Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Untung Rugi Investasi Emas

Salah satu jenis investasi paling populer di Indonesia adalah investasi emas. Saking populernya, sebagian besar orang hanya tahu jenis investasi satu ini untuk meraup keuntungan. Padahal selain emas, ada juga saham atau reksadana. Tapi keduanya masih kalah pamor dengan emas yang dianggap paling menguntungkan.

Meski demikian, Anda harus memahami bahwa investasi tak selalu menguntungkan. Terkadang ada kondisi yang memungkinkan seorang investor merugi sehingga muncul istilah high risk high return.

Berikut ini ulasan lengkap mengenai investasi emas beserta penilaian untung ruginya.

Keuntungan investasi emas

Melihat dari daya pikatnya, ada beberapa keuntungan investasi emas yang membuat banyak orang kepincut, seperti berikut ini.

  • Emas diakui dan diterima oleh banyak orang di dunia sebagai logam mulia menguntungkan

Sebagian besar orang percaya dan setuju dengan adanya nilai yang terkandung dalam sebongkah emas. Padahal, di dunia ini masih banyak jenis logam mulia yang lebih bernilai daripada emas. Memang tak bisa dipungkiri, sejarah emas yang memang dikenal sejak zaman dahulu membuat nilai logam mulia satu ini terus bertahan hingga kini.

  • Emas adalah salah satu instrumen investasi likuid

Karena dipercaya memiliki nilai tertentu, maka emas bisa dengan mudah dijual untuk memperoleh uang tunai. Bisa dikatakan, emas tergolong sebagai bentuk investasi yang memiliki likuiditas sempurna. Sifatnya yang universal menguntungkan bagi siapa saja yang berinvestasi.

  • Emas bersifat hedging

Perlu Anda ketahui, inflasi ternyata bisa sangat menguntungkan. Namun di sisi lain, justru bisa merugikan. Oleh karena itu, tingkat inflasi harus berada di kisaran yang pas, tak boleh plus ataupun minus. Meski begitu, diperlukan adanya langkah antisipatif untuk melindungi nilai uang. Pasalnya, inflasi membawa dampak buruk terhadap nilai mata uang suatu negara.

Nah, investasi emas jadi salah satu langkah penting dalam melindungi nilai uang dari inflasi atau dikenal dengan istilah hedging. Hal ini terjadi karena saat nilai mata uang turun, nilai emas tetap terjaga. Bahkan, tak jarang pula nilainya malah meningkat secara signifikan.

Kerugian investasi emas yang patut diwaspadai

Di balik keuntungan berinvestasi emas, ternyata ada pula kerugian yang perlu diwaspadai. Namun sayangnya, tidak banyak orang tahu tentang risiko memiliki emas seperti berikut ini.

  • Profit investasi emas kurang menarik untuk jangka pendek

Meski terbilang minim risiko, profit dari investasi emas ternyata tidak bisa didapatkan dalam waktu cepat, kecuali ada kondisi yang kurang kondusif. Itulah sebabnya, mengapa Anda tidak boleh berharap terlalu tinggi untuk mendapatkan keuntungan besar dari memiliki emas dalam jangka pendek. Lagipula, kegunaan emas di mata sebagian besar investor hanya sebatas untuk melindungi nilai mata uang.

  • Emas tidak menciptakan pendapatan pasif yang menguntungkan

Jangan pernah samakan investasi emas dengan saham. Menyimpan uang dalam bentuk emas, juga tidak sama seperti menyimpan uang dalam bentuk obligasi ataupun deposito.

Perlu Anda ketahui, jika berinvestasi saham, Anda bisa menghasilkan dividen setiap tahunnya. Begitu juga dengan obligasi dan deposito yang memberikan bunga. Sementara emas tidak memberikan apapun sehingga bisa dikatakan, emas tidak bisa menghasilkan pendapatan secara pasif.

  • Adanya selisih ketika beli dan jual emas di hari yang sama

Meski bersifat likuid atau mudah dibeli dan dijual, ternyata ada selisih harga ketika Anda membeli dan menjual emas di hari yang sama. Alih-alih selisihnya menguntungkan, nyatanya selisih yang didapat justru merugikan.

Untung rugi membeli emas di pegadaian

Bagi Anda yang tidak memiliki dana untuk berinvestasi dalam bentuk emas, maka jangan khawatir. Sebab, saat ini Anda bisa mengikuti program menabung emas di Pegadaian.

Selaku Badan Usaha Milik Negara, Pegadaian memiliki salah satu jenis produk yang dinamakan tabungan emas. Produk ini adalah suatu layanan pembelian sekaligus penjualan emas dengan fasilitas titipan dan harga terjangkau.

