskan. Jika ada satu pelanggan yang menceritakan keluhannya kepada orang lain, maka jumlah pelanggan setia akan langsung berkurang.

Efektivitas dari promosi mulut ke mulut memang sangat besar, begitu pula dengan keluhan pelanggan. Maka dari itu, usahakan untuk selalu memuaskan pelanggan agar kesan yang didapatkan pelanggan pun baik dan dengan senang hati mereka akan membawakan pelanggan baru bagi kamu.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian dari bisnis koin laundry yang perlu kamu pertimbangan sebelum memulainya. Meskipun sudah banyak yang membuka bisnis ini, namun kamu tidak perlu khawatir akan pasar yang ada karena bisnis ini memang sangat menjanjikan. Kamu cukup melakukan pengawasan dan pengelolaan dengan baik agar bisnis berjalan lancar.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang untung rugi bisnis koin laundry, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Bancassurance? Definisi Bancassurance
Memanage Cash Flow Keuangan pada Bisnis Musiman
Apa Itu Acting in Concert?
Apa itu Siklus Bisnis? Bagaimana Tahapan Siklus Bisnis?
Kesalahan dalam Jualan Online
Bisnis Anda Mendapat Respon Negatif di Medsos? Ini yang Harus Anda Lakukan
Perlukah Gelar MBA untuk Memulai Bisnis?
Untung Rugi Membeli Usaha yang Sudah Berjalan
Peluang Bisnis: Martha Tilaar Spa Franchise
Untung Rugi Investasi Bitcoin


Bagikan Ke Teman Anda