Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Untung Rugi Kerja di Vietnam, Tetap Mau Kesana?

Tinggal dan bekerja di negara lain akan menjadi pengalaman yang luar biasa. Salah satu negara tetangga yang bisa kamu kunjungi adalah Vietnam. Sebagai negara yang masih berdekatan dengan Indonesia, ada kemungkinan kultur di sana tidak begitu berbeda.

Tetapi sebelum kamu mengemas tas, membeli tiket dan mengurus dokumen, kamu perlu mempertimbangkan pro dan kontra kehidupan sebagai pendatang dan pekerja di Vietnam.

Keuntungan Kerja dan Hidup di Vietnam

Biaya Hidup yang tergolong murah, terutama bila kamu berasal dari negara barat atau negara seperti Korea Selatan dan Jepang. Di vietnam kamu bisa membeli Bir dengan harga 0,5 dollar. Jika ingin makanan yang lezat kamu cukup mengeluarkan biaya dibawah $ 1. Untuk biaya transportasi seperti taksi sekitar $ 3 dan untuk tempat tinggal seperti apartemen selama sebulan kamu perlu membayar sekitar $ 100.

Peluang kamu mendapatkan kerja di Vietnam cukup mudah. Kebanyakan para pendatang bekerja sebagai guru bahasa asing seperti guru bahasa Inggris. Pekerjaan seperti ini cukup populer jika kamu ingin menghasilkan uang ekstra dengan cepat. Selain itu banyak film dan produksi komersial yang senang mencari wajah asing sebagai model iklan.

Salah satu alasan utama tinggal dan bekerja di Vietnam bisa kamu pertimbangkan adalah budaya di sana yang kaya. Makanan, seni, serta kehidupan sehari-hari orang asli vietnam sangat menarik dan saangat unik.

Beruntung bagi kamu jika tinggal di vietnam, karena ada komunitas ekspatriat yang tinggal di negara ini. Kamu bisa menemukannya di beberapa kota seperti Hanoi dan Saigon. Di kota ini kamu bisa menemukan komunitas yang berisikan orang asing yang bisa menjadi teman barumu.

Peluang untuk pengalaman perjalanan yang menyenangkan bisa kamu dapatkan di vietnam. Mengingat vietnam berada di lokasi yang sempurna dan sering dianggap sebagai pintu gerbang ke Asia Tenggara serta negara-negara besar seperti Cina, Jepang, dan Korea Selatan. Bahkan untuk kamu yang hobi makan, kamu bisa menemukan banyak tempat yang akan menambah nafsu makanmu.

Kemudahan dalam membangun kehidupan bisa kamu dapatkan disini, karena orang-orang di Vietnam akan memberikan layanan dan sumber daya yang sangat banyak. Sehingga kamu memiliki banyak pilihan untuk apartemen dan sepeda motor bahkan kamu bisa mendapatkannya dengan cepat.

Kerugian Bekerja dan Tinggal di Vietnam

Seperti pendatang di sebagian besar negara, kamu tentu harus berurusan dengan proses visa di Vietnam. Tergantung dari negara mana kamu berasal, kamu harus cukup sering memperbarui visa. Bahkan jika kamu ingin meninggalkan negara Vietnam kamu perlu membayar beberapa biaya.

Lalu lintas yang ramai di Vietnam apalagi jika kamu bertemu dengan pengendara sepeda motor yang ekstrim akan menjadi kisah tersendiri untuk pendatang seepertimu. Di beberapa kota seperti Hanoi dan Saigon, kamu akan melihat jalanan seperti lautan helm, yang membuatmu kesulitan untuk menyeberang jalan.

Maraknya penipuan terhadap orang asing tentu perlu kamu pertimbagkan jika ingin bekerja di vietnam. Banyak penduduk setempat yang mencari mangsa penipuan seperti turis dan ekspatriat di sekitar kota. Penipu ini memiliki banyak trik dan akan menipu siapa pun orang yang berwajah asing. Mulai dari penjual buah dan supir taksi hingga pencuri sepeda motor serta penjaga toko. Ini membuatmu harus selalu waspada.

Buat kamu yang ingin membuat perubahan besar dengan pindah ke Vietnam, tidak akan terlalu kecewa. Mengingat negara ini memiliki biaya hidup yang rendah, budaya yang dinamis dan ekspatriat yang sangat mendukung gaya hidupmu. Tapi tentu saja kamu harus bersaing dengan penduduk asli vietnam.

Mengurus  Dokumen Sebelum Berangkat Kerja di Vietnam

Jika kamu berencana untuk bekerja di Vietnam, pastikan kamu membawa semua dokumen resmi yang kamu perlukan. Secara hukum, kamu tentu tidak bisa bekerja di negara lain tanpa memiliki izin kerja. Kamu mungkin bisa pergi tanpa memilikinya, tapi itu hanya untuk sementara waktu.