Keuntungan tabungan atau membeli emas di pegadaian

  • Harganya cukup terjangkau

Meski uang yang Anda miliki tidak terlalu banyak, Anda tetap bisa menyisihkan sebagian dana cadangan untuk berinvestasi emas di Pegadaian. Anda bisa mulai menabung emas dengan nominal paling rendah Rp 5.000 yang langsung terkonversi dalam bentuk gram di dalam buku rekening.

  • Emas bersertifikasi

Tak sedikit orang awam yang masih kesulitan membedakan antara emas asli dan palsu. Apalagi untuk memastikan berapa berat emas tersebut. Untuk menghindari risiko penipuan, maka sebaiknya Anda membeli emas bersertifikat seperti produk Pegadaian ataupun Antam.

  • Aman

Ketika ingin berinvestasi dalam bentuk emas, Anda harus menyiapkan tempat khusus yang sudah pasti aman, seperti safety deposit box di bank. Nah, jika Anda membeli emas di Pegadaian, maka tak perlu lagi pusing soal ini karena emas milik Anda tersimpan aman di Pegadaian.

  • Bebas aturan dan pajak

Sampai saat ini, belum ada nominal pajak yang akan dibebankan kepada para pemilik tabungan emas. Sebanyak dan seberat apapun emas yang dimiliki, tidak akan ada aturan (undang-undang) ataupun pajak yang mengikat.

Kerugian tabungan atau membeli emas di Pegadaian

Berikut ini beberapa kerugian tabungan atau membeli emas di Pegadaian yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan.

  • Menerapkan berat minimal pencairan

Ternyata, untuk mencairkan tabungan emas yang sudah Anda tabung di Pegadaian tak semudah yang dibayangkan. Anda harus memiliki saldo dengan jumlah minimal emas seberat 5 gram. Selain itu ada juga minimal saldo untuk membuka tabungan, yaitu 0,1 gram.

  • Adanya kurs jual beli

Pegadaian juga menerapkan sistem kurs jual beli emas sehingga bisa dipastikan akan muncul selisih karena perbedaan antara kurs jual dan beli.

  • Ada biaya fasilitas titipan dan administrasi

Untuk biaya fasilitas titipan selama 12 bulan, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 30.000, sedangkan biaya administrasi awal sebesar Rp 10.000. Selain itu, Anda juga akan dikenakan biaya cetak jika ingin memiliki emas dalam bentuk fisik.

Untung rugi beli emas Antam atau batangan

Seperti yang sudah kita bahas di atas, ada beragam bentuk investasi yang dilakukan oleh masyarakat. Salah satunya berupa emas, baik dalam bentuk perhiasan, koin, ataupun batangan.

Keuntungan membeli produk emas Antam atau batangan

Jika Anda tertarik menginvestasikan sebagian uang dalam bentuk emas Antam atau batangan, maka simak dulu keuntungan dan kerugiannya berikut ini.

  • Berfungsi sebagai tabungan darurat

Karena nilainya yang dianggap tinggi, emas kerap dijadikan tabungan darurat bagi masyarakat. Selain itu, emas juga bisa dijadikan jaminan di Pegadaian jika Anda membutuhkan uang mendadak untuk sementara waktu. Umumnya, harga emas sebagai jaminan cenderung lebih tinggi ketimbang barang berharga lainnya.

  • Tidak memerlukan modal besar

Berbeda dengan investasi jenis lain yang memerlukan modal cukup besar, investasi emas Antam atau batangan ternyata bisa dilakukan dengan modal sangat kecil. Bahkan, Anda bisa menyesuaikannya dengan kemampuan keuangan yang dimiliki.

Kerugian membeli produk emas Antam atau batangan

Emas Antam atau batangan hanya memiliki satu kerugian, yaitu membutuhkan tempat penyimpanan khusus yang sudah pasti merepotkan. Selain itu, emas seperti ini memiliki risiko kehilangan yang cukup besar. Menyimpan emas di dalam rumah, tentu bukan keputusan bijak karena kurangnya sistem keamanan yang dimiliki.

Untung rugi beli emas perhiasan

Anda dan sebagian besar orang di luar sana pasti suka dengan yang namanya perhiasan, terutama kaum hawa. Inilah yang kemudian jadi salah satu alasan mengapa banyak orang suka menginvestasikan uangnya dalam bentuk perhiasan.

Selain untuk kepentingan investasi, perhiasan emas juga bisa digunakan sebagai aksesoris yang menambah nilai penampilan dan rasa percaya diri seseorang. Pastinya, emas dalam bentuk perhiasan memiliki nilai lebih tinggi ketimbang emas batangan karena memiliki manfaat dalam segi estetika.

