Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Yang Harus Dilakukan Ketika Terlambat Bayar Kartu Kredit

#tidak bisa bayar #tip kartu kredit

Berbagai faktor tak terduga terkadang membuat kita terlambat membayar tagihan kartu kredit. Mulai dari kesibukan bekerja, perhitungan dana yang meleset, hingga masalah yang membuat kita menjadi kehilangan pekerjaan dan terpaksa tidak mendapatkan pemasukan rutin.

Dalam artikel kali ini, Kita akan membahas mengenai tips yang bisa Anda lakukan saat terlambat membayar kartu kredit. Langsung saja, berikut adalah ulasannya :

  1. Memindahkan Saldo Tersisa ke Kartu Dengan Bunga Terendah

Persingan dunia perbankan kini berlomba lomba menawarkan bunga terkecil kartu kredit sebesar 0%-2%. Melihat realitas tersebut tentu saja Anda bisa memanfaatkan peluang yang ada. Anda bisa melakukan balance transfer ke kartu yang memiliki suku bunga terendah. Hal ini memang tak akan memberikan impact cukup besar, tetapi paling tidak dapat mereduksi besaran bunga yang setiap harinya terus berkembang.

  1. Negosiasi Pelunasan Tagihan

Keterlambatan pembayaran kartu kredit memungkinkan Anda akan ditelepon berulang kali oleh pihak bank perihal pembayaran kartu kredit. Pada saat itulah Anda dapat melakukan negosiasi agar Anda mendapatkan diskon. Memang hal ini terbukti tak mudah, namun untuk rata rata tunggakan hingga 3 bulan lebih Anda bisa mencoba melakukan negosiasi.

Beberapa bank akan melakukan cara apapun agar dapat mempertahankan nasabah, jika negosiasi menemui titik tengah, Anda bisa mendapatkan pengurangan biaya penalti atau discount bunga tambahan.

  1. Negosiasi Debt Rescheduling atau Debt Restructuring

Masih soal negosiasi pembayaran, jika Anda beruntung Anda bisa mendapatkan keleluasaan penundaan dan pengurangan pembayaran utang kartu kredit Anda atau istilahnya adalah Debt Restructuring atau Debt Rescheduling. Memang negosiasi ini tak mudah untuk menemui kata sepakat, namun jika Anda berhasil mendapatkannya, Anda bisa membayar sesuai jumlah dana yang setorkan setiap bulan, sementara bunga dan penalti ditiadakan.

Di beberapa bank penerbit, mereka akan menerapkan sistem uang muka saat kesepakatan antara kedua belah pihak disahkan. Namun yang menjadi catatan adalah kartu kredit yang ada miliki akan masuk periode freeze atau menjadi tidak aktif.

  1. Meminjan Dana Tunai dengan Bunga Lebih Rendah dari Bunga Kartu Kredit

Beruntung bagi Anda yang masih mempunyai sisa limit, di beberapa bank penerbit kartu kredit sering kali menawarkan pemanfaatan sisa limit kartu kredit untuk pinjaman tunai dengan bungan yang terbilang cukup kecil. Tenor cicilannya pun tak terlalu lama, yakni 3-6 bulan.

Anda dapat membandingkan antara balance transfer dengan pinjaman tunai ini, manakah bunga yang lebih kecil. Namun sekedar catatan, cara ini adalah bagi Anda yang masih memiliki pekerjaan, bukan yang sedang dengan keadaan jobless. Jika keadaan Anda jobless, dapat dipastikan hutang bank hanya bergeser ke rentang waktu yang lebih panjang. Akhirnya Anda pun justru kian terlilit hutang. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan dua tips terkahir berikut ini.

  1. Pinjam Dana dari Rekan

Kembali ke cara konvensional, sepertinya meminjam dana ke rekan sendiri adalah cara paling aman karena tidak dikenakan bunga. Yang menjadi dasar adalah konsistensi Anda dalam mengembalikan pinjaman dan menjaga kepercayaan rekan Anda. Mudah bukan? Tunggu dulu, di jaman seperti sekarang ini tak semua orang merelakan pinjaman dana begitu saja, apa lagi jika dana yang Anda pinjam nilainya jutaan rupiah, Anda pun pasti akan berfikir berulang kali meminjamkan dana dengan bernilai jutaan rupiah bukan?

  1. Menjual Aset Untuk Melunasi

Berhentilah untuk menjadikan gaya hidup berlebihan dengan memanfaatkan kartu kredit. Jika hal tersebut masih Anda lakukan, maka Anda harus siap siap menjual sejumlah aset yang Anda punya untuk sekedar melunasi tagihan kartu kredit. Langkah ini bisa jadi langkah terakhir karena sistem perbankan kartu kredit yang memberikan bunga kartu kredit dalam hitungan hari, maka Anda harus segera mengambil keputusan.

Jika Kartu kredit Anda sudah lunas, berubalah menjadi pribadi yang tidak konsumtif dan menganggap kartu kredit sebagai uang lebih.

Tip Antisipasi Keterlambatan

Jika memang Anda terpaksa menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran, perhatikanlah tips mengantisipasi keterlabatan pembayaran kartu kredit di bawah ini :

  1. Bayar Sebelum Jatuh Tempo

Kesibukan Kita bekerja terkadang lupa akan tagihan kartu kredit yang belum terbayar. Salah satu tips untuk menghindari keterlambatan pembayaran kartu kredit adalah menghindari membayar kartu kredit pada saat tanggal jatuh tempo. Hal ini untuk menjauhi kebiasaan Kita mengulur ulur waktu.

  1. Time Scheduling untuk Pembayaran Kartu Kredit

Membuat time scheduling terkesan cukup berlebihan, tetapi akan bermanfaat bagi Anda yang memiliki jadwal yang padat dan terkadang lupa untuk membayar kartu kredit.

Akan lebih bijak jika Anda membuat time scheduling H-7 sebelum tanggal jatuh tempo tagihan kartu kredit Anda.

  1. Mintalah e-Billing Statement

Jika Anda terbiasa menggunakan Billing Statement print out yang dikirimkan dari pihak bank, segera hindari hal tersebut. Billing Statement print out akan menghambat proses mengetahui tagihan bulanan Anda jika pengirimannya mengalami keterlabatan.

Solusinya, Anda bisa minta dibuatkan e-Billing Statement yang bisa dikirimkan secara rutin ke email Anda setiap bulannya.

  1. Manfaatkan Autodebet Tabungan

Tak mau ribet? Anda bisa memanfaatkan fitur Autodebet yang langsung memotong tabungan Anda. Yang peru Anda pastikan adalah saldo tabungan Anda harus cukup untuk membayar tagihan kartu kredit Anda, Sehingga tidak menghambat proses Autodebet.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda pergunaan, baik bagi Anda yang sedang terlilit hutang kartu kredit, maupun yang ingin mengantisipasi keterlambatan pembayaran kartu kredit. Perilaku non-konsumtif tentu saja jadi kunci utama dalam memanfaatkan kartu kredit yang ada miliki.

Artikel Terkait

Demikian lah tip-tip apabila terlambat membayar kartu kredit, dan apa yang harus dilakukan, semoga bermanfaat.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.