Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Untung Rugi Investasi Perak

Hingga kini, perak merupakan salah satu komoditi yang amat dibutuhkan oleh berbagai industr dan pabrikan. Beberapa alasan yang melatar belakanginya antara lain karena perak mamiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan logam lainnya.

Tidak hanya di dunia industri, keberadaan perak pun banyak diburu sebagai lahan investasi yang tidak lekang oleh waktu. Apa alasan dibaliknya? Bagaimana hitungan untung rugi investasinya?

Alasan Mengapa Perak Berharga

1. Perak Memiliki Nilai Sejarah yang Tinggi

Sebelum munculnya uang koin atau pun kertas, sejarah telah mencatat bahwa hampir semua suku bangsa dan budaya di dunia ini menggunakan emas serta perak sebagai mata uang atau alat pertukaran barang.

Emas dan perak dikelola sedemikian rupa oleh nenek moyang kita sehingga menjadikan kedua logam mulia tersebut ideal sebagai alat pembayaran.

Seiring berjalannya waktu, emas dan perak beralih fungsi menjadi perhiasan yang bernilai tinggi. Bahkan eksistensi keduanya tidak tergantikan hingga kini.

2. Perak Memiliki Sifat Kimia serta Fisik yang Khusus

Selain nampak cantik dengan kilauannya, pada dasarnya nenek moyang kita pun telah menyadari bahwa emas dan perak bukan sekedar logam mengkilap.

Kriteria berharga tersebut lahir pula dari fungsi keduanya yang memiliki sifat kimia yang bisa dimanfaatkan bagi kehidupan manusia. Secara sederhana, perak telah digunakan untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia sejak zaman purba.

3. Perhiasan Pengganti Emas

Bahkan orang-orang di zaman kuno pun mengakui kecantikan perak dan kerap menggunakannya sebagai perhiasan penanda tingkat sosial yang tinggi di masyarakat.

Hingga kini pun, keberadaan perak sebagai perhiasan tidak dapat disepelehkan. Masih banyak yang lebih menggemari perhiasan perak dibanding dengan emas.

4. Perak Merupakan Logam Industri

Sekitar 50% dari jumlah perak yang ditambang setiap tahunnya digunakan dalam proses industri. Penggunaan perak pun amat beragam dan menjangkau sebagian besar sektor teknologi.

Contohnya saja layar smartphone Anda yang tidak dapat berfungsi tanpa perak, atau peralatan medis yang kerap kali dilapisi oleh perak. Demikian pula sel-sel fotovoltaik dari panel surya yang juga mengandung perak. Mengingat panel surya merupakan bagian penting dari inisiatif energi hijau, maka keberadaan perak di masa depan tentu amat dibutuhkan.

Tidak hanya industri modern, pada industri tradisional semacam lapisan pada cermin yang memberi efek reflektif pun menggunakan perak sebagai salah satu bahan dasarnya.

5. Perak Memiliki Nilai Ekonomi yang Unik

Berikut ini beberapa nilai ekonomis perak yang bisa kita dapatkan:

  • Daya tahan tinggi

Perak dikenal sebagai logam yang tahan korosi dan tetap awet meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Proses pengangkutan serta distribusinya pun tergolong mudah, karena bisa melintasi jarak jauh tanpa mengalami kerusakan.

  • Diakui sebagai alat pertukaran

Perak telah diakui memiliki nilai penting dalam kehidupan. Hal ini tentu memungkinkannya penjadi media pertukaran yang baik di mana pun dari masa ke masa.

  • Rekam jejak selama ribuan tahun

Sejak ribuan tahun yang lalu, perak memiliki rekam jejak yang dapat diandalkan untuk mempertahankan daya belinya, terhadap barang, jasa, serta komoditas lainnya.

6. Perak Selalu Dihubungkan dengan Kemewahan

Di sebagaian besar masyarakat, perak selalu dihubungkan dengan nilai kekayaan seseorang. Banyak individu serta anggota keluarga kerajaan lebih menyukai perak dibandingkan dengan logam mulia lainnya.

Bahkan di jaman prasejarah, perak digunakan sebagai alat pemujaan yang dipersembahkan pada dewa-dewa, bahan pembuat patung dewa, atau peralatan makan dan minum di istana raja.

7. Perak Penting dalam Perdagangan Internasional

Selama berabad-abad perak merupakan satu-satunya bentuk mata uang terpercaya yang digunakan sebagai alat perdagangan.

Koin perak besar diekspor ke China selama 1800-an dan di awal abad ke-20. Sementara itu, di Amerika Utara, perak Spanyol telah digunakan untu menjalankan bisnis dan diakui sebagai tender hukum AS hingga Perang Saudara berakhir.

Itu hanya beberapa contoh nyata dari pentingnya perak dalam lingkup perdagangan internasional, masih banyak lagi kisah sejarah yang mengungkap perak sebagai komoditi penting di dunia.