Emas perhiasan juga cenderung lebih mudah didapatkan daripada emas batangan. Terbukti dari banyaknya toko emas yang tak hanya tersebar di kota-kota besar saja, tapi juga hampir di seluruh pelosok negeri.

Jadi jangan heran, jika masih banyak orang yang menginvestasikan uangnya dalam bentuk emas perhiasan. Padahal, bentuk investasi satu ini tidak memberikan keuntungan maksimal.

Emas dalam bentuk perhiasan juga dikenai sejumlah biaya pembuatan atau biaya cetak yang bisa dibilang tidak murah. Harga dari pembuatan emas perhiasan tersebut bisa mencapai 15% – 20% dari nilai emas itu sendiri. Sungguh sebuah harga yang tak bisa dibilang terjangkau.

Parahnya, biaya pembuatan ini tidak akan dhitung ketika Anda menjual perhiasan itu kembali untuk menukarkan dengan sejumlah uang. Artinya, toko perhiasan hanya membayarkan sejumlah uang kepada Anda sesuai dengan nilai emas di perhiasan tersebut. Hal inilah yang akhirnya membuat Anda merugi.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk mempertimbangkan dengan baik jenis perhiasan yang tidak terlalu rumit. Pasalnya, semakin rumit suatu perhiasan, maka semakin tinggi pula biaya pembuatan yang akan dipatok.

Untung rugi beli emas di marketplace

Di era yang serba canggih seperti saat ini, Anda bisa dengan mudah menginvestasikan sejumlah uang. Salah satu cara termudah adalah melalui aplikasi investasi emas. Ada banyak sekali aplikasi emas di Indonesia. Entah itu dari marketplace seperti, Tokopedia dan Bukalapak yang menyediakan program investasi emas atau aplikasi khusus investasi emas yang memang bisa dipilih.

Keuntungan membeli emas di marketplace

  • Modal sangat ringan dan tidak sulit

Sama seperti tabungan emas pada umumnya, membeli emas melalui aplikasi atau marketplace juga bisa dimulai dari 0,01 gram saja, yaitu sekitar Rp 6.000. Tentu saja, ketentuan ini terbilang cukup ringan dilakukan dan mudah. Ini memungkinkan Anda untuk membeli emas setiap hari.

  • Mudah untuk dijual kembali

Emas yang dibeli melalui marketplace ternyata bisa dijual kembali, kapanpun Anda mau. Uang hasil penjualan tersebut akan masuk ke e-wallet yang bisa Anda gunakan untuk beraneka keperluan ataupun ditarik ke dalam rekening.

  • Cek harga secara realtime

Siapa sangka, aplikasi investasi emas melalui marketplace ini juga memberikan layanan update harga secara realtime. Fitur seperti ini memungkinkan Anda untuk mengamati dan memilih kapan waktu terbaik untuk membeli ataupun menjual emas.

  • Praktis dan efisien

Membeli emas melalui marketplace seperti ini juga terbilang praktis dan efisien karena bisa dilakukan kapan saja, di mana saja. Asalkan, Anda terkoneksi dengan internet. Jadi, Anda pun tak perlu jauh-jauh datang ke bank ataupun Pegadaian.

Kerugian membeli emas di marketplace

Sama seperti halnya berbelanja barang apapun di marketplace, Anda pasti berisiko mengalami tindak penipuan karena segala sesuatunya dilakukan di dunia maya. Anda tidak bisa secara langsung menyaksikan emas yang akan dibeli ataupun memeriksa kadar dan keasliannya.

Meski umumnya marketplace menerapkan sistem rekber atau rekening bersama, hal seperti ini masih cukup sering terjadi. Oleh sebab itu, Anda perlu berhati-hati agar tidak menyesal nantinya.

Jika dilihat dari segala keuntungan dan kerugian dalam menginvestasikan sebagian uang yang dimiliki, rasanya tak ada alasan sibuk untuk berinvestasi. Sekarang semuanya kembali pada Anda, ingin berinvestasi dengan cara apa dan bagaimana. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam menentukan pilihan investasi terbaik.

 Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang untung rugi investas emas, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Sharpe Ratio? Definisi Sharpe Ratio
Apa itu Sukuk Tabungan?
3 Contoh Investasi Syariah Bebas Riba
Contoh Bisnis dengan Skema Ponzi di Indonesia
Mengenal Single Investor Identification (SID) dan Manfaatnya
Untung Rugi Investasi Bitcoin
Tips Menghindari Penipuan Investasi
Apa itu Capital Loss? Definisi Capital Loss
Apa itu Reksadana Saham?
Untung Rugi Investasi Emas


Bagikan Ke Teman Anda