Tapi tentu saja pihak berwenang disana akan melakukan pemeriksaan secara  acak untuk menangkap orang asing yang statusnya ilegal, tentu kamu tidak ingin ditangkap hanya karena masalah dokumen bukan?

Salah satu pilihan populer yaitu datang ke vietnam dengan visa turis tiga bulan dan menggunakannya untuk mencari pekerjaan. Ini membuatmu harus meninggalkan negara itu jika visamu telah habis. Untuk itu, persiapkanlah dokumen sebelum berangkat ke vietnam, berikut beberapa dokumen yang harus kamu siapkan.

Sebelum kamu memulai kerja di Luar negeri pelajari lingkup kerjanya terlebih dahulu, lalu kamu baru bisa melakukan persiapan dan pemahaman beberapa dokumen seperti berikut.

  • Dokumen Legal Formal untuk  Bekerja
  • Dokumen mengenai Pajak Penghasilan ataupun Tax Income.
  • Dokumen kontrak kerja serta peraturan kerja
  • Memahami budaya dan pola kerja di tempat kerjamu yang baru.
  • Paham akan pengetahuan dasar tentang Vietnam, hukum yang berlaku, sosial serta budaya penduduk asli vietnam

Legal Formal untuk Bekerja di Vietnam

  1. Working Permit (WP)

WP merupakan izin kerja resmi buat tenaga asing  yang diterbitkan Pemerintah Melalui DOLISA (Dept Of Invalids Sosial Affairs) agar kamu bisa  bekerja secara Sah.

Permohonan Working permit perlu kamu lakukan selambat-lambatnya 20 Hari setelah kedatanganmu di negara Vietnam. Jika disetujui, kamu bisa bekerja secara Legal dan sah, tapi dengan masa berlaku maksimal 3 tahun saja.

  1. Working Visa (Visa Kerja)

Visa Kerja yang resmi diterbitkan Pihak Imigrasi daan berguna selama kamu bekerja divietnam. Viisa Kerja baru diberikan setelah kamu mendapat WP (izin Kerja), untuk masa berlaku Visa Kerja  maksimal  2 tahun sesuai dengan WP

Semua dokumen  harus  disahkan oleh kedutaan besar di Vietnam serta negara asal yang sudah  diterjemahkan terlebih dahulu kedalam bahasa Vietnam

Pilih Kota Vietnam yang Sesuai Gaya Hidup yang Kamu Inginkan

Sama seperti Indonesia, Vietnam memiliki mata uang yang lebih lemah dari dolar Amerika Serikat. Di negara ini biaya hidup tergolong besar, padahal upah minimumnya hanya sekitar US$ 181 atau Rp 2,7 jutaan. Biaya hidup ini terbilang lebih mahal dibandingkan Indonesia, bahkan besaran gaji di vietnam masih kalah besar dari Indonesia.

Sudah jelas jika upah minimum di Indonesia yang paling tinggi dipegang oleh Jakarta. Besaran upah di Jakarta sendiri sekarang sudah menginjak Rp 3,6 jutaan. Soal biaya hidup di Indonesia tentu berbeda tergantung kota masing-masing. Untuk yang tinggal di Jakarta, kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 15 ribu untuk sekali makan.

Jika kamu masih ingin bekerja di Vietnam, kamu harus menentukan ingin bekerja di kota mana. Karena kamu harus menyesuaikannya dengan gaya hidupmu dan besaran gaji yang kamu dapatkan. Berikut gaya kehidupan yang bisa kamu temukan di beberapa kota di vietnam.

  1. Kota Ho Chi Minh

Cukup banyak ekspatriat yang memilih tinggal di kota ini, walaupun cuacanya sangat panas disertai bau yang mengganggu. Jika kamu termasuk orang yang akan terganggu dengan lalu lintas yang ramai, membutuhkan ruang hijau, kamu bisa tinggal di tempat lain, dibandingkan di kota ini.

Tetapi bagi banyak orang asing, keriuhan seperti ini menjadi alasan mereka menetap di sini. Walaupun begitu kamu akan menemukan banyak restoran yang luar biasa yang wajib kamu coba semuanya. Komunitas ekspatriat yang besar dan beragam akan membuatmu mudah menemukan teman baru.

Banyak sekali orang asing yang bekerja sebagai guru, tapi karena kota ini adalah pusat teknologi, manufaktur dan pariwisata, kamu bisa menemukan pekerjaan selain guru. Perlu diingat jika banyak profesional yang sering mengalami kesulitan dalam pekerjaan mengingat penduduk lokal juga mencari pekerjaan sama sepertimu padahal lowongan kerja selain guru terbilang sedikit.

