Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Untung Rugi Jual Beli Mobil Lewat Dealer

Setiap orang selalu memiliki alasan untuk menjual mobil dan menggantinya dengan mobil baru. Mulai dari alasan mendesak seperti usia mobil yang sudah terlalu tua dan tidak layak pakai, hingga alasan tidak mendesak seperti hanya ingin mengikuti tren mobil terbaru.

Menjual mobil lama dan membeli mobil baru bukanlah langkan finansial yang bijaksana, terlebih jika terlalu sering dilakukan. Mobil adalah benda yang nilainya terus menurun. Namun untuk alasan mobilitas, keberadaan kendaraan memang sangat diperlukan.

Pertanyaannya adalah, bagaimana cara menjual mobil yang tepat? Secara umum, ada dua pilihan menjual mobil: melalui dealer atau dijual secara pribadi para perorangan. Setiap metode pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kali ini akan dibahas mengenai untung dan ruginya menjual mobil pada dealer. Apakah menyerahkan urusan penjualan pada sales dealer adalah langkah yang tepat? Penjualan mobil pada dealer hampir selalu berhasil, namun tidak menutup kemungkinan akan terjadi masalah-masalah tak terduga yang harus dihadapi.

Menjual Mobil ke Dealer

Seperti namanya, menjual mobil ke dealer berarti pertukaran kendaraan antar dealer. Sistem ini menguntungkan dealer karena para sales bisa menggaet pelanggan yang ingin menjual mobil mereka, mencegah agar pelanggan lari ke dealer lain yang punya model mobil keinginan mereka.

Keuntungan Menjual Mobil ke Dealer

  • Kecepatan Penjualan

Jika Anda dalam keadaan mendesak dan ingin mobil cepat terjual, maka menjual mobil ke dealer adalah solusi yang tepat. Anda akan dibayar secepatnya. Dealer suka membeli mobil bekas kemudian menjualnya kembali, karena sekutar 70 persen penjualan tahunan kendaraan adalah mobil bekas.

Hanya dalam beberapa jam saja, mobil Anda akan terjual. Dengan kata lain, Anda berangkat membawa mobil dan pulang membawa uang. Hal ini jauh lebih menguntungkan dari menjual mobil secara pribadi, yang bisa membutuhkan waktu selama berbulan-bulan. Itupun jika Anda berhasil menemukan pembeli.

  • Kenyamanan dan Kemudahan

Tidak ada yang lebih mudah dan nyaman daripada datang ke dealer, melakukan penjualan, dan pulang membawa uang? Cara ini lebih efisien dari segi waktu dan tenaga, karena Anda tidak perlu mencari-cari pembeli – yang belum tentu membeli mobil Anda. Tinggal pergi ke dealer, bernegosiasi harga yang pas, dan pulang membawa uang.

  • Praktis dalam Pengurusan Dokumen

Jangan berpikir bahwa menjual mobil adalah urusan yang sederhana. Anda harus membereskan banyak dokumen sebelum menyelesaikan penjualan. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda menyerahkan semuanya pada dealer. Anda tingga memikirkan harga yang pas, tanda tangan, dan terima beres. Jika Anda menjual mobil secara pribadi, mulai dari urusan pajak dan berbagai biaya lainnya.

  • Keamanan dalam Penjualan

Keuntungan lain menjual mobil pada dealer adalah transaksi yang aman. Urusan Anda akan selesai begitu Anda menandatangani kesepakatan penjualan dengan dealer. Apapun yang terjadi dengan kendaraan yang Anda jual di masa depan bukan menjadi tanggung jawab Anda (namun bukan berarti Anda boleh menjual mobil yang rusak).

Kerugian Menjual Mobil ke Dealer

  • Keuntungan yang Rendah

Salah satu kerugian terbesar ketika Anda menjual mobil ke dealer adalah, jumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan jauh lebih sedikit daripada menjual mobil secara pribadi. Bahkan mobil Anda bisa dijual dengan harga di bawah harga pasaran. Karena Anda melibatkan dealer, maka keuntungan yang didapatkan dari hasil penjualan harus dibagi pada banyak pihak.

  • Tidak Ada Jaminan Mobil Baru

Bagi seseorang yang membeli mobil karena ini menggantinya dengan mobil baru, menjual ke dealer tidak memberi jaminan Anda bisa mendapatkan mobil baru dalam waktu singkat. Anda harus menunggu hingga dealer tempat Anda menjual mobil sampai mendapatkan tipe mobil yang diinginkan. Jika Anda menginginkan mobil dengan merk yang lain, sebaiknya jangan jual mobil Anda ke dealer.

Mana yang Lebih Baik, Menjual Mobil Secara Pribadi atau Menjual ke Dealer?

Dari dua metode penjualan mobil di atas, masing-masing punya keuntungan dan kerugian. Semua tergantung pada mana yang lebih nyaman bagi Anda. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan besar dari penjualan mobil, menjual mobil secara pribadi ke perorangan adalah pilihan terbaik. Namun diperlukan waktu yang lebih lama (tidak ada yang menjamin berapa lama mobil Anda akan terjual) hingga mobil Anda terjual.

Belum lagi tenaga yang harus Anda keluarkan untuk mencari pembeli sampai dapat. Namun semua usaha Anda akan terbayar saat mobil Anda terjual dengan harga tinggi, karena semua keuntungan akan masuk ke kantong Anda sendiri.

Berbeda lagi jika Anda ingin cepat-cepat mendapatkan uang. Bawa saja mobil Anda ke dealer, dan Anda akan pulang membawa uang.

Cara Mendapatkan Harga Terbaik dari Dealer

Agar Anda bisa mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin (meski tidak besar), inilah beberapa tips untuk bernegosiasi dengan dealer.

  • Carilah informasi mengenai harga pasaran mobil yang akan Anda jual, hingga tipe-tipe lain dari mobil yang sejenis.
  • Perbaiki kerusakan yang ada pada mobil, terutama yang paling terlihat. Yang terpenting adalah memperbaiki kerusakan bodi mobil karena sangat menentukan kesan pertama pembeli. Seperti kata pepatah, kesan pertama sangat menentukan.
  • Jangan langsung menjual mobil pada dealer pertama yang Anda datangi. Pergilah ke setidaknya tiga dealer sebelum Anda mencapai kesepakatan harga.

Itulah keuntungan dan kerugian yang Anda dapatkan jika menjual mobil ke dealer. Sebelum membuat keputusan, pertimbangkan dengan baik dari berbagai aspek. Meski tidak mendapatkan keuntungan yang besar, jangan sampai Anda mengalami kerugian saat menjual mobil.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang untung rugi jual beli mobil lewat dealer, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Untung Rugi Mengambil Kredit?
Tip Menjual Mobil Agar Cepat Laku
Untung Rugi Ibu Rumah Tangga vs Ibu yang Bekerja
Trik Menjual Mobil untuk Sales Mobil
KPR vs Kredit Langsung ke Developer? Apa Untung Ruginya?
Hal-hal yang Layak Dibeli dengan Harga Mahal
Untung Rugi Kredit Tanpa Agunan
Untung Rugi dalam Bisnis Peer To Peer (P2P) Lending
Ingin Laku, Ini Trik Penjual Mobil dalam Menjual
Kesalahan dalam Membeli Mobil


Bagikan Ke Teman Anda