8. Tempat Investasi yang Aman

Untuk seseorang yang sudah memiliki emas, perak dapat memberikan diversifikasi keseimbangan, serta stabilitas yang lebih besar.

Harga perak yang cenderung lebih rendah dibanding harga logam mulia lainnya membuat para investor tidak ragu untuk berbisnis di dalamnya.

 9. Perak Stabil Seperti Emas

Seperti halnya emas, nilai perak dipandang stabil dalam perdagangan. Selama bertahun-tahun, nilai perak telah diuji saat kondisi pasar mengalami kolaps. Namun tanpa diragukan, perak mampu mempertahankan nilainya terhadap inflasi.

10. Perak Bemanfaat dalam Dunia Kedokteran

Fakta lain yang tidak banyak diketahui oleh orang adalah manfaat perak sebagai bahan anti bakteri. Perak memiliki kemampuan luar biasa untuk menghancurkan bakteri patogen secara selektif tanpa menyebabkan kerusakan pada bakteri probiotik yang sehat.

Tidak hanya itu, perak juga dikenal dapat membuat kerja antibiotik ribuan kali lebih efektif. Maka jangan heran, jika perak digunakan pula dalam pengobatan untuk membalut luka serta pemulihan infeksi.

11. Digunakan sebagai komponen listrik

Perak mempunyai tingkat konduktivitas yang amat tinggi. Itulah sebabnya mengapa perak dipakai sebagai komponen listrik.

Kendati tembaga dapat dijadikan sebagai bahan alternatif yang lebih murah, namun keberadaannya tidak menurunkan permintaan terhadap perak dalam industri listrik.

B. Untung Rugi Investasi Perak

Seperti yang kita ketahui bersama, investasi perak dapat menghasilkan keuntungan di masa depan. Namun tentu saja tidak semua hal yang terdapat pada perak bisa menghadirkan nilai investasi yang memadai.

Oleh sebab itu, sebelum melangkah lebih jauh dalam investasi ini, baiknya Anda mengetahui segala kelebihan dan kekurangan dalam berinvestasi perak.

Keuntungan Investasi Perak

  • Perak dapat diandalkan saat ekonomi lemah

Ketika ekonomi sedang memburuk, perak yang Anda miliki dapat mejadi penolong yang diandalkan. Anda bisa menjualnya, atau bahkan diperdagangkan seperti saham.

Saat Anda tidak memiliki uang, cadangan perak pada brankas Anda bisa dicairkan dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan Anda.

Tidak hanya itu, Anda akan terkejut mengetahui bahwa saat nilai mata uang turun, maka harga perak cenderung naik! Tentu ini menjadi pijakan yang positif bagi Anda yang ingin berinvestasi pada perak.

  • Ini merupakan uang berwujud

Sementara uang tunai, saham, obligasi, dan produk keuangan lainnya diterima dalam bentuk kekayaan yang rentan mengalami depresiasi, sebaliknya, perak merupakan aset berwujud yang terbatas. Artinya, meskipun rawan terhadap fluktuasi pasar, perak dalam bentuk fisiknya tidak akan hancur total karena nilai bawaan dan nilainya yang sebenarnya.

  • Investasi perak memerlukan dana yang lebih sedikit dibanding dengan emas

Investasi emas memang menggiurkan. Namun jika Anda adalah seorang perintis atau baru mencoba berinvestasi pada logam mulia, perak bisa diandalkan. Jumlah uang yang akan Anda keluarkan relatif lebih kecil, kendati demikian, nilai kembali yang akan Anda dapatkan tidak kalah besar.

  • Perak menawarkan pengembalian yang lebih besar dibanding emas

Pada tahun 2008 hingga 2011, diketahui harga perak naik hingga 448%, sementara pada periode yang sama, nilai emas hanya naik 166%. Jarak yang jauh ini tentu membuat para investor berbondong-bondong meletakkan uangnya pada perak.

  • Investasi perak adalah investasi yang aman

Tidak akan ada saat di masa depan di mana perak tidak dibutuhkan. Perak telah masuk ke hampir semua komponen industri di dunia ini. Mulai dari elektronik, teknologi modern, hingga dunia kesehatan, masih mengandalkan perak sebagai komponen pendukungnya. Bahkan perhiasan dari perak masih digandrungi oleh masyarakat hingga kini.

Sejarah pun mengatakan bahwa perak memiliki nilai kepastian untuk bertahan dalam segala situasi dan akan terus berlanjut hingga masa yang akan datang.

  • Perak menawarkan anominitas

Tidak semua orang ingin catatan transaksi keuangannya menjadi bagian dari catatan publik, dan hal tersebut justru berlaku pada uang tunai. Jika Anda masuk dalam golongan orang yang mendambakan privasi dalam berinvestasi, maka perak adalah jenis investasi yang cocok untuk Anda. Perak memiliki manfaat yang sama dengan uang tunai namun sekaligus memberi pengguna tingkan anominitas terkait dengan pengeluaran.