  1. Hanoi

Meskipun Hanoi merupakan kota yang lebih kosmopolitan dibandingkan Ho Chi Minh City, orang asing ternyata lebih suka di Hanoi mengingat budaya dan nuansa kota yang unik. Cuaca kota yang lebih sejuk menjadi alasan banyak orang menetap di kota ini.

Kota ini juga merupakan pusat pemerintah dan kekuatan birokrasi utama di Vietnam. Sehingga tidak banyak pekerjaan dalam sektor bisnis dibandingkan Kota Ho Chi Minh, yang banyak memiliki perusahaan asing.

Mengajar menjadi pilihan yang populer, di tempat ini bahkan banyak ekspatriat yang membuka bisnis. Tetapi sangat sulit memulai bisnis di Vietnam kalau kamu tidak menikah dengan penduduk asli Vietnam. Tapi jika kamu memiliki teman lokal yang sangat kamu percayai, kamu bisa membuka bisnis, tapi kamu perlu berpikir panjang jika ingin membuka toko.

  1. Da Nang

Jika kamu ingin merasakan nuansa kota dengan menjalani gaya hidup sebagai anak pantai, Da Nang bisa jadi pilihan tepat untukmu. Kota ini sedang populer, bahkan banyak ekspatriat yang memilih tinggal di Da Nang daripada Ho Chi Minh City. Da Nang mempunyai pantai yang sangat menakjubkan, serta memiliki hutan pegunungan yang menawarkan sebuah petualangan unik.

Bahkan kamu bisa mengeksplorasi daerah-daerah terpencil di kota ini. Kota ini sangat bagus untuk kamu yang ingin menjadi pengembara digital dan pendapatan asing, tetapi kamu perlu melanjutkan perjalanan dengan visa reguler.

  1. Nha Trang

Nha Trang merupakan tempat liburan yang sangat populer untuk orang-orang Rusia. Karena di kota ini, kamu akan menemukan banyak lowongan pekerjaan yang berkaitan dengan pariwisata.

Kota ini memiliki tempat yang indah serta pantai indah dengan suasana santai dan sering dianggap sebagai kota turis. Kota ini juga bisa menjafi tempat yang bagus jika kamu ingin menjadi pengembara digital dengan visa reguler.

  1. Vung Tau

Meskipun di kota ini tidak memiliki pantai sebaik kota lain di negara ini, Vung Tau termasuk kota populer di kalangan orang asing karena kehidupannya yang lambat serta dekat dengan Kota Ho Chi Minh. Kamu hanya perlu menghabiskan dua jam perjalanan dengan bus ber-AC.

Jadi jika kamu mempunyai pekerjaan yang tidak mengharuskan kamu untuk berada di kantor. Kamu bisa tinggal di kota ini, apalagi kota ini juga memiliki pantai yang tenang serta akses mudah untuk ke Ho Chi Minh City. Suasana yang alami cocok juga untuk kamu yang memiliki gaya hidup pengembara.

Biaya Hidup yang Harus Kamu Persiapkan Selama Bekerja di Vietnam

Kamu bisa hidup dan bertahan di Vietnam hanya dengan sedikit uang, tapi kamu masih harus menyimpan tabungan yang cukup sebelum pindah ke sini. Setelah mendapatkan izin kerja serta visa bisnis kamu bisa mulai mencari apartemen dengan sistem deposit serta sewa bulan pertama yang dibayar di muka.

Jadi, jika kamu tidak mendapat gaji hingga bulan pertama bekerja, mungkin kamu akan menggunakan seluruh tabungan untuk bersiap pindah ke tempat tinggal yang baru. Kamu perlu melakukan penelitian guna mencari tahu berapa banyak anggaran bulanan sewajarnya untuk tinggal di sana.

Tujuanya agar tabunganmu cukup untuk kehidupanmu selama enam bulan. Jangan terlalu khawatir saat tinggal di vietnam, karena orang-orang Vietnam sangat ramah dengan orang asing. Orang asli vietnam mengakui jika dengan adanya orang asing merupakan situasi win-win, karena orang asing akan membawa pengalaman tersendiri yang membantu negara vietnam berkembang dengan kekuatan ekonomi.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang untung rugi kerja di Vietnam, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Untung Rugi UKM Menerima Pembayaran Kartu Kredit
Untung Rugi Jual Beli Mobil Lewat Dealer
Untung Rugi dalam Bisnis Peer To Peer (P2P) Lending
Untung Rugi Investasi Emas
Untung Rugi Investasi Perak
Untuk Rugi Memiliki Partner Bisnis
Untung Rugi Ibu Rumah Tangga vs Ibu yang Bekerja
Untung Rugi Bisnis Dropshipping
Untung Rugi Meminjamkan Uang ke Saudara
Untung Rugi Investasi Emas


Bagikan Ke Teman Anda