Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Waspadai Jasa Penutupan Kartu Kredit

#jasa penutupan kartu kredit #tip kartu kredit

Kenyataan kita hidup di dunia yang serba tidak pasti merupakan hal yang tidak perlu disangkali lagi kebenarannya, termasuk kondisi keuangan yang fluktuatif. Kadang dengan kemampuan finansial kita, kita mampu membayar hutang cicilan hingga lunas sepenuhnya.

Namun, ada kalanya pula kita menjadi pesimis akan dapat secara konsisten menunjukkan kemampuan finansial yang sama untuk tahun-tahun kedepannya, sekalipun saat ini kita mampu. Atas dasar itulah, sebagian di antara kita menutup segala urusan yang berhubungan dengan cicilan, termasuk kartu kredit. Proses penutupan kartu kredit secara tradisional cenderung memakan waktu yang lama.

Karenanya, jasa penutupan kartu kredit hadir untuk menyederhanakan proses tersebut. Namun mengingat sifat rawan kartu kredit, kita perlu berhati-hati untuk tidak mudah termakan “jebakan betmen”. Karena itu, artikel ini akan membahas serba-serbi jasa penutupan kartu kredit serta aspek legalitasnya sebagai berikut:

1. Mengenai “Kebodongan” Jasa Penutupan Kartu Kredit

Sebagaimana telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya mengenai rentenir online di dunia keuangan, tidak sedikit sumber keuangan yang setuju kebanyakan jasa penutupan kartu kredit adalah jasa bodong serupa rentenir online yang menyesatkan banyak orang.

Mengapa demikian? Selidik punya selidik, hingga saat ini masih banyak jasa penutupan kartu kredit yang bersembunyi di balik janji-janji manis pelunasan hutang yang terlalu bagus untuk didengar. Seringnya, janji-janji jasa penutupan kartu kredit ini berkisar antara membantu membayarkan hutang tanpa harus membayar bunga atau menyerahkan jaminan dalam waktu yang sangat cepat, biasanya dalam hitungan hari.

Agar dapat menjalankan aksinya dengan mulus, para “malaikat gadungan” penutup kartu kredit ini biasanya memanfaatkan media-media terpercaya seperti koran negara setempat. Mereka tidak segan-segan memberikan label “100% legal” atau sejenisnya, lalu kabur begitu saja saat korban menghubungi untuk menagih janji manis mereka. Di sinilah, banyak orang tertipu dengan jasa abal-abal yang bernama penutupan kartu kredit.

2. Di Saat yang Sama, Tetap Ada Jasa Penutupan Kartu Kredit yang Terpercaya

Tidak selamanya jasa penutupan kartu kredit merupakan jasa “bodong” yang tidak dapat dipercaya. Faktanya, beberapa penjual jasa penutupan kartu kredit melakukan transaksi secara jujur. Jujur atau tidaknya seseorang dalam menjalankan jasa penutupan kartu kredit dapat dilihat dari kalimat yang digunakan saat di tengah-tengah atau sudah mau closing transaksi.

Umumnya, jasa penutupan kartu kredit yang jujur dan bisa dipercaya tidak akan pernah menjanjikan hal-hal yang tidak mungkin, seperti pemutihan atau “tidak usah bayar sama sekali,” Lagipula kalau dipikir-pikir lagi, mana ada urusan kartu kredit yang tidak membayar? Pemutihan pun tidak dapat dilakukan begitu saja dengan sekali omongan, harus ada dokumen resmi yang dikeluarkan bank dan jangka waktunya adalah 1 tahun sesudah pelunasan hutang lengkap.

Kemudian, penjual jasa penutupan kartu kredit yang benar-benar menjalankan usahanya akan mau diajak bekerja sama dengan pihak-pihak yang memang berkaitan dengan kartu kredit seperti bank dan pengacara. Pengacara yang bekerja sama haruslah pengacara yang terdaftar pada asosiasi pengacara. Sementara itu, kerja sama yang baik dengan bank dapat dibuktikan dengan berani bertanggungjawab atas dokumen-dokumen terkait penutupan kartu kredit dan berani tidak menyuruh kita membayar sebelum urusan dengan bank maupun pengacara benar-benar selesai.

3. Hal yang Perlu Diingat Untuk Mewaspadai Jasa Penutupan Kartu Kredit

Semakin jaman berkembang, semakin susah membedakan yang bohong dengan yang jujur. Demikian pula halnya dengan jasa penutupan kartu kredit saat ini, yang semakin susah dibedakan antara yang “malaikat” sungguhan dengan “malaikat” yang menyamar.

Legalitas seperti badan usaha yang benar-benar ada atau nomor kontak yang dapat dihubungi tidak menjamin sebuah jasa penutupan kartu kredit benar-benar “legal”. Ingat, penipu sekarang makin pintar. Mereka tahu para korban langsung akan menghindar begitu melihat mereka memasarkan jasa penutupan kartu kredit lewat SMS (yang ujung-ujungnya kelihatan tidak profesional), maka mereka bersembunyi di balik label legalitas untuk melancarkan aksinya.

Solusinya, bila mereka telah “membonceng” nama-nama yang sudah ada seperti OJK, BI, atau bank-bank terkait, maka kita perlu melakukan cross-check pada situs resmi badan organisasi yang bersangkutan. Bukan hanya apakah nama penyedia jasa penutupan kartu kredit yang ada terdaftar, namun juga apakah badan yang bersangkutan mengeluarkan lisensi untuk jasa penutupan kartu kredit. Pahami pula “job description” kecil-kecilan masing-masing badan agar tidak tertipu oleh jasa penutupan kartu kredit yang abal-abal.

Intinya, kita harus ekstra hati-hati kapanpun kita menemukan jasa penutupan kartu kredit. Mereka boleh saja menawarkan janji-janji manis, mengaku-ngaku diri legal dan berusaha membuktikan dengan berbagai cara, namun kita tetap harus jeli mengenai nama-nama yang mereka singgung dan cara mereka bertransaksi serta berkata-kata.

Lagi pula, tidak semua jasa penutupan kartu kredit merupakan jasa abal-abal. Tetap ada jasa penutupan kartu kredit yang dapat dipercaya, masalahnya tinggal terletak pada masing-masing diri kita untuk selalu hati-hati dan mawas diri saat berurusan dengan masalah pelik dalam hidup seperti kartu kredit.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang jasa penutupan Kartu Kredit, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

bank, Financial Technology (Fintech), fraud, hutang kartu kredit, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit untuk anak, keuntungan kartu kredit, kpr ditolak, kredit handphone, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, KTA ditolak, KTA untuk modal usaha, menunggak kartu kredit, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tagihan kartu kredit, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 

 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.