  • Perak dibutuhkan di dunia industri

Seperti yang kita ketahui bersama, perak telah diaplikasikan dalam berbagai dunia industri. Perminintaan akan perak kian meningkat, dan diprediksi akan terus berlanjut untuk jangka waktu yang oanjang.

Di tahun 2019 ini, permintaan logam di bidang pabrikan diramal akan meningkat sebesar 60%. Dalam hal ini, tentu perak mengambil peran yang besar. Berbagai peningkatan manfaat perak di dunia industri pun  terus dikembangkan.

Yang terbaru adalah aplikasi perak untuk mobil hybrid, mobil listrik, defogger jendela, sistem pemurnian air, pencahayaan LED, tekstil, dll.

  • Permintaan investor tinggi

Perak tergolong logam mulia yang sangat mudah untuk diperdagangkan. Hasilnya adalah ledakan dalam kepemilikan fisik perak. Menyimpan perak atau emas kini tengah menjadi tren tersendiri. Oleh sebab itulah berinvestasi dalam perak merupakan pilihan yang bijaksana.

  • Sebagai aset untuk diwariskan

Karena perak memiliki wujud dan nilai berharga dari waktu ke waktu, maka perak bisa dijadikan aset untuk diteruskan kepada ahli waris Anda.

  • Dapat dikoleksi

Beberapa koin perak menawarkan opsi keuntungan yang lebih besar saat dijual dibanding dengan emas, tentu dengan catatan apabila koin perak tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Mungkin Anda bisa masuk dalam komunitas pecinta perak atau kolektor perak untuk mengetahui seluk beluk penjualan barang-barang perak bersejarah. Dari situ Anda bisa melihat berapa nilai perak yang Anda miliki, atau sekedar bertukar koleksi.

Kerugian Investasi Perak

  • Harga perak sewaktu-waktu bisa turun

Ada risiko potensial harga perak akan jatuh di masa depan. Ketika hal tersebut terjadi, maka bersiaplah mengalami kerugian bahkan kehilangan uang yang telah Anda investasikan dalam perak.

  • Rentan pencurian

Sama seperti barang fisik lainnya, menyimpan perak dalam jumlah yang besar rentan mengalami tindak kejahatan pencurian. Bayangkan jika perak yang sudah Anda kumpulkan tiba-tiba dicuri oleh orang, maka seketika itu juga uang Anda akan lenyap.

Sementara itu, untuk mengamankan aset Anda dari penjarahan tentu membutuhkan biaya tambahan seperti membeli brankas atau membayar sewa penitipan.

  • Pencairan butuh waktu

Ada kemungkinan saat Anda membutuhkan uang tunai dalam waktu yang cepat, Anda tidak bisa mendapatkannya seketika dari perak, tentu akan dibutuhkan waktu untuk mencairkannya.

Di zaman sekarang, Anda juga tidak bisa serta membawa perak untuk menukarkannya dengan bahan makanan di pasar. Atau saat Anda pergi ke restoran, pihak kasir pun tidak bisa menerima perak Anda sebagai alat pembayaran.

  • Pengembalian investasi yang lemah

Meskipun perak batangan mungkin merupakan investasi yang cukup baik, ia mungkin tidak bekerja sebaik dan secepat investasi lainnya seperti properti atau saham.

  • Potensi kerugian saat momentum berbalik arah

Perak memang menjanjikan pengembalian berupa keuntungan yang cukup menggiurkan, namun tentu ketika momentum berbalik arah, maka dengan mudah dan seketika saja para investor perak akan mengalami kerugian yang tak kalah besar pula.

Sebelum berinvestasi dalam perak, tentu penting bagi Anda untuk mengevaluasi seluruh aspek untung rugi di atas. Terlepas dari semua kerugian yang membayangi, asalkan Anda berinvestasi pada waktu yang tepat, serta melepas di waktu yang tepat pula, maka berinvestasi perak bisa dikatakan aman dan menjanjikan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang untung rugi investasi perak, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Untung Rugi Menjual Mobil Secara Pribadi
Apa Pertimbangan Sebelum Berinvestasi?
10 Tip Investasi Sederhana bagi Siapa Saja
Investasi Apa yang Cocok Saat Rededominasi?
Apa Penghasilan Reksadana Objek Pajak?
Bayar Hutang atau Investasi, Mana yang Harus Didahulukan?
Untung Rugi UKM Menerima Pembayaran Kartu Kredit
KPR vs Kredit Langsung ke Developer? Apa Untung Ruginya?
9 Prinsip Investasi dari Warren Buffett
Apa itu Investasi Jangka Pendek, Menengah dan Panjang?


Bagikan Ke Teman Anda